6 Jenis Kurma Yang Sering Dicari Pada Saat Bulan Ramadhan


Kurma berasal dari pohon palem yang banyak tumbuh di negara-negara Timur Tengah. Tak cuma miliki kegunaan yang luar biasa, dalam budaya Arab kurma berhubungan dengan murah hati dan rasa syukur.

Pohon kurma dapat raih 21 sampai 23 mtr. tingginya. Panjang daunnya dapat raih empat sampai enam meter. Kurma telah tumbuh lebih dari 50 juta th. dan diyakini berasal dari Irak dan lantas dibudidayakan di negara lain layaknya Mesir dan Pakistan.
Kurma dapat dikonsumsi segera dari pohonnya maupun dikeringkan lebih-lebih dahulu. Kurma yang banyak dibeli di pasar atau supermarket merupakan perumpamaan kurma kering yang banyak dikonsumsi masyarakat di dunia. Berikut enam model kurma yang banyak dikonsumsi saat Bulan Ramadan yang Liputan6.com lansir dari beraneka sumber.

1. Kurma Ajwa


Kurma yang satu ini tenar dengan sebutan kurma nabi sebab dipercaya menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Bentuknya kecil dengan cokelat tua cenderung hitam. Teksturnya pun halus dan lembut. Kurma ini banyak dibudidayakan di Madinah.

2. Kurma Deglet Noor


Kurma ini berarti "Kurma yang Bercahaya" sebab buahnya berwarna emas atau terang dikala berada di bawah matahari. Tekstur kurma ini terlampau lembut dan rasanya layaknya madu. Kurma ini banyak tumbuh di Tunisia, Algeria, lebih-lebih Amerika Serikat.
3. Kurma Halawi
Pecinta makanan manis pasti bakal puas dengan kurma yang satu ini. Kurma Halawi merupakan kurma yang terlampau manis. Nama Halawi sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya manis. Ukurannya kecil dan terlampau lembut.

4. Kurma Zaghloul


Kurma ini dikenal dengan kurma merah. Kurma Zaghloul berwarna merah saat tetap muda. Bentuknya panjang dan agak lonjong. Rasanya pun terlampau manis. Kurma ini berasal dari Mesir dan juga kurma yang harganya mahal.

5. Kurma Thoory


Kurma ini biasa disebut kurma Thuri. Thuri disebut sebagai "kurma roti" sebab teksturnya keras dan layaknya kue. Kurma ini terlampau tenar di Aljazair. Warnanya sedikit cokelat kemerahan dan kulitnya cenderung keriput.

6. Kurma Khadrawi


Kurma Khadrawi berasal dari Irak. Walaupun ukurannya kecil, kurma ini miliki takaran air yang tinggi. Rasanya yang tidak terlampau manis cocok untuk Anda yang tidak cukup puas makanan rasa manis. Warnanya merah gelap dan kulitnya kering bersisik layaknya kertas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel