8 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Hacker


Hacker adalah sebuah profesi yang seringkali diakui kriminal. Memang benar. Namun, tak mampu dimungkiri bahwa para peretas ini adalah orang-orang cerdas yang punyai kebolehan yang tinggi.
Hacker sendiri merupakan orang yang pakai komputer untuk mendapatkan akses tidak sah ke sebuah data. Dari definisi ini saja, sudah jelas bahwa hacker pasti merupakan orang yang jenius komputer.

Nah, selanjutnya adalah keterampilan dan kebolehan yang dibutuhkan untuk jadi seorang hacker profesional. Mencuri information atau meretas jaringan bukanlah salah satu hal yang mereka lakukan, jadi keterampilan ini bisa saja mampu juga Anda pelajari untuk justru mengatasi hacker.

1. Kemampuan Dasar Komputer

 

 Kemampuan dasar komputer adalah hal yang harus diketahui. Bagaimana mampu jadi hacker terkecuali tidak jelas command line di Windows atau editing registry, dan juga scripting. Hal ini bakal jadi sebuah ketrampilan yang pasti teraplikasi dikala meretas sesuatu, atau menyetel parameter jaringan sendiri.

2. Mengerti Soal Jaringan

 

Mengerti soal jaringan internet dan segala kerumitan yang ada di dalamnya, harus hukumnya bagi para peretas untuk tahu. Berbagai hal layaknya DHCP, NAT, Subnetting, IPv4, IPv6, Public v Private IP, DNS, Routers and switches, VLANs, OSI model, MAC addressing, dan ARP, seluruh harus ada di luar kepala.

3. Memahami Linux

 

Linux adalah sistem operasi favorit para hacker. Hampir seluruh tool yang digunakan untuk meretas adalah hasil 'oprekan' dari apa yang dikembangkan Linux. Oleh karena itu, beraneka potensi fitur dan pengembangan yang dibutuhkan peretas tidak bakal ada sekedar di Windows.

4. Memahami Wireshark

Wireshark adalah penganalisa berbasis open source dan ada secara gratis. Software ini digunakan untuk memecahkan masalah jaringan, analisis, pengembangan perangkat lunak, dan juga pengembangan protokol komunikasi. Oleh karena itu, hacker harus memahaminya.

5. Memahami Virtualisasi

 

Virtualisasi yang artinya adalah abstraksi (maya) dari sumber daya computer, atau sebuah teknik menyembunyikan karakteristik komputer secara fisik tetapi memiliki sistem operasi yang tetap berjalan pada mode virtual dari sumber daya computer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi, atau pengguna berinteraksi beserta dengan sumber daya tersebut.

Dengan ini, hacker dituntut mampu sebabkan versi virtual dari OS, server, perangkat storage, atau jaringan. Hal ini bakal menopang menuji peretasan sebelum akan peretasan terlalu dilakukan.

6. Memahami Konsep Keamanan dan Privasi Internet

 

alah satu yang paling utama dalam jadi hacker, yakni jelas rancangan teknologi keamanan. Seseorang yang merupakan pakar keamanan siber mampu jelas penghalang apa yang muncul dikala meretas.

Salah satu skill penting dalam faktor keamanan internet adalah Key Infrastructure (PKI), Secure Sockets Layer (SSL), Intrusion Detection System (IDS), Firewall dan lain sebagainya.

7. Memahami Teknologi Nirkabel


Teknologi nirkabel adalah prosedur pengiriman informasi lewat gelombang tak muncul di udara. Orang yang dambakan berkecimpung di dunia hacker pasti harus jelas seluk beluk perangkat nrikabel dan deretan fungsinya.

Dengan itu, hacker harus jelas algoritma enkripsi layaknya WEP, WPA, WPA2, four-way handshake dan juga WPS.

Selain itu, hacker juga mampu mempelajari dan jelas Authentication protocol dan juga deretan pembatasan di teknologi nirkabel.

8. Memahami Database

 

Database adalah kumpulan information terstruktur yang ada di komputer, dan juga mampu diakses bersama dengan beraneka cara. Bagi para hacker yang dambakan meretas database, pasti manfaat dari database juga harus dipahami. Database ini terdiri dari SQL Language sehingga penting untuk jelas DBMS besar layaknya Oracle atau MySQL.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel