Berikut Ini Kuliner Sukabumi yang Akan Mewarnai Libur Lebaran 2019


Sukabumi letaknya tak jauh dari Jakarta. Destinasi ini kerap jadi pilihan untuk wisata keluarga dan kuliner sementara lebaran warga Jakarta. Ternyata untuk menyambut lebaran, Sukabumi sudah buat persiapan ragam sajian lezat untuk dinikmati para wisatawan yang datang.
"Sukabumi ini destinasi pariwisata yang potensial. Lokasinya juga dekat dengan Jakarta. Kawasan ini jadi destinasi ideal libur Lebaran. Selain atraksinya, Sukabumi juga kaya dapat kuliner. Cita rasanya yang ditawarkan juga luar biasa. Semuanya nikmat," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Bahkan dengan pesonanya pemerintah percaya Sukabumi sanggup jadi #PesonaMudik2019 dan #PesonaKulinerLebaran2019. Ragam kuliner yang ditawarkan menarik dan kekinian sehingga cocok untuk kaum millenial yang bahagia mengunggah foto di media sosial. Bahkan lokasinya pun amat strategis dan mudah dijangkau.

"Sukabumi miliki Pelabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh. Semuanya adalah destinasi besar yang eksotis. Saat singgah ke Sukabumi, jangan hingga terlewatkan banyak ragam kuliner nikmat yang ditawarkan. Sebab, lokasinya strategis," imbuhnya.

Berikut ini kuliner yang sanggup Anda coba sementara libur lebaran di Sukabumi. Dijamin buat ketagihan

1. Gado-gado Ujang

Ini dia gado-gado khas Sukabumi yang rasanya sanggup buat nagih. Isiannya tak beda jauh dari gado-gado biasanya, namun bumbu kacangnya yang pedas dan kental sudah layaknya ciri khas gado-gado Ujang.

Lokasinya ada di Jalan Jenderal A Yani 45, Sukabumi. Rasanya dijamin buat ketagihan

2. Roti Priangan

Siapa yang tak kenal dengan Roti Priangan. Roti ini jadi legenda di Sukabumi. Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie ini berada di Jalan Parigi Blok A2 No.31 ini berdiri sejak 1943.

Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie dari awal produksi hingga sementara ini, tetap gunakan mesin dan oven tradisional. Bahan bakunya pun tidak gunakan bahan pengawet, hanya gunakan susu, terigu dan mentega. Jadi tidak heran jikalau Roti Priangan ini hanya sanggup bertahan hingga sehari saja. Yang jadi ciri khas dari roti ini dipasarkan gunakan gerobak yang tidak dulu berubah sejak awal.

Varian rasanya pun banyak. Ada Roti Tanduk, roti cokelat, roti kismis, roti nanas, roti keju, roti pisang coklat dan roti gula susu. Rasanya dijamin juara.

3. Mochi Kaswari Lampion

Sukabumi populer sebagai sentra mochi. Salah satunya adalah Mochi Kaswari Lampion yang nikmat.

Di sini Anda sanggup menikmati mochi harga miring dengan rasa nikmat beraneka macam. Mulai dari isian cokelat, keju, wijen kacang, dan tetap banyak kembali yang lainnya. Jangan khawatir, kecewa gara-gara Anda sanggup mencicipi tester sebelum saat memborongnya.

Lokasinya ada di Jalan Bhayangkara, Gg. Kaswari II, No. 9 dan 19, Sukabumi.

4. Mie Ayam Bento

Di Kota Sukabumi banyak rumah makan atau resto dan pedagang keliling yang menyediakan mie ayam. Tapi soal rasa, Mie Ayam Bento juaranya. Mie ayam Bento mempunyai rasa yang amat khas, sehingga membuat orang yang baru pertama kali mencicipi Mie Ayam Bnto ini dapat ketagihan gara-gara kelezatannya. Mie Ayam Bento jadi nikmat disantap dengan campuran pentol, sayur segar, bawang goreng dan saus tomat.

Harga mie ayam bento juga tergolong murah, cukup merogoh kocek sekitar Rp. 10.000 hingga Rp.25.000 saja. Mie Ayam Bento berada di Jalan Mayawati, No. 61, Gunungparang, Cikole, Gunungparang kota Sukabumi. Mie ayam bento buka terhadap pukul 11.00 hingga dengan pukul 22.00 malam.

5. Kapinis Resto

Kapinis Resto adalah salah satu restoran ala Sunda yang menyajikan makanan khas Sukabumi. Dengan rancangan restoran area terbuka (outdoor) menjadikan Kapinis Resto tidak serupa dari faktor suasana, kenyamanan, dan citarasa masakannya sendiri.

Restoran ini terdapat di Kecamatan Warungkiara, Sukabumi. Tempatnya unik dan asik buat nongkrong. Apalagi ada wahana permainan paintball di tempat belakang restoran. Wisatawan pun sanggup bermain arung jeram dari resto ini. Karena tempat ini pun merupakan meeting point kegiatan arung jeram.

6. Bakso Super H. Achmad Sudjai

Mie Bakso Super H. Achmad Sudjai terdapat di Jl. Ir. H. Juanda. Lokasi terebut amat mudah dijangkau gara-gara berada di jantung kota Sukabumi.

Warung bakso ini kepopulerannya hanya kalah dari Bubur Ayam Bunut yang memang sudah amat populer hingga ke luar kota Sukabumi. Nah jikalau Anda ke Sukabumi, tidak ada salahnya untuk singgah ke Mie Bakso Super H. Achmad Sudjai. Rasanya sudah tentu top. Sangat pas untuk menghangatkan badan. Semangkuk bakso seharga Rp 16.000 cukup untuk menaikkan daya untuk melanjutkan perjalanan Anda.

7. Bandros Atta Sukabumi

Bandros Atta ini terdapat di Jalan Gudang, Kebonjati, Cikole Sukabumi. Bandros sendiri adalah kue tradisional yang sudah populer dari zaman dulu kala.

Bahan baku Bandros terdiri dari Kelapa muda sedang (tidak amat tua) yang diparut kasar, Tepung Beras, Santan kental dan garam. Biasanya Bandros di matang dalam cetakan khusus. Bandros Atta sendiri pertama kali di buat oleh Mbah Atta.

Mbah Atta ini mulai eksis menjajakan bandros terhadap th. 1973-an. Mbah Atta mewariskan resep bandros-nya secara turun alami penurunan kepada generasi penerusnya hingga hingga sementara ini, bandros Atta paling populer otentik di antara bandros-bandros lainnya di Sukabumi.

Bandros Atta terdapat di tepi jalur Gudang, buka dari jam 8.30 malam hingga jam 6 pagi. Tapi meskipun terdapat di tepi jalan, justru itu yang menarik perhatian orang-orang yang sedang berburu kuliner sukabumi atau memang pelanggan selamanya bandros Atta. Harap bersabar saat hendak menikmati bandros Atta gara-gara peminatnya cukup banyak maka kita wajib mau antri untuk memperoleh seporsi bandros.

8. Piscok Cakra Sukabumi

Piscok atau pisang coklat Cakra Sukabumi memang tidak dulu sepi pengunjung. Sebuah kedai yang menawarkan makanan berbahan basic pisang ini banyak diminati oleh semua kalangan. Bahkan, tidak sedikit wisatawan asing yang jauh-jauh singgah ke Sukabumi untuk mencicipi pisang coklat Cakra ini.

Piscok Cakra yang berada di halaman Toserba Tiara di Jl. AR. Hakim, lebih tepatnya di seberang Bank Mandiri, Sukabumi Jawa Barat. Keistimewaan kuliner khas Sukabumi ini adalah coklatnya yang meleleh dan menyebabkan penasaran.

Seperti taglinenya, Piscok Cakra Beda, Coklatnya Meledak Dimulut, pisang coklat di sini memang tidak wajib diragukan lagi. Rasa pisang yang khas, tingkat kematangan pisang yang juga cukup, ditambah coklat yang manis dan banyak membuat siapa saja tidak dapat sanggup menampik penganan yang satu ini.

Pisang Coklat Cakra dibanderol dengan harga berkisar Rp 7.000 hingga Rp 24.000. Setiap harga dibedakan dengan besar kecilnya porsi, ada porsi besar maupun porsi kecil. Namun, keduanya selamanya miliki rasa yang istimewa. Untuk menu minuman di Piscok Cakra, semua minuman dibanderol dengan harga berkisar pada Rp 5.000 ke atas.

9. Mamih Ungu Cafe & Resto

Meskipun tidak populer sebagai tempat hits, namun Sukabumi juga miliki kedai kopi yang nyentrik. Lokasinya ada di Jalan Brawijaya No.16 Sukabumi.

Kafe ini miliki menu lucu andalan nasi ungu bersifat kerucut yang dikelilingi banyak ragam lauk pribadi dengan warna cerah. Adapula varian menu lain yang tak kalah menarik yaitu nasi tutung oncom, chicken cordon, dan beef steak.

10. Bubur Bu Nut

Ini dia bubur paling legendaris dan populer di Sukabumi. Berlokasi di Jalan Siliwangi 93/131 Sukabumi kedai ini tak dulu sepi pengunjung.

Bubur di sini rasanya gurih, bahkan jikalau dicampir dengan satu ati ampela dan usus. Lucunya, di sini Anda tidak dapat menemui daun bawang dan kacang dalam semangkuk buburnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel