10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Efektif dan Efisien


Pada saat Memasuki musim hujan, penyakit pilek dan flu mulai menyerang seluruh orang. Terkadang kala Kamu mengalami pilek dan flu, hidung juga turut tersumbat. Apakah Kamu pernah mengalami hidung tersumbat? Hidung tersumbat tentu saja sangat mengganggu pernapasan Kita. Bernapas menjadi susah dan tidak tenang dan merasa gelisah. Apalagi bila mengalami hidung tersumbat kala hendak tidur. Argh, nggak banget deh. Aktivitas menjadi terganggu gara-gara hidung tersumbat.

Hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pada bayi. Ketika orang dewasa yang mengalami hidung tersumbat, tentu saja dapat mengatasinya sendirian. Namun bagaimana jikalau terjadi pada anak-anak atau apalagi bayi. Tentu kita sebagai orang tua ataupun keluarga jadi kelimpungan sebab anak-anak khususnya bayi belum bisa mengungkap suatu hal dengan baik.

Hidung tersumbat biasa terjadi akibat berasal dari flu dan pilek. Lendir atau biasa kita kenal "ingus" yang seharusnya kita keluarkan dari hidung tertahan dan mengendap di hidung membawa dampak jadi ada problem bernapas. Hidung yang tersumbat bisa saja hanya satu lubang, atau bisa juga keduanya. Ketika hidung tersumbat sebelah atay satu saja, sebetulnya Kita tetap dapat bernapas dengan lubang hidung sebelahnya lagi. Namun kala hidung yang tersumbat adalah dua-duanya, bagaimana kami bakal bernapas secara normal?

Bagi Anda yang  sedang mengalami hidung tersumbat, mungkin saja Anda langsung belanja obat di apotek. Namun sering-sering meminum obat terhitung juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ternyata bukan hanya dengan obat - obatan untuk mengatasi hidung tersumbat, tersedia juga cara lain yang lebih enteng dan tidak memerlukan banyak biaya untuk mengatasi hidung tersumbat baik bagi Anda sendiri, anak Anda, maupun bayi Anda.

1. Banyak Meminum Air yang Hangat

Minuman air yang hangat bakal menyebabkan lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer supaya cairan lendir tersebut mudah dikeluarkan. Tidak cuma meminum air mineral yang hangat saja, Anda bisa memvariasikannya dengan meminum teh hangat, jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

2. Menghirup Uap Air Hangat

Menghirup uap bisa melegakan hidung tersumbat karena uap air hangat yang kita hirup juga dapat membantu mencairkan lendir yang ada terhadap hidung tersumbat.

Caranya :
  1. Masak air hingga mendidih lalu,
  2. Setelah mendidih, hirup uap nya saja
  3. Jangan terlalu dekat supaya hidung tidak melepuh

3. Menghirup Uap Air Hangat Campur Minyak Kayu Putih

Agar menghirup uap air hangat tambah efektif untuk menangani hidung tersumbat yang sedang Anda alami. Anda dapat menambah beberapa tetes minyak kayu putih untuk dihirup.

4. Mengompres Hidung dengan Air Hangat

Caranya :
  1. Sediakan handuk kecil atau sapu tangan
  2. Celupkan handuk tersebut terhadap air hangat
  3. Letakkan handuk kecil itu pada hidung yang mengalami tersumbat
Mengompres hidung dengan handuk yang dicelupkan terhadap air hangat juga bisa digunakan sebagai cara menangani hidung tersumbat terhadap bayi dengan efektif.

5. Membuang Cairan Lendir Hidung (Ingus)

Baik bagi Anda maupun anak atau bayi Anda sekaligus, jika sedang mengalami hidung tersumbat, segeralah keluarkan ingus didalam hidung supaya tidak menyumbatkan jalannya pernapasan. Jika Anda hendak melakukannya terhadap anak atau pada bayi, cara menangani hidung tersumbat terhadap anak dan bayi adalah dengan melenyapkan ingus mereka menggunakan alat aspirator (alat penghisap cairan hidung) yang dapat dibeli di apotek terdekat.

6. Menghangatkan Badan

Cara enteng lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menangani hidung tersumbat adalah dengan menghangatkan badan Anda, dapat dengan mematikan AC atau kipas angin. Kemudian selimuti badan Anda atau anak dan bayi Anda. Cara menghangatkan badan yang lain untuk menangani hidung tersumbat adalah dengan mandi air hangat.

7. Mengonsumsi Bawang Putih

Cara menangani hidung tersumbat secara oral tapi tidak meminum obat adalah dengan memakan atau mengunyah bawang putih secara langsung. Bawang putih dikenal sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berfungsi untuk memberangus bakteri bakteri yang ada pada hidung dan yang akan penyebab hidung tersumbat.

8. Mengonsumsi Makanan Pedas

Cara ini adalah cara yang paling gampang dan menyenangkan, barangkali bagi Anda yang suka memakan makanan pedas. Dengan memakan makanan tersebut, lendir yang membuat hidung anda tersumbat akan mengalir keluar dengan sendirinya ketika Anda mengalami kepedasan.

9. Tidur Dengan Bantal yang Tinggi

Tidur dengan menggunakan bantal yang tinggi dengan cara menambahkan 2 atau lebih bantal di kepala Anda akan melindungi kepala Anda sehingga bakal membantu pernapasan dikala Anda hendak tidur.

10. Memijat Hidung Dengan Pelan

Memijat bagian atas hidung pakai jempol atau telunjuk bakal membantu hidung tersumbat Anda sehingga lega dan mengeluarkan ingus. Cukup hanya dengan memijat pelan atas hidung Anda dengan gerakan memutar sampai hidung menjadi lega dan mengeluarkan lendir atau ingus yang terdapat pada hidung .

Related Posts

2 comments

  1. Saya sering ngalamin yang seperti ini.
    Ntar ane coba deh..
    Baca Tips Solusi Terbaru Mengatasi Masalah Iklan Google adsense Tidak Muncul Semoga bisa Membantu buat semua

    ReplyDelete
  2. Kebetulan kemaren hidung saya pilek gak enak rasanya kalau hidung tersumbat sesuatu, benar cara diatas salah satunya makan makanan pedas bisa mendingan hidung saya gak tersumbat lagi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter