Beberapa Masalah Ringan yang Sering Diabaikan dapat Membuat HP Lemot


Handphone atau sering kita sebut HP sudah menjadi salah satu keperluan yang sangat paling penting diera digital ini. Setiap aktivitas tentu memerlukan HP. Biasanya didalam satu HP tersimpan banyak aplikasi, salah satunya aplikasi pesan singkat atau dikenal dengan istilah chatingan.
Tapi kalau HP terasa lemot, berarti kondisi HP Anda perlu dicek .

Berikut masalah ringan yang dapat membuat HP Anda jadi lemot:

1. Banyak Aplikasi yang Terpasang Pada Handphone

Pasti banyak aplikasi yang terpasang pada HP kalian. Tapi kudu diketahui, salah satu masalah HP menjadi lemot adalah banyak aplikasi yang terpasang. Padahal aplikasi berikut jarang atau sama sekali tidak pernah dipakai.

Apalagi aplikasi itu memakan banyak ruang pada memori HP. Padahal memori HP sangat terbatas. Alhasil sistem HP jadi lemot. Perlu juga diketahui, HP mempunyai memori terbatas (RAM, ROM, dan sejenisnya), yang seharusnya dibagi untuk aplikasi-aplikasi di dalam HP.

2. Memori Internal HP Penuh

Semakin lama, memori internal HP bakal tambah penuh dikarenakan banyaknya data yang tersimpan di HP. Jika telah memori penuh, maka sistem HP bakal tambah melambat.

Biasanya memori HP akan dipenuhi dengan aplikasi yang banyak, foto yang telah bertahun-tahun dan video yang tidak terhapus. Apalagi file cache aplikasi yang tidak terdeteksi, yang tambah sebabkan sistem HP melambat.

3. Usia Baterai HP

Tidak hanya masalah yang sepenuhnya pada memori HP, usia baterai termasuk memengaruhi proses HP yang lemot. Baterai HP menjadi bocor setelah digunakan selama dua hingga tiga tahun.

Untuk mengetahuinya, Anda dapat menyaksikan seberapa lama Anda melakukan pengisian daya pada baterai HP. Biasanya hanya dua jam baterai udah terisi penuh. Tapi terkecuali di dalam dua jam, baterai belum terisi penuh, berarti baterai HP Anda sudah mengalami "bocor".

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda mengisi daya baterai semalaman dan juga jangan membiarkan HP Anda mati atau kehabisan daya.

4. Pembaruan Os dan Aplikasi

Pembaruan Os dan aplikasi menjadi penyebab lambannya HP yang paling kerap dialami oleh banyak orang. Semakin lama, dapat tambah banyak aplikasi yang digunakan. Aplikasi-aplikasi selanjutnya setelah itu dapat meminta pembaruan untuk tingkatkan fitur aplikasi.

Jika udah melaksanakan pembaruan Os dan aplikasi pada HP, maka mengakibatkan banyak ruang pada memori yang digunakan. Namun memori HP yang terbatas tak dapat menampung banyaknya data dari aplikasi dari hasil pembaruan ini. Alhasil HP menjadi tambah lemot.

Meskipun begitu, sebagian besar aplikasi cuma memakan  ruang beberapa MB RAM saja, bukan GB. Tetapi semakin lama aplikasi terus minta pembaruan dan lama lama akan menjadi GB. Dan beberapa aplikasi dirancang bersama dengan mempertimbangkan daya tahan baterai HP.

Tetapi pada saat ini, sistem Android mempunyai pengingat untuk para penggunanya untuk menghapus aplikasi yang dapat menguras daya baterai.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter