10 Dampak Positif dan Dampak Negatif dari Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi Saat Ini


Di era digital sekarang ini, teknologi informasi sudah menjadi salah satu jenis dari bentuk teknologi yang sangat maju. Melalui dengan adanya koneksi internet, sekarang ini teknologi informasi maupun teknologi komunikasi sudah merupakan salah satu jenis teknologi yang menduduki peringkat teratas, sistem teknologi ini mempunyai dampak positif dan juga negatif tergantung kepada penggunaan teknologi tersebut.

Sebagai teknologi yang menduduki peringkat teratas, sudah pasti sistem teknologi informasi maupun komunikasi mempunyai ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan nya. Ada juga yang disadari (secara langsung), dan ada yang tidak disadari (secara tidak langsung), karena sudah menjadi bidang dari perilaku individu tertentu. Simak berikut ini dampak positif dan juga dampak negatif dari sistem teknologi yang dapat dirasakan atau ditemui didalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Dampak Positif

1. Mempercepat arus informasi

Arus informasi pada saat ini sudah sangat cepat, malahan cenderung tidak dapat dikontrol sampai saat ini. Namun, hal ini adalah merupakan suatu dampak positif, dikarenakan dapat mengakses atau memberikan informasi dari suatu kejadian dengan cepat dan walaupun juga kadang-kadang tidak akurat atau biasa disebut hoax.

Cepatnya jalan informasi dengan feedback yang menjadi karakteristik dari sistem informasi sudah menjadi suatu faktor dari perkembangan komunikasi dan informasi. Sehingga memberikan manfaat tersendiri bagi setiap penggunanya. Terlebih juga kepada pengguna internet, perkembangan dari jaringan komputer sekarang ini semakin pesat seiring dengan penggunaan internet yang kian meningkat.

2. Mempermudah Akses Informasi Terupdate


Sudah menjadi salah satu efek domino dari bertambah cepatnya jalan informasi. Dengan adanya sistem teknologi informasi dan juga komunikasi yang sudah maju, maka siapa saja dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat. Mengakses informasi ini dapat dilakukan dimana saja, kapanpun, dan dari siapapun itu yang lagi mengakses. Hal ini sangat membantu seseorang dalam memperoleh sebuah informasi dan juga meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya. Walaupun terkadang kebenaran dari suatu informasi tersebut masih dipertayakan.

Hal ini menjadi tanda bahwa menggunakan internet untuk berkomunikasi sudah menjadi suatu pilihan yang sangat diminati, karena setiap orang dapat terhubung kedalam internet entah dari negara mana pun. Disinilah peran dari sistem teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu penggunaan internet sudah menjadi lebih optimal.

3. Media Sosial

Media sosial adalah salah satu dampak positif dari sistem teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, misalnya dapat mempertemukan seseorang dengan orang yang lain dan juga menambah hubungan diantara mereka.

Salah satu contoh dari media sosial tersebut adalah facebook. Situs ini cukup besar dan sudah menjadi media sosial yang sangat diminati dan juga sangat banyak pengguna nya. Bukan hanya untuk menjalin pertemanan dalam dunia maya saja, facebook saat ini sudah dapat menjadi sarana promosi dari suatu bisnis. Manfaat facebook bagi penggunanya sangat cukup banyak, terlebih dalam menjalankan suatu bisnis, baik itu bisnis kecil-kecilan ataupun bisnis yang sudah besar.

4. Membantu Seseorang Dalam Mencari Informasi

Dalam mencari sebuah informasi yang baru dan juga masih hangat, maka sistem teknologi informasi dan komunikasi sangat memegang peran yang penting. Dengan adanya jalan informasi yang dapat diakses dengan cepat, maka setiap orang akan menjadi lebih mudah dalam mencari suatu informasi yang ingin diketahui.

Peranan internet juga berdampak bagi prestasi belajar dari siswa menjadi salah satu momok yang diperhitungkan. Dalam hal ini siswa tersebut dapat menelusuri bahan pelajaran disekolah dan mengakses informasi lebih luas didalam setiap mata pelajaran yang dipelajari disekolah. Sehingga siswa tersebut memiliki pola pikir yang tak hanya berlingkup disekolah melainkan dari luar sekolah secara global.

5. Media Hiburan

Pemanfaatan dari sistem teknologi informasi dan komunikasi berikut adalah dalam hal untuk hiburan. Sistem teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini mendukung untuk media hiburan yang sangat banyak untuk setiap penggunanya. Misalnya, media hiburan berupa games, video, musik dan lain sebagainya. Banyak orang yang bisa lepas dari beban pikiran karena hiburan yang ditawarkan oleh perkembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi ini.

Fungsi dari sistem teknologi dan komunikasi ini juga dapat menjadi suatu pilihan hiburan yang sederhana bagi beberapa orang. Bukan hanya sebagai media informasi, penggunaan dari internet dapat digunakan sebagai peregangan beban pikiran, misalnya dengan menonton beberapa video lucu yang ada di internet.

Namun, perlu diberi catatan bahwa hiburan tersebut harus digunakan untuk hal yang positif yaitu untuk menghilangkan rasa suntuk semata saja bukan untuk dilakukan mengakses konten negatif yang memberikan dampak buruk bagi setiap pengguna nya.

6. Mempermudah Komunikasi dengan Orang Lain yang Jauh

Komunikasi adalah suatu hal yang paling utama yang harus dijalankan oleh setiap manusia, sebagai makhluk sosial. Dengan adanya sistem teknologi informasi dan komunikasi saat ini, maka akan dengan mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jauh lokasinya. Jika jaman dulu harus mengirim surat melalui pos dan menunggu selama beberapa hari. Dengan adanya perkembangan dari sistem teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, setiap orang dapat mengirim pesan dalam waktu singkat dan juga mendapat balasan dengan waktu hitungan detik pula.

Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong dari penyebab sistem teknologi informasi dan komunikasi. Chatting sudah menjadi hal yang diminati oleh setiap orang, terlebih pula sekarang ini penggunaan dari handphone semakin meningkat diberbagai kalangan.

7. Tempat Berbagi File

File atau dokumen saat ini sudah menjadi kebutuhan dari setiap orang. Baik file bertipe mp3 ataupun file penting, dapat dibagikan dengan menggunakan koneksi internet yang merupakan produk dari sistem teknologi informasi dan komunikasi. Setiap pengguna nya dapat berbagi file dengan mudah, atau bahkan sekarang ini dapat menyimpan file yang dimiliki seseorang kedalam cloud storage atau biasa disebut dengan penyimpanan awan. Kegiatan dalam berbagi file harus memerlukan keamanan yang cukup agar data yang dibagikan tetap rahasia.

8. Memiliki Dampak Positif Dalam Dunia Pendidikan

Dampak positif lainnya yang sangat terasa dari sistem teknologi informasi dan komunikasi ada didalam dunia pendidikan. Materi pelajaran dan segala hal-hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan akan sangat mudah di akses dan peroleh. Sehingga sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas dan efisensi dari kebutuhan didunia pendidikan bagi setiap orang.

Inilah manfaat dari sistem teknologi informasi dan komunikasi yang dapat membantu menyelesaikan tugas sekolah ataupun tugas perkuliahan. Peran dari sistem teknologi informasi dan komunikasi tak dapat dipungkiri dalam dunia pendidikan yang lebih luas dan lebih maju untuk kedepannya.

9. Sebagai Sarana Untuk Bisnis Jual-Beli

Pada Sekarang ini, muncul beberapa lapangan pekerjaan yang dihasilkan dari adanya sistem teknologi informasi dan komunikasi ini, sperti online shop dan bisnis online lainnya. Hal ini menggeser kedigdayaan penjualan barang melalui toko fisik, dikarenakan lebih praktis, murah dan juga lebih efisien dari segi pemasaran produknya.

Dengan adanya toko online ini atau online shop, semakin banyak pula lapangan pekerjaan, dimana orang yang dulunya tidak mempunyai pekerjaan apapun, sekarang dapat mempunyai pekerjaan yaitu dengan berjualan online. Disinilah salah satu dampak positif sistem teknologi informasi dan komunikasi dibutuhkan, dan juga dapat menjadi sarana untuk mempromosikan bisnis atau sebuah produk terbaru.

10. Dapat Membantu Menyelesaikan Masalah dengan Mudah

Sistem teknologi informasi dan komunikasi juga dapat menyelesaikan masalah. Dengan komunikasi yang lebih baik dan juga jalan dari sebuah informasi yang cepat, maka sistem teknologi informasi dan komunikasi ini dapat menjadi solusi bagi masalah setiap manusia.

Dampak Negatif

Walaupun mempunyai banyak dampak positif. Namun, sistem teknologi informasi dan komunikasi ini juga mempunyai beberapa dampak negatif yang lumayan mengganggu dalam aktivitas sehari-hari. Kebanyakan dampak negatif muncul karena diakibatkan oleh penyalahgunaan dari sistem teknologi informasi dan komunikasi, ataupun juga diakibatkan karena kurangnya pemahaman tentang penggunaan akan etika dalam menggunakan sistem teknologi informasi dan komunikasi dengan baik dan benar.

Berikut ini beberapa dampak negatif dari sistem teknologi informasi dan komunikasi :

  1. Orang-orang akan merasa malas untuk bersosialisasi secara langsung.
  2. Penipuan dan kejahatan cyber yang meningkat
  3. Cyber Bullying
  4. Konten negatif yang sangat banyak
  5. Memunculkan adanya fitnah dan pencemaran nama baik
  6. Mengabaikan tugas dan pekerjaan
  7. Membuang-buang waktu karena kecanduan internet
  8. Prestasi belajar yang turun dan juga menurunnya tingkat konsentrasi

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter