4 Alasan Psikologis Dapat Menyebabkan Rasa Cinta Memudar


Kamu mempunyai hobby menonton drama bertipe genre romantis, mungkin Kamu pernah berandai-andai bahwa cinta Kamu terhadap pasangan Kamu akan dapat bertahan sampai selama-lamanya hingga akhir waktu menutup mata. Atau bagi Kamu yang belum mempunyai pasangan, Kamu mungkin pernah membayangkan akan bertemu dengan belahan jiwa Kamu yang dapat sehidup semati dan setia sampai selama-lamanya. Jatuh cinta adalah hal yang wajar bagi semua orang, namun jangan lupa, apabila Kamu mengatakan indahnya jatuh cinta, Kamu juga harus siap dengan resiko cinta yang memudar.

Ya, rasa cinta Kamu kepada pasangan dapat memudar bahkan menghilang tanpa bekas. Melainkan bagi Kamu pun yang sudah terikat dengan pernikahan. Menurut dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengatakan bahwa angkat perceraian di Indonesia selalu meningkat bahkan sampai menempati urutan pertama di Asia Pasifik jumlah meningkat 15 sampai 20 persen dari tahun 2010 hingga sekarang.

Perceraian bukanlah tanda dari bahwa cinta Kamu ke pasangan sudah memudar atau hilang, banyak sekali faktor yang mempengaruhi, namun apabila pernikahan Kamu sedang mengalami masalah biasanya rasa cinta pun akan ikut memudar bahkan jika masalah tersebut berlarut-larut (tidak terselesaikan) cinta Kamu terhadap pasanganmu akan hilang dan akan mengakibatkan terjadinya perceraian. Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan rasa cinta Kamu terhadap pasangan hilang, simak penjelasan berikut :

4 Alasan Psikologis yang Menyebabkan Rasa Cinta Memudar


1. Realistis Kehidupan


Keseharian Kamu yang begitu super sibuk, ternyata sangat berdampak sekali dengan kehidupan cinta Kamu sendiri, karena ada fakta yang mengatakan bahwa banyak pasangan yang tidak dapat membagi dengan efisien (baik). Akhirnya, banyak yang akan merasa bahwa mereka tidak mempunyai pasangan untuk berbagi.

Pasangan yang mendapati hal seperti itu, biasanya akan menumbuhkan rasa terhadap pasangan dan apabila dibiarkan begitu akan membuat keadaan semakin kacau. Terutama bagi mereka yang sudah terikat dengan pernikahan. Rasa tidak percaya terhadap pasangan akan memicu pikiran yang negatif (possesif) terhadap satu sama lain. Hal ini akan dengan mudah membuat cinta Kamu akan memudar bahkan musnah secara perlahan.

2. Komunikasi


Kamu yang memiliki keseharian yang super sibuk tentu juga memiliki kehidupan cinta yang sibuk juga. Biasanya bagi kamu yang sangat sibuk, komunikasi lah yang menjadi masalah utama. Menurut dari ahli psikologi Will Meek mengatakan bahwa komunikasi adalah hal yang paling penting berhubungan bagaimana Kamu membagi apa yang sedang Kamu pikirkan, dan bagaimana Kamu dapat memahami perasaan orang lain. 

Komunikasi tidak selalu di identik dengan bertemu, namun berhubungan dengan bagaimana Kamu mau mendengarkan isi pikiran dan perasaan dari pasangan. Apabila hal ini tidak berjalan dengan baik, maka Kamu dan pasangan Kamu tidak dapat memahami isi pikiran dan perasaan masing-masing. Kemudian hal ini akan sangat berdampak pada rasa cinta Kamu terhadap pasangan yang akan memudar dan menghilang seiring berjalannya waktu.

3. Waktu


Dalam hal percintaan, tentu saja perasaan adalah hal yang paling utama. Menurut dari Lisa Firestone, seorang ahli dari psikoterapi mengatakan bahwa cinta mungkin tidak akan menghilang dari kehidupan asmara Kamu, namun perasaan cinta terhadap pasangan dapat berubah seiring berdasarkan waktu. Kekuatan cinta Kamu terhadap pasangan bisa sangat berbeda pada saat awal Kamu dan pasangan bertemu, dan dapat meningkat maupun menurun dari waktu ke waktu bahkan sampai perasaan apaapun hilang dan cinta Kamu memudar terhadap pasangan dan juga akan merasa biasa kepada pasangan.

4. Melihat Perubahan Dalam Diri Pasangan


Hal ini juga dapat menjadi alasan cinta Kamu terhadap pasangan memudar. Disaat Kamu jatuh cinta Kamu melihat sisi yang baik saja terhadap pasangan Kamu. Namun, setelah semua terbongkar, Kamu mengetahui sisi buruk dari pasangan Kamu, disaat itulah rasa cinta Kamu terhadap pasangan Kamu diuji, dan Kamu akan mengalihkan sebagian dari perasaan Kamu terhadap hal yang tidak Kamu sukai dari pasangan, dan hal ini akan sangat mempengaruhi rasa cinta Kamu dan hubungan Kamu terhadap pasangan Kamu.

Setiap pasangan pasti memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghadapi masalah dalam hubungan cinta mereka. Apabila Kamu sudah terikat dengan pernikahan tentu saja perasaan cinta Kamu terhadap pasangan yang mulai memudar akan sangat berpengaruh sekali terhadap kehidupan pernikahan Kamu. Sebaiknya Kamu dan pasangan segera menyelesaikan masalah tersebut secara bersama atau menemukan orang yang tepat untuk menyelesaikannya. 

Demikian 4 alasan psikologis yang menyebabkan rasa cinta memudar bahkan musnah dan hilang. Sebaiknya Kamu yang mendapati masalah terhadap percintaan sebaiknya cepat selesaikan masalah tersebut agar kehidupan cinta Kamu membahagian.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter