9 Penyebab Rambut Rontok yang Sering Terjadi dan Tidak Terduga



Rambut rontok atau Bahasa medis nya alopesia merupakan pengurangan jumlah rambut yang ada di kepala. Sebagian besar orang pernah mendapati rambut rontok. Rambut rontok yang normal biasanya kehilangan 100 helai rambut per harinya. Apabila berlebihan, ada alasan medis yang menjadi pemicu kerontokan pada rambut. Rambut rontok ini merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu. Kita menyadari rambut rontok pada saat melihat banyaknya gumpalan rambut diatas tempat tidur.  

Rambut Rontok biasanya memiliki banyak penyebab, seperti infeksi jamur, trauma, radioterapi, kemoterapi, kekurangan zat besi dan penyakit yang menyerang kulit kepala sehingga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok

Adakah yang mendapati rambut rontok pada remaja? Usia 20-an? Atau malah belasan? Karena biasanya sebagian orang mengalami rambut rontok pada usia 30-an. Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor, rambut rontok yang terjadi secara alami atau rambut rontok karena kesalahan diri sendiri. Namun, sering terjadi rambut rontok disebabkan oleh penyakit tertentu. 

Penyebab Rambut Rontok Yang Sering Terjadi


Simak Penjelasan berikut ini alasan yang dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok yang sedang Kamu alami saat ini :

1. Depresi Atau Stress


Depresi atau stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi atau mental yang dapat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Depresi atau stress juga dapat memicu gangguan mental, produktivitas menurun, dan rasa sakit. Masalah yang sedang Kamu alami, dan membuat Kamu merasa cemas, dan memicu otot syaraf yang ada dikepala menjadi tegang. Depresi atau stress tersebut lah yang dapat membuat rambut menjadi rontok. Namun, kerontokan yang disebabkan depresi atau stress bersifat sementara.

2. Anemia


Anemia merupakan kondisi yang berkurangnya sel darah merah dari dalam darah. Sel darah merah atau biasa disebut haemoglobin (Hb) merupakan salah satu senyawa protein yang membawa oksigen didalam darah. Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi dan merupakan salah satu penyebab rambut rontok terus menerus. Apabila rambut rontok akibat kekurangan zat besi, maka dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi, misalnya sayur daun ubi, kacang kedelai, daging merah, sayur bayam dan lainnya.

3. Efek Perawatan Rambut Yang Berlebihan


Penyebab rambut rontok pada pria biasanya terjadi karena efek dari perawatan rambut yang berlebihan. Tanpa disadari perawatan rambut yang berlebihan ini menyebabkan rambut rontok, misalnya dikepang ketat, rebounding, mewarnai rambut berulang kali, atau menggunakan perawatan yang mengandung bahan kimia keras. Untuk mencegah terjadinya rambut rontok yang disebabkan perawatan rambut berlebihan, sebaiknya menggunakan kondisioner setiap habis keramas. 

4. Sehabis Melahirkan 


Kehamilan adalah salah satu jenis stress fisik yang menjadi penyebab rambut rontok. Pada saat kehamilan rambut rontok jarang terjadi, karena peningkatan hormon esterogen sehingga rambut akan menebal. Rambut rontok yang sering wanita alami pada saat setelah melahirkan. Hal tersebut terjadi karena, kadar hormon estrogen akan menurun. 
Namun, Kamu tidak perlu khawatir akan kerontokan rambut ini tidak akan membuat Kamu botak. Dalam kurun waktu 6 bulan, rambut akan tumbuh kembal secara normal. Tapi tekstur dari rambut tersebut kemungkinan akan berbeda. Jika rambut Kamu rontok setelah melahirkan lebih dari 12 bulan, Kamu perlu berkonsultasi dengan dokter supaya dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, untuk mengetahui penyebab rambut rontok yang sedang Kamu alami.

5. Efek Samping Dari Obat Yang Kamu Konsumsi


Kerontokan pada rambut juga dapat disebabkan efek samping dari obat tertentu yang sedang Kamu konsumsi, seperti obat kanker, depresi, masalah jantung, tekanan darah tinggi, obat kemoterapi dan lainnya. Namun, Kamu tidak perlu khawatir rambut rontok akan berkurang, apabila penggunaan dari obat tersebut telah berakhir dan rambut akan tumbuh normal kembali. Selain itu, Asupan dari vitamin A yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

6. Tergantung Asupan Gizi


Penyebab rambut rontok selanjutnya adalah kurangnya asupan gizi dan vitamin. Pertumbuhan rambut, termasuk kerontokan dipengaruhi oleh asupan gizi dan vitamin yang masuk kedalam tubuh, misalnya kurang asupan protein, zat besi, dan vitamin D. Pengaruh dari asupan gizi yang buruk, akan menyebabkan rambut menjadi tipis dan mudah rapuh. Jadi Kamu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang berigizi dan bervitamin yang dibutuhkan oleh tubuh maupun rambut.

7. Sering Beraktivitas Dibawah Terik Matahari


Sinar matahari sangat banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Tapi Kamu harus melihat jam sinar matahari yang baik untuk tubuh, misalnya jam 7 pagi sampai 10 itulah sinar matahari yang sangat baik untuk tubuh. Kamu harus tahu, terlalu lama dibawah terik matahari tanpa menggunakan topi sebagai alat pelindung kepala dapat menyebabkan rambut rontok. Karena menurunnya keratin pada rambut akan menyebabkan rambut rontok berlebihan. 

8. Kurang Berolahraga


Kurang berolahraga dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Bagi Kamu yang sibuk bekerja atau bermalas malasan akan menyebabkan rambut Kamu mengalami kerontokan. Sebaiknya Kamu menyempatkan waktu untuk berolahraga, bukan hanya untuk menyehatkan rambutmu tetapi juga untuk menjaga kesehatanmu.

9. Riwayat Keturunan ( GEN )


Salah satu penyebab rambut parah juga dapat disebabkan oleh faktor dari keturunan atau gen yang diturunkan oleh nenek moyang Kamu. Faktor dari gen juga akan mempengaruhi kerontokan rambut Kamu akan terjadi diusia tertentu. Jenis rambut rontok meliputi penipisan rambut atau miniaturisasi (rambut menjadi lembut, halus dan pendek).

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter