6 Cara Praktis Membangun Bisnis dari Awal Bersama Pasangan


Banyak orang yang tidak mau untuk menjalankan bisnis bersama pasangannya sendiri. Dengan berbagai alasan, mulai dari perbedaan minat dan passion, merasa takut dengan hubungan pribadi atau juga bingung dalam hal pembagian profit dari bisnis. Pada konteks ini, harus mempunyai komitmen yang sangat kuat antar pasangan, baik itu sebelum, selama dan setelah bisnis terbangun.

Bukan hanya itu saja, bagi pasangan yang akan menuju jenjang pernikahan, membangun bisnis bersama itu, bisa menjadi hubungan yang erat untuk lebih serius dan bisa juga untuk menjadi  modal keluarga baru dimasa mendatang. Dirangkum dari situs Entrepreneur.com, dibawah ini ada beberapa cara untuk membangun bisnis yang sukses bersama pasangan. Simak penjelasannya !!!

1. Memiliki Visi yang Sama 

Pada saat seseorang memutuskan untuk mempunyai kerjasama bisnis dengan orang lain. Tentu saja mereka akan duduk bersama untuk membicarakan visi, misi dan juga persiapan untuk perencanaan bisnis yang benar-benar matang. Hal yang seperti itu juga harus diterapkan, jika ingin membangun sebuah bisnis bersama pasangan.

Ciptakan suasana yang santai, namun tetap berkualitas, ketika membicarakan persiapan untuk perencanaan bisnis bersama pasangan. Bicarakanlah tentang visi, misi dan juga esensi yang akan dibangun bersama. Bahkan dalam hal penentuan bisnis yang akan dibangun, keduanya harus mempersatukan visinya.

2. Memiliki Komitmen yang Sama

Komitmen untuk membangun sebuah bisnis sangat dibutuhkan oleh kedua belah pihak, yang akan berperan sebagai partner bisnis. Komitmen yang jelas merupakan sebuah keharusan dari kedua belah pihak untuk membangun suatu bisnis bersama pasangan. Pembagian hak dan kewajiban yang jelas dapat membuat peran masing-masing dari pasangan untuk mendapatkan porsi yang sama dalam membangun sebuah bisnis.

3. Berperan Secara Tepat Untuk Memajukan Bisnis Bersama

Buatlah kesepakatan yang jelas, terkait dengan aturan untuk pengoperasian bisnis. Melihat kecenderungan karakter wanita dan pria, para wanita, baik itu istri ataupun pacar biasanya memiliki kemampuan lebih dalam hal kecermatan dan ketelitian. Oleh karena itu posisi yang paling tepat adalah dalam hal pengaturan keuangan usaha.

Sementara sang pria biasanya memiliki networking yang baik sehingga menempati posisi yang tepat pada bagian pemasaran. Peran dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis harus didasari dengan bakat dan passion dari masing-masing kedua belah pihak. Sehingga setiap pihak yang terlibat dalam perusahaan merasa enjoy dan bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing.

4. Bersikap Terbuka dan Menghargai Peran Pasangan

Mungkin agak tabu bila seorang pebisnis menanyakan kepada tim keuangan berapa banyak hutang yang dimiliki suatu usaha. Hal ini dapat diminimalkan bila tim kerja adalah pasangan Anda sendiri. Kita juga dapat dengan bebas bertanya pada pasangan terhadap utang dan piutang bisnis. Dengan mengetahui situasi yang terkait dengan bisnis yang dibangun, Anda dapat berbincang dengan pasangan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang sedang dialami.

5. Sikap Saling Menghargai Satu Sama Lain

Sikap rasa saling menghargai bukan hanya penting didalam kehidupan sebagai pasangan kekasih atau pasangan suami istri. Sikap tersebut sangat diperlukan dalam hal membangun sebuah bisnis. Hormati dan hargailah pasangan Anda sebagai orang yang turut mendukung dan membantu kelancaran dan kesuksesan bisnis yang dibangun bersama. Jangan sampai rasa saling menghargai itu hilang pada saat masing-masing dari kedua pihak mulai menemukan ketidakcocokan dengan pasangannya dalam hal membangun bisnis.

Pisahkan urusan bisnis dan urusan pribadi secara professional. Sedang kesal karena si dia telat menjemput anda di pusat perbelanjaan? Atau kesal terhadap pasangan karena tidak memasak makan malam untuk hari ini. Jangan sampai urusan pribadi mempengaruhi kinerja dari bisnis yang dibangun.

Pandailah dalam hal membedakan urusan pribadi dan urusan bisnis. Sikap profesional Anda akan memberikan rasa semangat terhadap pasangan untuk senantiasa menjunjung tinggi kualitas bisnis yang dibangun dan sedang dijalankan.

6. Belajar dari Pasangan Lain

Bila Anda pernah melihat atau mengenal pasangan yang sukses menjalankan atau membangun bisnis bersama, belajar lah dari mereka bagaimana cara mereka membangun sebuah bisnis yang sukses. Tanyakan apa saja resep untuk membangun kualitas bisnis yang bagus dan hubungan yang profesional terhadap pasangan. Belajarlah dari wujud nyata adalah salah satu hal terbaik untuk senantiasa memperbaiki diri sendiri serta memajukan bisnis bersama dengan pasangan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter