Cara Mengoptimasi SEO Artikel Blog Agar Berada di Halaman Pertama Google Dalam 5 Menit


Search Engine Optimization atau sering disebut dengan istilah SEO. Hal ini merupakan istilah yang sangat populer didalam dunia Digital Marketing. Pengoptimasian SEO dapat dikatakan sukses, apabila sebuah website memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari atau biasa disebut Search Engine dan juga sering disingkat (SE) untuk hasil pencarian yang organik.

Berbicara tentang optimasi SEO, Kamu dapat membayangkan sebuah kata kunci atau istilahnya keyword dari suatu produk Kamu yang muncul dihalaman pertama Google, dan halaman produk itu dikunjungi oleh ribuan visitor atau pengunjung dalam sehari, dan tentu saja Kamu dapat memprediksikan apa yang terjadi? Sudah dapat dipastikan handphone untuk orderan dari Produk Kamu tidak akan berhenti berdering.

Orderan itu datang dikarenakan Google menampilkan produk Kamu dihalaman pertama pencariannya. Namun, apakah mudah untuk dapat membuat di halaman pertama Google?

Jawabannya, sudah jelas tidak semudah itu.

Dalam hal praktiknya, tidak semua pemilik situs atau website dapat memahami semua hal yang berkaitan dengan Digital Marketing. Pada umumnya mereka membutuhkan bantuan dari para konsultan Digital Marketing untuk melakukan kampanye online dari sebuah situs mereka sendiri.

Tetapi, tentu saja pemilik dari sebuah situs atau website menyediakan biaya yang lumayan besar untuk merekrut seorang konsultan atau orang yang akan bekerja sama sebagai agensi Digital Marketing untuk mengelola pemasaran dari sebuah situs atau website yang mereka bangun.

Optimasi SEO Artikel Blog Agar Halaman Pertama Di Google

Salah satunya cara membuat sebuah situs atau website ataupun artikel blog agar berada diposisi halaman pertama google dapat dilakukan dengan cara mengoptimasi SEO pada sebuah situs atau website. Baik itu SEO On-Page maupun SEO Off-Page, berikut ini ada beberapa cara SEO yang dapat dilakukan agar situs website atau artikel blog berada dihalaman pertama Google.

1. Kata Kunci Pada Judul Tag


Agar mendapatkan peringkat dihalaman pertama Google (mesin pencari), salah satu cara yang dapat dilakukan meletakkan kata kunci atau keyword yang harus ditargetkan pada judul tag. Hal ini merupakan salah satu cara SEO On-Page yang lumayan baik untuk di praktikkan. Dengan begitu, sebaiknya kata kunci atau keyword tersebut harus ditargetkan di awal suku kata pertama pada judul tag, untuk template SEO, judul tag tersebut biasanya dengan otomatis akan dibuat menjadi judul artikel dengan format HTML nya yaitu H1 dan ini sangat baik di mata Google atau mesin pencari.

2. Panjang Artikel Minimal 1500 Kata atau Lebih


Pernah tidak, Kamu berpikir untuk membuat artikel yang panjang? Mungkin saja hal ini adalah suatu hal yang membosankan dan kurang disukai oleh sebagaian para blogger. Karena membuat artikel yang lumayan panjang itu sangat melelahkan dan membuat otak capek. Tetapi, apabila Kamu mengetahui keuntungan dari membuat artikel yang panjang, Kamu akan berusaha untuk melakukan hal tersebut.

Banyak dari blogger yang memilih simple dan tidak ambil pusing, mereka lebih memilih artikel yang singkat, jelas, dan padat tetapi teroptimasi dengan bagus. Namun, perlu juga untuk Kamu ketahui, artikel yang berisi dengan panjang kata sebanyak 1500 atau lebih akan membuat artikel tersebut lebih gampang ditelusuri oleh Google (mesin pencari).

Berikut ini adalah keuntungan membuat artikel yang panjang :

  • Bounce Out Rate dari situs web atau blog akan semakin bagus.
  • Lebih berpeluang untuk dishare oleh pembaca.
  • Waktu dari kunjungan visitor akan lama.
3. Kecepatan Loading dari Sebuah Halaman Situs

Berbicara tentang kecepatan loading, jangan dianggap sepele. Boleh saja Kamu mendesain dari template yang bagus dan menarik, namun jangan lupakan untuk kecepatan loading dari template tersebut. Apabila harus memilih, kecepatan loading atau desain yang cantik dan bagus, tentu saja lebih baik memilih kecepatan loading dari sebuah halaman. Dikarenakan kecepatan loading dari suatu situs web maupun blog menjadi salah satu hal yang diperhitungkan dalam algoritma Google atau mesin pencari. Semakin cepat loading dari sebuah halaman situs, makan situs web atau blog Kamu pun akan berpeluang berada di halaman pertama Google.

4. Peletakan Kata Kunci atau Keyword


Untuk Sekarang ini algoritma Google sendiri tidak terlalu memperhatikan kepadatan dari kata kunci. Bukan berarti Kata Kunci atau Keyword tidak dibiarkan begitu saja dan tidak digunakan sebagai tolak ukur untuk mesin pencari. Algoritma Google tetap menggunakan Kata Kunci sebagai relasi artikel dengan kata kunci yang dicari seorang pengunjung.

Peletakan Kata Kunci yang tepat sasaran menjadi suatu faktor yang sangat berpengaruh terhadap peringkat dihalaman Google. Agar Optimasi SEO lebih bagus, sebaiknya dilakukan peletakan kata kunci sebagai berikut :
  1. Target kata kunci yang ditargetkan letakkan pada URL situs web atau blog. Perlu diingat suatu hal, url yang pendek lebih baik daripada url yang panjang.
  2. Targetkan katakunci pada paragraf pertama diantara 100 kata pertama untuk seluruh artikel.
  3. Lakukan tag H2 atau H3 pada kata kunci yang ditargetkan.

5. Relefansi Backlink 


Pada bagian relevansi backlink ini adalah faktor yang berperan untuk membuat halaman dari suatu situs web atau blog berada dihalaman pertama Google atau mesin pencari. Salah satu hal yang paling berperan untuk menentukan posisi halaman sebuah situs web atau blog dimata Google atau mesin pencari adalah backlink yang berkualitas, backlink do-follow yang diperoleh dari artikel yang relevan.

6. Waktu Kunjungan dari Visitor (Dwell Time)


Cara lainnya untuk mengoptimasi SEO artikel blog agar dihalaman pertama Google adalah dengan cara membuat pengunjung atau visitor tahan berlama-lama dan juga berinteraksi didalam blog. Semakin lama seorang pengunjung membaca artikel blog, pada saat itu akan memberikan signal terhadap mesin pencari melalui robot google analytic, kalau artikel dalam situs web atau blog tersebut menarik dibaca dan juga berkualitas. Semakin tinggi dwell time maka peringkat situs web atau blog juga akan semakin naik dan berpeluang akan mendapatkan posisi dihalaman pertama pencarian Google.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan waktu kunjungan dari visitor :
  • Membuat artikel yang lumayan panjang, minimal 1500 kata atau lebih
  • Internal Linking : Membuat link yang terkait dengan isi artikel dan pengunjung akan bertahan lama membaca artikel dari sebuah situs web atau blog.
  • Selalu meng-update konten yang original dan juga konsisten.
  • Menggunakan widget agar memudahkan pengunjung melakukan penelusuran dan memilih artikel yang menarik.
  • Buat navigasi yang terstruktur.

7. Desain Template yang Responsif


Situs web atau blog yang memiliki desain template yang responsif, memungkinkan pengunjung dapat mengakses artikel situs web ataupun blog dengan mudah melalui media portable, misalnya Handphone, Tablet ataupun PC. Hal ini merupakan sebuah faktor untuk mendapatkan peringkat dihalaman pertama Google. 

8. Hindari Konten yang Duplikat atau COPAS


Salah satu hal yang paling dibenci oleh algoritma Google atau mesin pencari adalah konten artikel yang duplikat alias COPAS. Dapat diartikan dengan sebuah halaman situs web atau blog yang mempunyai URL berbeda tetapi merujuk halaman yang sama. Terkadang duplikat konten tidak dapat dihindari untuk beberapa kasus, seperti : widget archive, link para visitor yang mengkomen dan lainnya. Tetapi jangan khawatir, untuk memperbaiki hal ini sangat mudah, yaitu dengan menambahkan rel="canonical".

Demikian informasi mengenai Cara Mengoptimasi SEO Artikel Blog Agar Berada di Halaman Pertama Google Dalam 5 Menit .












0 Response to "Cara Mengoptimasi SEO Artikel Blog Agar Berada di Halaman Pertama Google Dalam 5 Menit "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel