Pengertian dari Server, Jenis-Jenis Server, Fungsi Server, Manfaat Server Serta Cara Kerja Server

Perkembangan jaman sekarang ini sangat maju khususnya didunia IT, komputer mengalami perubahan yang signifikan. Mulai dari fungsi-fungsinya sampai pada bentuknya sekarang ini. Salah satu dari fungsinya komputer adalah untuk mempermudah manusia dalam mengolah data menjadi sebuah informasi. Data atau informasi yang sudah diolah tersebut, akan disimpan dalam suatu tempat yang biasanya disebut server.

Mungkin Kamu sudah terbayang dengan yang namanya "server", dan apakah Kamu sudah mengerti dari pengertian server itu sendiri? Fungsinya? Bahkan Jenis-jenis dari server? Berikut ini Saya akan memberi sedikit penjelasan mengenai pengertian server, fungsi dan jenis jenis server itu sendiri.


Pengertian server adalah suatu tempat penyimpanan yang berisi data atau informasi yang berfungsi untuk memberikan layanan (service) kepada client yang terhubung dalam suatu jaringan komputer.

Jaringan yang dimaksud bukan jaringan internet tetapi sebuah sistem yang terdiri dari 2 atau lebih komputer dan saling terhubung satu sama lain, baik itu melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat berbagi data, informasi, aplikasi maupun berbagi perangkat keras sekalipun.

Sebuah server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable (dapat menangani pertumbuhan jumlah data tanpa memberikan dampak pada kinerja) dan juga membutuhkan RAM yang besar dan harus dilengkapi sistem operasi khusus atau biasa disebut dengan sistem operasi jaringan (network operating system).

Server sendiri memiliki banyak jenis dan fungsi yang berbeda-beda, contohnya Web Server yang berfungsi untuk menyimpan data dalam sebuah web. FTP Server berfungsi untuk menangani perpindahan file (transfer file). Mail Server berfungsi untuk melayani urusan email para client. Database Server berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data atau file dan lain sebagainya.

Jenis Jenis dari Server dan Fungsinya :



  1. Proxy Server; server yang berfungsi untuk membatasi permintaan data, kinerja koneksi, dan berbagai file antar server dan klien di luar jaringan. Proxy server juga berfungsi sebagai gerbang antara jaringan loka dengan jaringan global (internet).
  2. Virtual Server; server yang berfungsi untuk membuat sejumlah server fisik sehingga seakan-akan seperti menjadi beberapa server.
  3. Telnet Server; server yang berfungsi untuk mengatur suatu komputer dengan melakukan login dan logout pada komputer host.
  4. FTP Server; server yang berfungsi untuk mengatur transfer data pada suatu jaringan.
  5. Web Server; server yang berfungsi untuk meyimpan konten sebuah website dan berkomunikasi menggunakan HTTP.
  6. Aplikasi Server; server yang berfungsi untuk mengelola perintah yang dilakukan oleh klien dan menghubungkannya dengan database.
  7. Audio & Video Server; server yang berfungsi untuk menyimpan fitur multimedia sebuah website.
  8. News Server; server yang berfungsi untuk menyalurkan berbagai jenis berita melalui jaringan berita.
  9. Mail Server; server yang berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis email, dan menangani permintaan klien.


Fungsi Server :

Meskipun beragam jenis dari server, akan tetapi secara umunya sebuah server memiliki fungsi yang sama, yaitu :

  • Melayani dan bertanggung jawab penuh atas permintaan data dari komputer klien.
  • Menyediakan berbagai sumber daya untuk digunakan oleh semua komputer klien yang memasuki jaringan, baik itu perangkat keras atau perangkat lunak / aplikasi.
  • Bertanggung jawab untuk mengelola lalu lintas data.
  • Dapat menyimpan berbagai data ataupun file untuk diakses bersama melalui protokol FTP.
  • Berfungsi untuk mengatur hak akses masuk ke dalam jaringan, sehingga tidak semua klien dapat mengakses data yang terkandung di komputer server.
  • Menyediakan aplikasi dan database yang dapat berjalan di semua komputer klien.
  • Memberikan perlindungan untuk komputer klien dengan memasang firewall atau anti-malware di komputer klien.


Manfaat dari Penggunaan Komputer Server

Penggunaan dari komputer server sangat memberikan manfaat yang baik untuk perusahaan, seperti penghematan biaya dan efisiensi waktu. Misalnya dalam sebuah perusahaan memiliki sebuah komputer server dan terhubung ke banyak komputer lain sebagai client, maka proses dari pengiriman data ataupun file kesesama client dalam jaringan akan lebih mudah, cepat dan efisien.

Contoh lainnya, apabila ada komputer client ingin mencetak sebuah data atau dokumen, dengan begitu bisa langsung melalui komputer server itu sendiri sehingga hanya satu printer saja yang dibutuhkan. Dengan begitu, perusahaan tersebut akan lebih hemat dan praktis dibandingkan harus menyediakan beberapa printer.


Untuk membangun sebuah komputer Server, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan untuk membuat suatu komputer server, antara lain :

  • RAM; dibutuhkan kapasitas memori (RAM) dengan ukuran yang besar sehingga proses multitasking dapat berjalan dengan lebih cepat.
  • Processor; agar dapat menangani berbagai permintaan dari komputer klien, dibutuhkan komputer server dengan kecepatan akses prosesor yang bekerja cepat.
  • Hard Drive; berfungsi sebagai media penyimpanan berbagai data komputer klien yang terpusat pada komputer server. Penggunaan SSD sebagai media penyimpanan data akan memaksimalkan performa dan kinerja komputer server.


Cara Kerja dari Server

Secara sederhana, server itu sendiri bekerja karena ada permintaan dari client.

Sebagai contoh untuk kasus web server, ketika Kamu membuka salah satu website di browser. Yang berarti komputer Kamu bertindak sebagai client yang meminta informasi pada web server. Kemudian web server tersebut memberikan isi dari website yang Kamu cari pada komputer Kamu.



Untuk contoh lain, seperti server FTP, mungkin akan sedikit berbeda. Di server FTP, Kamu dapat mengunggah dokumen atau data ke server FTP, sehingga dapat disimpan di server itu sendiri. Sebagai klien, Kamu memiliki hak untuk menyimpan data di server FTP.

Kemudian, jika ada orang lain yang menjadi anggota jaringan server dan ingin mengunduh data atau dokumen Kamu, server FTP akan menyediakan koneksi untuk klien lain. Secara umum, semua jenis server bekerja dengan menjalankan fungsi yang disebutkan sebelumnya, mulai dari melayani permintaan data dari klien hingga memberikan perlindungan pada komputer klien. Namun, untuk berbagai jenis server, hal-hal yang dilayani berbeda.

Demikian penjelasan tentang pengertian server, jenis-jenis server, fungsi-fungsi server beserta manfaatnya dan cara kerja server. Semoga artikel di atas membantu Kamu untuk lebih memahami dunia jaringan komputer dan konsep client-server di dalamnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter