Perbedaan Definisi Virus, Worm, Malware, Trojan dan Spyware


Beberapa hari belakangan ini cukup banyak orang yang mengalami komputer atau laptopnya lagi terserang oleh virus atau malware, yang akan mengakibatkan kerugian dan bahkan kehilangan file atau dokumen yang sangat penting yang terdapat didalam komputernya. Banyak orang awam yang mengatakan dengan istilah "Virus" pada komputernya diserang oleh kode jahat (Malware).

Dilihat dari definisinya, pada saat Kita lagi membicarakan soal kode jahat maka istilah yang sering digunakan atau biasanya disebut dengan Malware (Malicious Software) atau software jahat atau juga kode jahat. Berbicara mengenai kode jahat, maka ia akan meliputi seperti virus, worm, trojan, spyware, rootkit, adware, bots, backdoor, exploit, dan lain sebagainya. Banyak pula istilahnya yaa :v.

Secara umum, pada saat komputer terkena malware, maka dia akan secara cepat mengatakan bahwa komputernya terkena virus, meskipun sebenarnya komputernya terkena worm atau berbagai jenis malware lainnya. Nah berikut ini adalah penjelasan dari perbedaan Virus, Worm, Malware, Trojan, dan Spyware yang mungkin saja terdapat di dalam komputer yang sedang Kita gunakan :

1. Virus


Virus pada komputer merupakan Malware yang menginfeksi komputer dengan bantuan dari pihak ketiga untuk menjalankannya. Biasanya sih pihak ketiga itu adalah manusia (pemilik dari Komputer). Karena Virus tersebut tidak bisa secara otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer, namun harus ada bantuan dari pihak ketiga yaitu pengguna dari Komputer tersebut. Biasanya Virus memalsukan dirinya sebagai program, seperti .JPG, .doc, atau folder yang apabila diklik akan menjalankan Virus tersebut.

Dalam beberapa kasus, agar lebih menyakinkan pengguna Komputer tersebut untuk mengklik dirinya, seringkali dari pencipta dari Virus memalsukan Virusnya dalam bentuk (icon, ekstensi) sebagai gambar porno, file crack atau hal lain yang dapat menarik perhatian dari si pengguna Komputer untuk melakukan klik, sehingga Virus tersebut aktif.

2. Worm

Worm merupakan Malware yang dapat secara otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi komputer tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. Yang berarti, apabila worm sudah berada didalam Komputer / jaringan, maka ia akan secara otomatis menyebarkan dirinya dan berpindah ke Komputer lain didalam jaringan yang sama tanpa dapat dicegah oleh pengguna dari Komputer lain yang berada dalam jaringan tersebut.

Ada pertanyaan, jika worm dapat menyebarkan dirinya secara otomatis, lalu kenapa orang tidak membuat worm saja, kenapa malah membuat Virus yang harus membutuhkan bantuan dari pihak ketiga untuk mengaktifkan dirinya?

Agar worm bisa menginfeksi sebuah Komputer secara otomatis, ia mesti lebih pernah mengeksploitasi celah keamanan (vulnerability) berasal dari software (bisa jadi Windows, Office, atau software apapun yang secara umum  yang menjadi target dari sasaran).

Apabila celah keamanan (vulnerability) didalam jaringan sudah ditambal (patch) maka Worm tersebut tidak akan mampu untuk menginfeksi sebuah sistem jaringan Komputer lagi. Yang berarti, didalam sistem yang sudah ditambal (patch), malah Virus yang akan lebih mudah menginfeksi dari sistem jaringan Komputer dibandingkan dengan worm.

3. Malware

Malware atau Malicious Software merupakan software atau kode yang sengaja diciptakan bertujuan untuk melakukan kejahatan. Pada dasarnya malware itu adalah sebuah software atau program komputer. Namun yang membedakan malware dengan software adalah tujuan dan aksinya yang merugikan orang lain. Malware bisa saja mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan bahkan mencuri), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan orang lain.  

4. Trojan

Trojan ini sama seperti halnya film Troy, Trojan adalah kuda troya yang akan berpura-pura sebagai program yang berguna bagi pengguna Komputer (crack, game, atau program lainnya) yang pada saat diinstall kedalam komputer dapat melakukan kegiatan mata-mata seperti mencuri data, merekam ketukan keyboard dan mengirimkan ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer.

5. Spyware

Sama halnya juga seperti film 007, Spyware adalah program untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya Spyware diciptakan untuk memata-matai profil si pengguna komputer danmenampilkan adware (software penampil iklan / ad) sesuai dengan profil / minat pengguna komputer dimana setiap kali iklan tampil di komputer korbannya akan memberikan keuntungan finansial langsung bagi pembuat adware ini (pay per click).

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter