Perbedaan Iklan Sosial Media dengan Iklan Online Lainnya

Perbedaan Iklan Sosial Media dengan Iklan Online Lainnya

Semakin majunya dunia teknologi informasi yang berkembang pesat sekarang ini, sangat banyak memberikan perubahan perilaku dalam dunia bisnis. Salah satunya yang sangat jelas terlihat dalam dunia bisnis adalah munculnya teknik baru dalam hal pemasaran yang menggunakan jaringan internet.

Karena sudah ada banyak teknik yang muncul belakangan ini, maka pada akhirnya juga banyak orang yang malah kebingungan dengan teknik-teknik pemasaran yang ada.

Dua teknik ini seringkali dianggap sama oleh orang-orang pelaku bisnis antara "iklan sosial media" dan "digital marketing (iklan online lainnya)". Apabila dilihat dari jaringan yang digunakan, memang hampir kelihatan sama saja, karena dua-duanya menggunakan jaringan internet.

Iklan Sosial Media

Iklan Sosial Media adalah perencanaan dan pembelian iklan bergambar disitus web sosial seperti contoh Facebook, Twitter, Youtube, Instagram dan masih banyak lainnya. Iklan ini ditargetkan kepada pengguna tertentu, namun juga sifatnya pasif dikarenakan orang tidak secara aktif mencari informasi atau layanan bahwa merek tersebut tersedia.

Iklan Sosial Media terdiri dari postingan sosial media seperti konten dan diikuti dengan diskusi atau interaksi yang mendalam dan tepat waktu oleh pengikut pengiklan tersebut.

Social Media Marketing merupakan penggunaan iklan sosial media dan keterlibatan sosial media untuk mempromosikan suatu merek produk atau merek jasa. Pemasaran melalui sosial media mempunyai komponen berbayar dan tidak berbayar yang saling melengkapi dan membimbing calon pelanggan melalui cerita merek.

Digital Marketing

Sementara iklan online lainnya atau sebut saja Digital Marketing merupakan salah satu teknik berbisnis untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dengan menggunakan segala jenis saluran digital yang ada.

Digital Marketing memiliki 2 komponen penting yaitu menggunakan jaringan internet dan yang tidak menggunakan jaringan internet.

Untuk yang menggunakan jaringan internet dapat berupa Web, SEO, SEM, Mobile Marketer, Email Marketing dan juga Iklan Banner Online.

Untuk yang tidak menggunakan jaringan internet dapat berupa TV, Radio, SMS, dan Billboard Digital.

Melihat dari penjelasan yang diatas dapat dilihat kalau iklan sosial media itu termasuk kedalam digital marketing. Karena cakupan untuk digital marketing itu sangat luas ada yang melalui online dan ada yang tidak melalui online. Setelah melihat perbedaan tersebut, maka cara untuk melakukan teknik yang digunakan sudah pasti berbeda.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter