Apasih Perbedaan Antara Mobile Banking dan Internet Banking



Pernah gak sih Kamu, ingin mengecek informasi rekening tabungan atau ingin melakukan transaksi tapi rasanya mager kali buat pergi ke mesin ATM?

Seiring dengan majunya perkembangan teknologi saat ini, sekarang proses transaksi atau pun pengecekan saldo rekening dapat Kamu lakukan tidak perlu harus pergi ke mesin ATM terdekat.

Hal ini berkat adanya fitur teknologi yang bermanfaat seperti internet banking ataupun mobile banking yang dapat memenuhi kebutuhan perbankan Kamu, hanya dengan menggunakan Smartphone Android ataupun iOS.

Namun, apa Kamu sudah tahu, apa sih sebenarnya perbedaan antara internet banking dengan mobile banking? Yuk, langsung saja simak penjelasannya berikut dibawah ini.

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking


Keduanya ini sama-sama dijalankan dengan bantuan smartphone dan juga menggunakan koneksi internet, internet banking dan mobile banking ini seringkali dianggap sama oleh kebanyakan orang.

Nyatanya kedua fitur layanan perbankan ini sangat berbeda loh.

Nah, buat Kamu yang sedang penasaran dengan perbedaan keduanya, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai kedua fitur layanan teknologi banking tersebut.

Mobile Banking


Bukan hanya membutuhkan smartphone dan koneksi internet saja, mobile banking juga membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk melakukan proses transaksi maupun pengecekan informasi saldo rekening.

Untuk dapat menggunakan aplikasi mobile banking pada smartphone, Kamu harus terbih dulu melakukan registrasi m-banking dengan menggunakan nomor SIM-Card yang Kamu gunakan.

Selain kuota internet, ada juga beberapa bank yang masih ada membebankan biaya pulsa (untus pemberitahuan SMS) pada pelanggannya, pada saat melakukan transaksi melalui fitur layanan mobile banking.

Internet Banking


Jika pada mobile banking Kamu harus mendownload/menginstall aplikasi pihak ketiga terbih dulu untuk melakukan transaksi, hal itu tidak berlaku untuk internet banking loh.

Sesuai dengan namanya, internet banking hanya butuh koneksi internet yang sudah pasti harus lancar, untuk melakukan transaksi perbankan tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga dan juga bebas biaya pulsa.

Selain itu, apabila layanan mobile banking hanya dapat diakses dengan menggunakan smartphone, di internet banking Kamu dapat menggunakan berbagai jenis perangkat, misalnya laptop, tablet atau smartphone sehingga sangat memudahkan penggunanya.

Perbedaan yang paling mencolok adalah internet banking sangat memerlukan alat token yang fungsinya untuk melakukan otentikasi transaksi perbankan seperti transfer, pembayaran ataupun pembelian.

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking

Di balik beberapa fitur yang ditawarkan oleh mobile banking, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan yang akan Kamu temukan dari fitur layanan tersebut.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan fitur layanan teknologi mobile banking.

Kelebihan Mobile Banking

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan bagi Kamu untuk melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan mobile banking.

Beberapa kelebihan tersebut seperti yang akan dijelaskan dibawah ini :

1. Lebih Praktis

Kelebihan pertama yang langsung bisa Kamu rasakan ketika menggunakan mobile banking adalah "Lebih Praktis".

Untuk melakukan transaksi, Kamu hanya perlu membuka aplikasi mobile banking yang ada pada smartphone Kamu saja dan semua fitur sudah tersedia secara lengkap didalamnya.

2. Tidak Perlu Membeli Token

Jika di internet banking, Kamu harus membeli alat tambahan yang berupa token untuk melakukan otentikasi, maka di mobile banking hal tersebut sangat tidak diperlukan.

Kamu hanya membutuhkan PIN saja untuk masuk kedalam aplikasi dan sudah bisa langusng melakukan transaksi pebankan.

Kekurangan Mobile Banking

Bukan hanya kelebihannya saja yang ditawarkan oleh fitur layanan teknologi mobile banking, tetapi ada juga beberapa kekurangannya, berikut ini penjelasannya.

1. Beberapa Bank Membebankan Biaya Pulsa

Berbeda dengan internet banking yang hanya membutuhkan koneksi internet yang lancar saja, pada mobile banking masih ada beberapa bank yang membebankan biaya pulsa untuk pemberitahuan SMS kepada penggunanya.

Hal ini tentu saja akan menghambat proses transaksi bagi Kamu yang sedang buru-buru.

2. Rentan Terhadap Serangan Virus

Salah satu kekurangan dari layanan mobile banking yang sangat beresiko bagi yang menggunakannya adalah rentan terhadap serangan hacker dan virus.

Ada risiko dimana smartphone Kamu terkena virus dan hal itu sangat memungkinkan bagi para hacker untuk mencuri informasi perbankan Kamu lewat aplikasi mobile banking yang Kamu gunakan.

Oleh karena itu, Kamu harus tetap hati-hati dan waspada yak. Saran saya, apabila Kamu ingin mengakses aplikasi mobile banking jangan menggunakan jaringan Wi-Fi umum.

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking

Sama halnya dengan mobile banking, internet banking juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan untuk penggunanya.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari fitur layanan teknologi internet banking yang dapat Kamu nikmati.

1. Dapat Diakses Kapan Saja dan Dimana Saja

Salah satu kelebihan dari internet banking yang sangat menonjol adalah pengguna dapat dengan mudah mengakses internet banking dari berbagai jenis perangkat, kapan saja dan juga dimana saja.

Dan tentu saja Kamu harus memiliki koneksi internet yang tersambung, agar dapat melakukan proses transaksi perbankan Kamu.

2. Bebas Biaya Pulsa

Berbeda dengan mobile banking yang menitik bebankan biaya pulsa untuk pemberitahuan SMS transaksi yang dilakukan. Di internet banking hanya dengan mengandalkan koneksi internet, maka penggunaan layanan internet banking ini akan terbebas dari biaya pulsa.

Meskipun Kamu tidak memiliki pulsa, hanya tersambung ke jaringan internet saja, maka Kamu dapat melakukan transaksi internet banking.

3. Sistem Perlindungan yang Berlapis

Kelebihan selanjutnya dari fitur layanan teknologi internet banking ini adalah sistem perlindungannya yang berlapis.

Hal ini disebabkan penggunaan token sebagai alat otentikasi, pada saat melakukan transaksi perbankan, pembayaran, ataupun pembelian.

Kekurangan Internet Banking

Selain memiliki kelebihan, internet banking juga memiliki kekurangan.

1. Rentan Terhadap Pencurian Data

Walaupun sudah memiliki sistem perlindungan yang berlapis, internet banking juga memiliki kerentanan terhadap pencurian data yang dilakukan oleh para hacker.

Pencurian data pada internet banking biasanya dilakukan melalui teknik phising yang sulit untuk dikenali oleh orang awam.

Fitur Layanan Mobile Banking

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh sejumlah layanan teknologi mobile banking adalah berikut ini:

1. Transfer Dana

Transfer dana dilayanan mobile banking memungkinkan Kamu untuk melakukan transfer ke antar rekening ataupun antar bank lain.

Tetapi, untuk melakukan transfer antar bank lain, Kamu akan dikenakan biaya administrasi yang jumlah besarannya berbeda-beda loh.

2. Pembayaran

Dengan menggunakan mobile banking, Kamu juga dapat melakukan pembayaran seperti tagihan listrik, BPJS, kartu kredit, TV kabel dll.

Hal ini sangat membantu Kamu, agar tidak perlu susah payah pergi lagi ke kantor cabang terdekat untuk melakukan pembayaran tiap bulannya.

3. Pengecekan Saldo dan Mutasi

Bagi Kamu yang suka penasaran dengan saldo yang ada direkening tabungan Kamu, dengan menggunakan aplikasi mobile banking, hal ini dapat dilakukan dengan mudah.

Dengan fitur ini, Kamu dapat mengetahui detail uang yang keluar ataupun yang masuk pada rekening Kamu.

4. Pengecekan Kurs dan Suku Bunga Terkini

Fitur lain yang juga ditawarkan oleh layanan mobile banking adalah memungkinkan Kamu untuk mengecek kurs valuta asing dan juga informasi suku bunga terkini loh.

Fitur Layanan Internet Banking

Beberapa fitur yang umum ditawarkan layanan teknologi internet banking ini adalah sebagai berikut :

1. Transfer Dana

Dengan menggunakan layanan internet banking, Kamu dapat melakukan transfer dana antar rekening maupun antar bank lain, dan daftar transfer yang terjadwal.

2. Pembayaran

Untuk fitur layanan pembayaran, Kamu dapat membayar berbagai tagihan misalnya internet rumah, kartu kredit, air, angsuran, TV kabel dll.

3. Informasi Saldo

Internet banking juga mempunyai fitur yang dapat melakukan pengecekan informasi saldo rekening seperti tabungan, GIRO atau deposito, serta pengecekan mutasi rekening dan juga transaksi kartu kredit.

4. Pembelian

Bukan hanya melakukan pembayaran saja, Kamu juga dapat melakukan pembelian beberapa product digital seperti pulsa maupun saham loh.

Sekian perbedaan antara mobile banking dan internet banking saat ini. Jadi jangan lagi menganggap kalau kedua fitur layanan teknologi perbankan itu sama lagi, yak!

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Kaliannn guysss..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter