Skip to main content

Cara Mendownload dan Menginstall Aplikasi Di Smartwatch

Cara Download dan juga Install Aplikasi di Smartwatch Kamu - Apakah Kamu baru saja membeli sebuah smartwatch atau bisa juga disebut jam tangan pintar? Kalau hal ini baru pertama kalinya Kamu mempunyai smartwatch, tentu saja Kamu akan merasa bingung dengan cara mengoperasikan atau menggunakan smartwatch tersebut, apalagi Kamu ingin mendownload dan juga menginstall aplikasi di smartwatch Kamu.



Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara download dan juga menginstall sebuah aplikasi di smartwatch Kamu, bisa dengan berbagai cara misalnya melalui Smartphone, Komputer dan juga download langsung dari perangkat smartwatch Kamu sendiri. Pada kali ini saya akan membahas smartwatch besutan dari Google yaitu Wear OS.

Dengan menambahkan sebuah aplikasi ke smartwach Kamu, tentu nya akan membuat pengalaman dari Wear OS yang Kamu miliki menjadi jauh lebih kaya dan juga memungkinkan Kamu untuk dapat mengakses opsi tanpa batas dari Google Play Store.

Pada saat pertama kali Kamu mengatur smartwatch Wear OS, Kamu akan mendapati opsi atau pilihan untuk mentransfer semua aplikasi dari smartphone Kamu secara otomatis. Namun, hal itu bukan satu-satunya cara yang dapat Kamu gunakan untuk mendownload dan juga menginstall aplikasi di smartwatch Kamu.

Dengan Google Play Store tersedia langsung di smartwatch Kamu dan Kamu juga dapat mendownload dan menginstall aplikasi dari Google Play tanpa perlu bantuan dari smartphone Kamu, sehingga Kamu hanya perlu melakukan pencarian lalu install aplikasi tersebut di smartwatch tersebut sama halya seperti install aplikasi di smartphone Kamu.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara untuk mendownload dan juga menginstall aplikasi di smartwatch Kamu :

1. Pastikan Smartwatch Wear OS Kamu Terhubung

Apabila Kamu menjalankan perangkat lunak Wear OS terupdate atau terbaru, Ada dua cara untuk download dan juga install aplikasi yang Kamu butuhkan yaitu dengan cara melalui dari komputer Kamu atau melalui dari smartwatch Kamu langsung.

Apapun yang Kamu pilih, perangkat Kamu harus terhubung ke Wi-Fi dulu. Agar smartwatch Kamu terhubung dengan koneksi Wi-Fi, silahkan Kamu pilih menu Settings -> Connectivity -> Wi-Fi. Dan juga konekkan dengan jaringan internet Kamu agar smartwatch tersebut dapat Online.


2. Install Aplikasi Jam Tangan Wear OS dari Komputer Kamu

Menjelajahi daftar aplikasi di Google Play Store tentu saja akan lebih mudah dengan menggunakan web browser dibandingkan dengan yang lain, dan Google sendiri sudah memasang bagian Wear OS khusus di Play Store.

Klik pada aplikasi yang ingin Kamu download dan install di smartwatch Kamu, dan pilih "Install" kemudian Kamu akan melihat smartwatch Kamu muncul sebagai perangkat tujuan, selama aplikasi tersebut diupdate untuk Wear OS 2.0 atau lebih tinggi lagi. Apabila tidak, Kamu harus mengirim ke smartphone Kamu.


3. Install Langsung Aplikasi Wear OS dari Smartwatch Kamu

Bisa saja langsung dengan memuat Google Play Store dari smartwatch Wear OS Kamu dan mencari langsung aplikasi disana, walaupun cara ini lumayan agak sulit karena ukuran dari layar smartwatch sangatlah kecil.

Kamu juga dapat mencari aplikasi tertentu dengan cara menelusuri atau menjelajahi kategori, dan pada saat Kamu melihat aplikasi yang ingin Kamu download juga ingin Kamu install di smartwatch Kamu, Kamu hanya perlu memilih aplikasi lalu pilih pilihan "Install".


4. Memindahkan Aplikasi dari Smartphone ke Smartwatch Kamu

Apabila Kamu sudah memiliki aplikasi yang ingin Kamu download dan juga install di Smartphone Kamu, bukan berarti Kamu harus mendownload dan menginstall nya lagi di smartwatch Kamu.

Kamu hanya perlu masuk ke gudang aplikasi Google Play Store dan silahkan scroll ke bawah dari layar depan kemudian Kamu akan melihat tajuk bertanda Aplikasi di Smartphone Kamu. Hal ini dikarenakan semua aplikasi di Smartphone Kamu memiliki aplikasi pendamping Wear OS, yang bisa Kamu download dan juga install dengan cara menkan disalah satu tombol sebelah kanan untuk di install di smartwatch Kamu.


5. Mengontrol Notifikasi dari Aplikasi

Mungkin saja Kamu tidak menginginkan notifikasi dari setiap aplikasi di Smartphone Kamu muncul juga di Smartwatch Wear Os Kamu.

Untuk melakukan perubahan pada pengaturan notifikasinya, silahkan Kamu buka aplikasi Wear OS, kemudian scroll kebawah dan pilih "Notifications" lalu pilih "Change Watch Notifications". Kamu juga bisa mengatur aplikasi mana saja yang ada di Smartphone Kamu yang dapat ataupun tidak dapat meminta untuk menampilkan notifikasinya.



Itulah cara mudah untuk mendownload dan juga menginstall aplikasi di Smartwatch Wear OS Kamu melalui Smartphone, Komputer ataupun langsung dari Smartwatch Kamu. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan juga dapat membantu Kamu dalam hal mendownload dan menginstall aplikasi di Smartwatch Kamu, Selamat Mencoba nya :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar