Skip to main content

10 Ide Bisnis Menjanjikan Bagi Anak Kuliahan Tahun 2020

Masa kuliah merupakan masa-masa yang sangat menyenangkan dan bebas dalam melakukan banyak hal, karena pada saat kuliah kebanyakan Kita jauh dari orang tua dan harus ngekos di kota lain. Pada saat memulai bangku perkuliahan, disinilah kebanyakan seorang anak mulai berpikir tentang masa depannya dan kesuksesannya suatu saat nanti. Baik itu menjadi seorang karyawan yang profesional di suatu perusahaan ternama atau menjalankan suatu bisnis.

Pada saat masa perkuliahan juga masa-masa dimana Kita sering mempunyai keinginan untuk bekerja agar mendapatkan penghasilan tambahan selain mendapatkan kiriman dari orang tua. Ada juga yang melamar kerja untuk part time, ada juga yang mengambil kelas karyawan dan ada juga yang melakukan bisnis sampingan.



Sebagai anak kuliahan, Kamu sebaiknya belajar untuk memulai bisnis dari sekarang, karena hal ini dapat meningkatkan pengalaman Kamu pada saat sudah lulus kuliah nanti dan juga pilihan menjalankan bisnis juga lebih enak jika dibandingkan Kamu harus bekerja dengan part time karena akan lebih menguras waktu dan lupa dengan kewajiban yang paling utama yaitu belajar agar cepat lulus. Menjalankan bisnis dapat menjadi pilihan yang sangat baik karena waktu yang sangat efisien dan fleksibel. Kamu sendiri yang menentukan kapan harus melakukan bisnis tersebut.

Pada artikel ini, Saya akan memberikan Kamu ide bisnis yang mudah dan gak begitu rumit sebagai anak kuliahan dan yang paling penting nya lagi, tidak mengganggu jadwal perkuliahan Kamu.

1. Jualan Online

Jualan Online merupakan bisnis yang dapat dilakukan oleh siapa aja dan juga ruang lingkupnya begitu luas. Kamu dapat menjual apa saja dengan sangat mudah, dikarenakan ada begitu banyak toko online yang dapat memberikan Kamu kebebasan untuk menjual suatu produk ditoko online mereka, Kamu juga bisa berjualan online secara gratis di Market Place yang berskala besar sperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya. Dan juga juga Kamu bisa memanfaatkan sosial media layaknya Instagram dan Facebook.

Bisnis berjualan online yang dapat Kamu lakukan sebagai anak kuliahan yaitu seperti menjual pakaian, sepatu, produk kecantikan dan juga aksesoris. Kamu dapat meluangkan waktu dihari libur untuk pergi ke pasar besar atau Kamu juga dapat mencari distributor di kota Kamu kuliah untuk mencar produk-produk murah dan yang pasti berkualitas dan kemudian Kamu dapat menjualnnya secara online. Apabila Kamu sudah menemukan suatu barang/produk yang berkualitas dan juga harganya tidak begitu mahal alias murah, tidak ada hal yang mustahil bagi Kamu sebagai anak kuliahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan jutaan rupiah dengan berjualan online dan juga tidak begitu mengganggu jadwal perkuliahan Kamu.

2. Dropship

Dropship juga merupakan sebuah pilihan yang bagus juga sebagai ide bisnis untuk Kamu anak kuliahan bahkan juga tanpa bermodal, karena dropship ini merupakan jenis bisnis yang membantu menjualkan produk/barang dari orang lain. Kamu sebagai anak kuliahan tentu perlu untuk melakukan hal yang satu ini. Yang perlu Kamu lakukan adalah menemukan barang/produk dari penjual lain dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk sukses didalam bisnis dropship ini adalah bagaimana cara Kamu untuk melakukan promosi dari suatu produk tersebut. Kamu juga harus lebih giat melakukan promosi diberbagai media sosial atau grup chat Kamu untuk mendapatkan para pembeli.

Kelebihan dari dropship ini adalah Kamu tidak perlu untuk membeli atau menyetok barang, tidak perlu melakukan pengemasan untuk pengiriman barang kepada pembeli. Semuanya itu dilakukan oleh pemilik produk utama.

3. Jualan Laptop Bekas

Kita semua tahu bahwa sebagian besar anak kuliah sangat membutuhkan laptop untuk membantu dalam mengerjakan tugas perkuliahan atau untuk kebutuhan lainnya. Hal ini menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi Kamu yang masih duduk dibangku perkuliahan untuk menjalan bisnis ini, Kamu harus memiliki banyak teman dan juga relasi yang begitu besar dibandingkan orang lain.

Kamu juga dapat membeli laptop bekas yang masih bagus lalu Kamu dapat menawarkannya pada teman-teman Kamu lainnya, walaupun pada awalnya untuk melakukan bisnis ini lumayan susah, tapi apabila Kamu sekali mendapatkan pembeli dan mereka puas dengan laptop yang Kamu jual. Kamu akan mendapatkan pembeli secara berkelanjutan, dikarenakan Kamu akan mendapatkan promosi barang yang langsung yaitu dari mulut ke mulut teman Kamu.

Bukan hanya itu saja, Kamu juga dapat menjual laptop bekas ini secara online juga dengan mudah di Market Place seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya, Kamu juga dapat menjualnya melalui grup Whatsapp dan juga di sosial media.

4. Menjadi Guru Les Private

Jika Kamu sebagai anak kuliahan yang lumayan pintar, Kamu dapat memanfaatkan kepintaran Kamu sendiri dengan menjadi pengajar les private disekitar tempat kosan Kamu. Kamu juga dapat menawarkan diri untuk mengajar anak-anak SD, SMP atau bahkan SMA dengan keahlian yang Kamu miliki. Selain itu, Kamu juga dapat menawarkan jasa menjadi guru pengajar les private Kamu ini pada teman-teman satu kampus Kamu, yang asli anak dari daerah tersebut untuk menjadi guru pengajar les private dari keponakan, saudara atau bahkan adik-adik dari teman Kamu.

Karena sekarang ini adalah zaman modern serba menggunakan teknologi, Kamu juga dapat menjadi guru les private dengan cara online. Cari saja di internet, Kamu akan menemukan situs-situs yang akan memberikan Kamu peluang menjadi seorang guru les private secara online dengan mudah dan Kamu juga dapat menjadikan ini sebagai ide bisnis untuk anak kuliahan yang berpenghasilan lumayan.

5. Jasa Service Komputer dan Laptop

Untuk menjalankan bisnis yang satu ini, tentunya Kamu harus mempunyai keahlian tentang memperbaiki komputer dan laptop. Baik itu bagian software maupun hardware. Seperti yang sudah Saya jelaskan, pada ide bisnis ketiga diatas bahwa anak kuliahan sudah diwajibkan atau dipastikan untuk mempunyai laptop. Dan hal ini merupakan kesempatan yang bagus untuk menawarkan jasa service laptop pada teman-teman Kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai uang saku.

Kebanyakan kasus yang terjadi pada laptop anak kuliahan adalah laptop mereka mengalami kerusakan dibagian software, Kamu dapat mempelajari cara menginstall ulang laptop dan membersihkan virus, mem-backup document mereka dan lain sebagainya. Karena kerusakan kebanyakan laptop anak kuliahan yang terjadi adalah pada bagian tersebut.

Dan apabila kerusakannya terjadi pada bagian hardware, Kamu dapat memperbaiki sendiri atau mengganti perangkat mana yang rusak. Namun apabila itu kelihatan sulit, Kamu juga dapat menerima itu dan kemudian Kamu dapat membawanya pada tukang service langganan Kamu dan mendapatkan untung dari itu. Kamu juga harus bekerjasama dengan tukang service tersebut untuk memberikan harga terjangkau sebagai mitra bisnis.

6. Membuat Blog

Buatlah blog pada saat Kamu memulai duduk dibangku perkuliahan, kenapa harus begitu? Karena membuat blog yang sukses dan mendapat penghasilan tidak berjalan dalam waktu satu atau dua bulan, melainkan Kamu mungkin menikmati hasil dari kerja keras ngeblog Kamu pada tahun kedua. Membuat blog tidak hanya membutuhkan modal yang banyak, Kamu hanya perlu membeli domain dan menyewa hosting yang murah di Indonesia lalu buat blog dengan platform gratis seperti WordPress. Atau Kamu juga dapat membuat blog gratis dengan menggunakan platform blogger yang merupakan suatu layanan milik dari Google dan Kamu hanya perlu untuk membeli domain saja.

Gunakan waktu luang diluar jadwal perkuliahan untuk membuat artikel yang berkualitas selama satu tahun dan Saya dapat memastikan Kamu akan mendapatkan hasil yang besar ditahun berikutnya apabila Kamu bersungguh-sungguh dan konsisten untuk memberikan konten tulisan yang berkualitas.

Dalam dunia blogging ini Kamu dapat mendapat penghasilan uang dari berbagai macam cara seperti mendaftarkan blog di Google AdSense, mengikuti program afilasi atau bisa saja memberikan slot untuk penempatan iklan mandiri yang dapat Kamu sewakan untuk bulanan ataupun tahunan.

7. Menjadi Seorang Youtuber

Hal ini adalah bisnis lain yang sangat begitu populer dan sering menjadi pilihan dari anak-anak yang sedang kuliah. Dengan memanfaatkan smartphone dan laptop Kamu untuk membuat konten video yang bermanfaat dan kemudian upload video ke channel Youtube Kamu. Kamu juga dapat mengeluarkan modal lain untuk membeli kamera yang bagus untuk kualitas dari video dan juga mic untuk perekam suara agar lebih jeas.

Untuk menjadi seorang Youtuber yang sukses sebagai anak kuliahan, Kamu dapat mengajak teman-teman Kamu untuk bekerjasama dalam melakukan pekerjaan pembuatan konten video, dengan membuat team, Kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan semuanya misalnya seperti pengambilan video, editing video, ide konten lain dan juga masih banyak lagi. Apabila Kamu membuat konten dengan serius dan konsisten, Saya memastikan Kamu dengan cepat akan mendapatkan penghasilan uang yang banyak dari Youtube.

8. Jasa Desain dan Edit Foto

Apakah Kamu mempunyai keahliahan dalam desain atau mengedit foto? Jika iya, bersyukurlah karena hal ini dapat menjadi peluang yang terbaik untuk ide bisnis anak kuliahan seperti Kamu. Ada begitu banyak sekali peluang yang dapat dihasilkan dengan jasa desain ataupun edit foto ini, yang dapat Kamu tawarkan melalui berbagai macam website ataupun media sosial dan ini dapat mencakup pelanggan dari dalam dan juga luar negeri karena jasa ini Kamu hanya membutuhkan skill dan tidak diperlukan pengiriman barang atau hal lainnya yang rumit.

Jasa desain ini dapat berupa desain logo, desain T-Shirt, desain template berbagai kebutuhan, desain undangan dan masih banyak lagi jenis desain yang dapat Kamu tawarkan. Lakukan saja pendaftaran di situs web freelance baik di Indonesia ataupun luarnegeri dan tunggu hasilnya.

Banyak juga orang yang membutuhkkan skill kelebihan mengedit foto, dimana Kamu dapat menampilkan karya editan foto Kamu di Instagram ataupun Facebook. Apabila hasil editan foto Kamu mempunyai kualitas yang tinggi, maka akan sangat mudah untuk mendapatkan pelanggan untuk menggunakan jasa edit foto Kamu.

9. Menjadi Penulis Artikel

Selain daripada Kamu untuk menulis artikel untuk blog Kamu sendiri, sambilan menunggu blog Kamu tumbuh dan berkembang. Kamu dapat memanfaatkan waktu lainnya menjadi penulis artikel untuk blog-blog lain. Kamu juga dapat menawarkan jasa Kamu pada forum-forum blogger di Facebook untuk menulis artikel.

Menurut saya sendiri, ada banyak orang yang menawarkan jasa menulis artikel ini dengan harga 20 ribu sampai 100 ribu dengan jumlah kata tertentu. Cara untuk berhasil menjadi penulis artikel ini adalah kualitas dan tingkat kreatif Kamu dalam membuat artikel. Sekali Kamu mendapatkan pelanggan dan Kamu berikan tulisan yang bagus dan berkualitas, dijamin mereka akan kembali pada Kamu. Jangan pernah membuat tulisan sampah, karena itu tentu saja sangat mengecewakan mereka dan pasti tidak bakalan mau lagi menggunakan jasa tulis artikel Kamu lagi.

10. Menjadi Fotografer

Hanya dengan bermodalkan kamera saja, dan hasil bidikan yang bagus disertai dengan kemampuan editing foto yang luar biasa, Kamu akan dengan mudah untuk mendapatkan penghasilan dari ide bisnis ini sebagai anak kuliahan. Dengan meluangkan waktu untuk belajar editing foto dan teknik pengambilan gambar yang baik dan benar sebelum menawarkan jasa Kamu sendiri.

Kamu juga harus meluangkan waktu untuk melakukan hunting ke tempat tempat yang indah untuk memperbanyak portfolio sebagai penarik perhatian untuk calon pelanggan Kamu. Dengan keahlian Kamu yang sudah layak untuk dijual ini, saya yakin Kamu dapat dengan mudah untuk mendapatkan pelanggan baik dari teman sosial media Kamu, teman kuliah, lingkungan sekitar atau bahkan dari dosen-dosen Kamu sendiri untuk menggunakan jasa fotografer yang sudah Kamu kuasai.

Nah, itulah 10 ide bisnis yang dapat Kamu jalankan pada masa perkuliahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan semua ide bisnis tersebut dapat Kamu jalankan sampai Kamu lulus kuliah nanti dengan penghasilan yang Luar biasa. Pastikan terlebih dahulu, agar Kamu sukses dalam menjalankan ide bisnis untuk anak kuliahan ini adalah ketekunan untuk Kamu belajar dan mencari produk atau barang yang berkualitas. Kunci keberhasilan dari ide bisnis ini adalah kepuasan dari para pelanggan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berdoa sehingga bisnis Kamu berjalan dengan baik, sukses dan juga kewajiban kuliah Kamu tidak akan terganggu. Sehingga dapat membanggakan orang tua Kamu yang sedang jauh dari Kamu. Selamat mencoba nya dan semoga sukses.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar