Ads 720 x 90

6 Rekomendasi Smartphone Bagi Pengguna Orang Tua Lansia Tahun 2020

Dengan munculnya teknologi internet dan teknologi smartphone yang berkembang sangat pesat, semua orang baik itu dari kalangan anak muda hingga orang tua yang sudah lanjut usia (lansia) ingin menggunakan smartphone ditangan mereka masing-masing. Bukan hanya untuk memungkinkan mereka berkomunikasi baik telepon suara maupun telepon video dengan anak yang diperantauan atau keluarga mereka masing-masing, akan tetapi juga memungkinkan untuk melihat keadaan cuaca, mengorder pesanan makanan, memeriksa kesehatan mereka bahkan untuk menonton video layaknya Youtube dan masih banyak lagi.



Namun, dengan adanya teknologi smartphone baru yang hadir dengan kompleksitas tambahan, oleh karena itu orang tua yang sudah lanjut usia mengalami kesulitan untuk mengoperasikan perangkat smartphone tersebut. Jadi, dalam artikel kali ini, saya memberikan rekomendasi bagi Kamu daftar smartphone yang cocok untuk digunakan oleh orang tua yang sudah lanjut usia, agar dapat dengan mudah dipahami dan juga digunakan oleh mereka.

Smartphone yang Cocok untuk Digunakan Orang Tua Lanjut Usia di Tahun 2020
Disini, saya akan merekomendasikan 6 jenis smartphone yang dirancang khusus bagi orang tua yang sudah lanjut usia. Saya akan merekomendasikan perangkat smartphone yang sudah dilengkapi dengan tombol home fisik yang akan mudah digunakan oleh orang tua yang sudah lanjut usia. Mari lihat 6 daftar smartphone yang akan saya rekomendasikan dibawah ini :

1. iPhone 6S / SE


Apabila Kamu mencari perangkat smartphone yang cocok untuk orang tua lansia, iPhone 6S / SE ini dapat menjadi pilihan yang ideal. Ya, iPhone adalah perangkat yang ramah bagi orang tua dengan antarmuka yang begitu sederhana dan tombol home fisik. Tidak menjadi masalah dimana Kamu akan tersesat ditelepon seluler, cukup dengan menekan tombol home dan Kamu akan kembali ke beranda sebelumnya. Selain dari itu, iPhone juga merupakan salah satu perangkat yang paling aman serta dilengkapi dengan perlindungan dari pembajakan iklan dan juga serangan berbagai virus. Jadi, orang tua yang sudah lansia tidak akan disesatkan oleh iklan scammy maupun link jahat.

Selain itu, perangkat iPhone juga dikenal mempunyai beberapa fitur aksesibilitas yang sangat baik. Mulai dari Accessbility Settings, Kamu dapat melakukan pengaturan font yang lebih besar agar dapat dengan mudah dibaca, membuat User Interface (UI) sedikit lebih gampang digunakan, mengurangi transparansi dan masih banyak hal lainnya. Kamu juga dapat membuat perubahan pada keseluruhan UI dan juga ukuran keyboard yang lebih besar dari pengaturan Display. Hal ini sangat membantu orang tua yang sudah lansia dengan mudah menggunakan melalui UI yang begitu nyaman. Sekarang, yang menjadi pertanyaan, iPhone manakah yang harus Kamu beli untuk orang tua yang sudah lansia? Ya, saya merekomendasikan bagi Kamu untuk membeli iPhone 6 / SE. Keduanya merupakan perangkat yang paling cepat dan ditampung oleh chip A9 dan juga masih banyak dilengkapi dengan jack headphone, dan yang sangat penting adalah harganya sekarang ini sudah tidak mahal lagi alias murah.

Jika Kamu tidak menyukai headphone, Kamu dapat mencari iPhone 8 yang keluaran baru atau menunggu iPhone SE 2 baru (iPhone 9) yang akan membawa faktor bentuk yang sama dengan internal yang sudah ditingkatkan. Secara keseluruhan, sya menjadikan iPhone ini menjadi perangkat smartphone yang sangat cocok bagi pengguna orang tua yang sudah lanjut usia.

2. Nokia 2


Nokia 2 juga merupakan smartphone yang cocok untuk pengguna orang tua yang sudah lanjut usia yang hanya ingin menggunakan HP-nya untuk telepon, menerima dan mengirim pesan, dan juga foto. Nokia 2 ini juga didukung dengan sistem operasi Android GO juga merupakan versi standar Android Stock. Jadi, smartphone ini cukup baik dan memiliki kekacauan yang jauh lebih sedikit daripada yang biasanya Kamu temukan dibanyaknya perangkat Android. Dan bagian yang menariknya adalah Kamu dapat meningkatkan ukuran UI keseluruhannya menyesuaikan layar pada home atau beranda dan juga dapat membuat pintasan kontak biasanya hanya dalam satu ketukan saja.

Karena Nokia 2 menggunakan sistem operasi Android, Kamu juga memiliki pilihan yang dapat dikustomisasi pada tampilan. Selain itu, perangkat smartphone ini juga tidak ketinggalan fitur pada smartphone lainnya. Kamu masih dapat menginstall atau mengunduh aplikasi Android standar, namun kemungkinan akan memperlambat perangkat tersebut. Dengan begitu, Nokia 2 adalah smartphone yang sudah dibangun dan dirancang dengan baik agar menjadi pilihan yang cocok untuk pengguna orang tua yang sudah lanjut usia.

3. Samsung Galaxy J7


Samsung Galaxy J7 ini adalah smartphone favorit pribadi saya dalam daftar rekomendasi smartphone yang cocok bagi pengguna orang tua ini, saya akan memberitahu Kamu alasannya. Smartphone khusus bagi pengguna orang tua yang sudah lanjut usia, smartphone Android standar adalah proposisi yang jauh lebih baik. Hal itu dikarenakan, semua perangkat smartphone Samsung, dan khususnya Galaxy J7 hadir dengan Mode Praktis yang sudah tertanam didalam sistem. Dengan mengaktifkan Easy Mode, perangkat akan berubah menjadi versi smartphone yang disederhanakan dengan tampilan layar beranda bebas dari kekacauan dan item-item dilayar juga lebih besar.

Dalam mode ini juga pembesaran layar diatur ke maksimum sehingga bukan hanya layar beranda saja, tetapi juga aplikasi akan terlihat jauh lebih besar dan akan sangat mudah dibaca. Terlebih lagi Samsung Galaxy J7 hadir dengan tombol home fisik yang sangat membantu untuk pengguna orang tua yang sudah lanjut usia. Selain itu, perangkat ini cukup kuat untuk penggunaan sehari-hari dengan dukungan jaringan LTE atau biasa disebut dengan jaringan 4G, kamera nya juga bagus, dan masih banyak hal lainnya. Sederhananya, Easy Mode pada smartphone Samsung Galaxy J7 ini sangat bagus dan Kamu harus menggunakan fitur tersebut bagi pengguna orang tua yang sudah lanjut usia.

Apabila Kamu menginginkan sesuatu yang lebih premium dengan smartphone kamera terbaik dan juga layar yang lebih besar, Kamu dapat menggunakan Samsung Galaxy S9 yang harganya akan lebih mahal.

4. Motorola Moto E5


Motorola Moto E5 bisa juga menjadi perangkat smartphone yang cocok bagi orang tua yang sudah lanjut usia. Muncul dengan Android Stock yang berarti Kamu akan mendapatkan pengalaman bersih dengan desain yang konsisten serta UI yang minimal. Tentu saja, hal ini tidak memiliki Mode Praktis layaknya smartphone Samsung Galaxy J7 yang diatas, akan tetapi Kamu mendapatkan pengalaman yang serupa dengan menyesuaikan beberapa  Accessbility Settings. Sekarang ini, Android telah memperoleh pilihan aksesibilitas yang sangat luar biasa dan dapat membantu Kamu dalam menggunakan perangkat smartphone dengan mudah. Fitur seperti ukuran layar, ukuran tulisan dan teks yang kontras tinggi dapat membuat konten dibaca dengan mudah dilayar tampilan.

Selain itu juga, Kamu juga dapapt menginstall launcher yang cocok bagi pengguna orang tua yang sudah lansia untuk menyederhanakan tampilan beranda dengan tindakan satu ketukan. Motorola Moto E5 ini juga merupakan perangkat yang sangat ideal dengan software yang tidak terlalu rumit dan Kamu juga harus mempertimbangkan untuk membeli perangkat ini bagi orang tua yang sudah lanjut usia karena harganya tidak begitu mahal.

5. Honor 8A


Honor 8A adalah suatu perangkat smartphone yang saya rekomendasikan dalam daftar ini bagi pengguna orang tua yang sudah lanjut usia. Hampir mirip dengan perangkat Samsung, Honor 8A hadir dengan Simple Mode dimana seluruh UI sepenuhnya dirancang untuk membuatnya mudah dibaca dan juga direkomendasikan bagi pengguna orang tua yang sudah lanjut usia. Dengan pembaharuan sistem EMUI 10 terbaru, Simple Mode bakan lebih baik dengan menu seperti kartu ditampilan beranda. Selain aplikasi, pesan, kontak yang ada ditampilan beranda, Kamu juga dapat menambahkan beberapa fungsi seperti pintasan panggilan 911, obor dan masih banyak hal lainnya.

Lebih lanjut dengan Honor 8A, hal ini memungkinkan Kamu untuk menyesuaikan Simple Mode ketingkat yang lebih tinggi ketika Honor 8A dikirimkan dengan Android Pie. Ini memiliki semua fitur aksesibilitas yang terbaru untuk dapat Kamu gunakan. Pada saat menjalan sistem operasi android ibawahnya, Kamu mendapatkan semua fitur smartphone dan juga tanpa kelalaian. Tidak perlu merasa khawatir, smartphone Honor 8A ini sudah mempunyai sertifikasi Google dan Kamu dapat menggunakan semua aplikasi google tanpa adanya masalah.

6. Google Pixel 3A


Jika Kamu mau mengeluarkan uang sedikit lebih banyak, Kamu juga dapat memilih Google Pixel 3A. Smartphone ini adalah perangkat dari Google sendiri dan dapat menjadi pilihan yang ideal bagi pengguna orang tua yang sudah lanjut usia. Fitur utama dari smartphone ini adalah bagian kameranya, namun alasan saya merekomendasikan smartphone ini untuk orang tua yang sudah lanjut usia adalah karena pengalaman androidnya yang lebih bersih. Dari aplikasi ke tampilan beranda, semuanya bebas dari masalah dan Kamu juga bisa menyesuaikan perangkat hingga tingkat tinggi. Smartphone ini dibangun oleh Google sendiri dan Kamu dapat dengan mudah mendapatkan update terbaru untuk sistemnya sehingga smartphone Kamu aman dan juga terlindungi dari berbagai serangan malware.

Sederhananya, Kamu tidak perlu merasa khawatir tentang kemanan dari smartphone ini. Selain itu perangkat smartphone ini menjalankan sistem operasi Android 10 terbaru sehingga Kamu mendapatkan fitur bantuan dan Google Asistant yang bagus. Tetapi, jika Kamu ingin membuat tampilan beranda lebih simpel dan sederhana, Kamu dapat menginstal aplikasi Launcher pihak ketiga yang akan saya bahas dibawah ini.

Kesimpulannya, apabila Kamu menginginkan Smartphone Android bagi pengguna orang tua yang sudah lanjut usia, yang sangat dekat dengan iPhone dalam hal kesederhanaan dan keamanan yang lebih ketat, maka Google Pixel 3A merupakan pilihan yang ideal.

Launcher Bagi Pengguna Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia

Ada beberapa perangkat dari smartphone Samsung dan Honor yang menawarkan MODE bawaan untuk membuat sistem operasi lebih sederhana dan mudah untuk digunakan. Akan tetapi, beberapa perangkat Android kebanyakan memiliki Android Stock yang tidak dilengkapi dengan Easy Mode atau Mode Praktis. Dalam kasus seperti itu, Kamu dapat menginstall launcher pihak ketiga yang dapat menyederhanakan tampilan antarmuka pengguna secar menyeluruh bagi pengguna orang tua yang sudah lanjut usia. Dengan menggunakan launcher ini, Kamu dapat memilih aplikasi untuk ditampilkan dilayar utama dengan icon yang besar dan juga label yang bisa dibaca dengan mudah. Selain itu, Kamu juga bisa mengatur kontak darurat dengan pintasan satu ketukan serta menghadirkan kontrol volume, kecerahan, senter dilayar tampilan beranda.

Dari sekian banyaknya Launcher Android, saya menemukan Simple Launcher dan Simple Mode sebagai pilihan yang sangat bagus dengan memiliki semua fitur yang diperlukan oleh pengguna orang tua yang sudah lanjut usia. Jadi silahkan saja coba kedua launcher tersebut diperangkat smartphone Kamu, dan lihat apakah orang tua Kamu dapat menggunakan perangkat smartphone tersebut dengan mudah?

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter