Ads 720 x 90

10 Dampak Buruk Penggunaan Smartphone yang Berlebihan Pada Kaum Remaja

10 Dampak Buruk Penggunaan Smartphone yang Berlebihan Pada Kaum Remaja

Dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu, teknologi telah berkembang pesat. Salah satu perkembangan yang sangat pesat teknologi adalah smartphone. Tidak hanya hadir dalam berbagai sistem operasi dan desain yang dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif, smartphone ini juga telah mengubah cara hidup sebagian besar pengguna. Smartphone juga membuat orang mudah terhubung ke dunia luar.

pengembangan sadar smartphone tidak hidup make lebih mudah. Tapi Anda menyadari bahwa smartphone juga membawa dampak buruk, terutama bagi remaja.

Siapa yang tidak suka menggunakan smartphone? Bentuknya yang sederhana, tidak repot-repot untuk membawa, dan mendukung banyak aplikasi yang hidup make mudah. Jika spesifikasi pertama biasa-biasa saja, sekarang smartphone memudahkan pekerjaan berkat spesifikasi yang mulai melebihi komputer.

Dampak Buruk Penggunaan Smartphone yang Berlebihan

1. Gangguan Penglihatan

Smartphone yang memancarkan cahaya biru dapat membuat visi terganggu? Jika mata terus-menerus di layar smartphone dalam waktu yang lama, seperti chatting atau game. Akhirnya penglihatan akan berkurang sehingga membuat pandangan menjadi kabur. Untuk menjaga kesehatan mata untuk menggunakan smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi Bluelight Filter. Namun masih menghindari penggunaan berlebihan dari smartphone.

2. Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya dianggap hanya efek dari kurang tidur. Padahal sebenarnya sakit kepala adalah efek sekunder terlalu lama untuk melihat layar smartphone. Efek samping layar smartphone biru untuk remaja membuat jam biologis menjadi terganggu, salah satunya adalah pola tidur yang sehat, menyebabkan sakit kepala.

3. Mengganggu Pendengaran

Efek samping bagi remaja smartphone berikutnya yang menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini dapat disebabkan sebagai akibat dari mendengarkan musik atau memutar video saat menggunakan headphone. Dengarkan headphone musik dengan menggunakan earphone atau menarik, terutama di keramaian atau saat mengemudi sepeda motor agar tidak bosan. Tapi ingat, mendengarkan musik pada smartphone menggunakan earphone pada volume tinggi dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

4. Kelainan Postur

Masa remaja adalah usia yang mudah sekali merasa asyik dalam sesuatu, paling tidak bermain smartphone. Sangat menyenangkan untuk chatting dengan teman-teman atau pacar, make-bungkukchatting mereka sering membungkuk sambil duduk menunggu sesuatu. Jika demikian, segera berhenti jika Anda tidak ingin bungkuk kemudian. Selain bungkuk, frekuensi chatting pada smartphone terlalu berisiko untuk membuat bengkok jari kelingking.

5. Mengurangi Kekuatan Otak Tangkap

Tidak hanya mempengaruhi fisik, efek buruk smartphone untuk remaja juga fatal dalam otak. Meskipun tidak ada bukti ilmiah tentang dampak radiasi pada smartphone otak manusia, tapi smartphone bisa membuat remaja talar listrik berkurang. Hal ini karena remaja sering menggunakan smartphone akan bergantung pada smartphone untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan penalaran, percakapan yaitu record, mencari sesuatu di Google, dan banyak lagi. Dampak dari otak tidak dilatih untuk terbiasa untuk mengingat sesuatu jika terus bergantung pada smartphone, sehingga daya nalar berkurang.

6. Mengurangi Interaksi Sosial

Remaja sering janjian untuk bertemu dengan teman-teman melalui aplikasi chatting pada smartphone. Saat ditemui di tempat yang dijanjikan, biasanya Anda malah chatting dengan teman-teman, tapi sibuk dengan smartphone untuk membuat status Facebook Anda, untuk membalas pesan yang masuk. Hasil interaksi dengan teman-teman berkurang. Bahkan beberapa yang lupa waktu dan asyik sendiri karena bermain game di smartphone.

7. Mempertumpul Memory

Dengan smartphone membuat remaja menjadi mudah menangkap momen berharga dalam bingkai foto, bahkan berbagi mereka di Instagram, Facebook, Path, dan aplikasi media sosial lainnya dapat dilakukan dengan mudah. Namun, disadari atau tidak, kau begitu tergantung pada album yang Anda buat. Tanpa album foto, mereka mengalami kesulitan mengingat bagaimana melakukan hal-hal barsama tertentu dia menelepon teman-teman.

8. Penyebab Kecanduan

Bukan rahasia bahwa smartphone dapat menyebabkan kecanduan. Ada yang mau pergi tidur masih hanya memainkan smartphone. Meskipun banyak bahaya smartphone untuk menggunakannya ketika akan tidur.

9. Penyebab Obesitas

Begitu menyenangkan mengobrol dan YouTube mengalir atau game, remaja malas untuk berolahraga. Tidak harus mahal sampai pergi ke gym, latihan dapat cukup untuk menjalankan. Apalagi sekarang Spotify sudah ada di Indonesia, bahkan lagu lebih menarik dengan Spotify. Jadi mari olahraga ini membiarkan tidak kelebihan berat badan!

10. Awal Penyakit Jantung dan Stroke

Siapa bilang penyakit jantung atau stroke hanya menyerang orang-orang yang lanjut usia? Remaja yang sering memainkan smartphone sebelum tidur dan terlentang latihan adalah beresiko untuk menyeramkan di. Kurang istirahat karena selalu menggunakan smartphone menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil, ditambah dengan malas berolahraga akan bertambah buruk sehingga dapat menyebabkan gagal jantung atau stroke .

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter