Ads 720 x 90

4 Cara Menurunkan Risiko Anemia yang Dapat Kamu Lakukan

4 Cara Menurunkan Risiko Anemia yang Dapat Kamu Lakukan

Salah satu masalah sehari-hari yang banyak dialami seseorang adalah anemia. Timbulnya masalah ini biasanya disebabkan karena kurangnya zat besi dan juga darah yang kadang tak segera disadari.

Hal ini biasanya lantas menghidupkan rasa lelah, pusing, lemas, dan juga napas pendek. Setelah terjadi pada saat tertentu, biasanya masalah ini baru sangat terasa dan lumayan mengganggu aktivitas keseharian.

Terdapat dua tipe anemia yang dapat dialami oleh seseorang. Pertama, anemia karena kekurangan zat besi yang disebabkan karena kurangnya sel darah merah sehingga tidak sanggup membuat cukup hemoglobin.

Tanpa hemoglobin, sel darah merah terhadap tubuh dapat menurun. Hemoglobin merupakan protein yang mengantarkan oksigen terhadap anggota bagian tubuh yang berbeda.

Kondisi anemia berjalan pada saat sel darah merah tidak sanggup mengalirkan oksigen ke semua bagian tubuh. Kurangnya zat besi ini bisa terjadi ketika darah didalam tubuh hilang, pasalnya darah punyai persentase zat besi.

Jenis anemia lain yang dapat terjadi dan dialami seseorang adalah anemia pernicious yang disebabkan karena kurangnya folat dan vitamin B12 didalam tubuh. Anemia tipe ini bisa dicegah dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi dengan folat dan zat besi.

Untuk menahan risiko terjadinya anemia ini, terdapat sejumlah perihal yang dapat Kamu lakukan. Dilansir dari The Health Site, ada sejumlah perihal yang sanggup Kamu lakukan untuk menurunkan risiko terjadinya anemia.

Mengonsumsi Suplemen

Ketika anemia terjadi akibat dari kurangnya zat besi, dengan mengonsumsi suplemen sekitar 150 hingga 200 miligram setiap harinya dapat Kamu lakukan. Pada saat kekurangan yang terjadi cukup parah, makanan saja tidak cukup untuk mengatasinya makanya diperlukan asupan dari suplemen.

Mengonsumsi Daging

Zat besi dapat diperoleh dari sejumlah daging dan juga makanan laut. Kandungan yang ada didalam daging ini dapat diserap oleh tubuh lebih cepat jika dibanding makanan yang berasal dari tanaman.

Konsumsi daging sapi dan kambing dapat mencukupi keperluan zat besi lebih baik dibandingkan daging ayam. Menyeimbangkan konsumsinya bersama ikan juga termasuk dapat menunjang untuk menyeimbangkan zat besi di didalam tubuh.

Biji-bijian dan Polong-polongan

Makanan berwujud biji-bijian dan polong-polongan memiliki banyak kegunaan bagi tubuh termasuk mencukupi zat besi. Kacang-kacangan termasuk baik dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya. Usahakan mengonsumsinya didalam situasi belum dimasak untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh dan memiliki manfaat yang lumayan besar bagi tubuh. Beberapa buah dan sayur yang memiliki persentase vitamin C adalah jeruk, bayam dan juga stroberi. Selain vitamin C, persentase zat besinya termasuk cukup tinggi makanya dapat mencegah penyakit anemia.

Usahakan konsumsi semua makanan tersebut secara teratur untuk dapat mengurangi risiko timbulnya masalah anemia. Sejumlah manfaat kesehatan lain dapat kamu peroleh pada saat mengonsumsi sejumlah makanan di atas.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter