Ads 720 x 90

4 Cara Mudah Membuat Hak Cipta Pada Akun Youtube

4 Cara Mudah Membuat Hak Cipta Pada Akun Youtube


Paltycox.com - Cara Membuat Hak Cipta Pada Akun Youtube - Dengan memahami syarat dan ketentuan perlindungan hak cipta youtube, akan lebih membuat Kamu mudah untuk mengelola konten video Kamu. Oleh karena itu hak cipta ini sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap youtube yang akan menciptakan konten video original. Apa sih sebenarnya yang dimaksud hak cipta itu?

Hak cipta merupakan suatu hak eksklusif bagi pencipta maupun penerima hak. Dengan mempunyai tujuan untuk memperbanyak dan mengumumkan ciptaannya serta memberi izin agar dapat dilakukan pembatasan-pembatasan video menurut peraturan dan perundang - undangan yang berlaku.

Cara Kerja Hak Cipta Youtube

Mungkin saja bagi sebagian orang memiliki anggapan bahwa hak cipta itu sejatinya tidak perlu untuk didaftarkan. Untuk para youtuber yang menciptakan konten video dapat langsung menyebarluaskan ciptaannya kepada publik. Namun, pada saat ditengah jalan terjadi klaim hak cipta dari orang lain atau terjadi persoalan hukum maka Kamu tidak akan mempunyai pegangan yang kuat untuk melawannya di sidang pengadilan nanti.

Hal ini menjadi suatu alasan mengapa harus membuat hak cipta youtube diakun sendiri dan mendaftarkan hak cipta tersebut merupakan suatu hal yang sangat-sangat penting. Nah, apabila Kamu adalah seorang youtuber yang ingin mengurus hak cipta untuk konten video Kamu yang original agar tidak dapat diklaim hak cipta dari orang lain, maka artikel kali ini akan mengulas semua mengenai cara membuat hak cipta pada akun youtube. Dengan begitu, Kamu dapat membuat hak cipta dengan mudah.

Untuk mendapatkan hak cipta secara legal, tentu saja Kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan youtube terlebih dahulu. Syarat yang telah ditentukan oleh lembaga yang berwenang harus dipenuhi dulu secara lengkap. Hal ini akan mengacu pada hukum hak cipta yaitu Undang-undang nomor 20 tahun 2014 dan sejumlah peraturan dan juga keputusan oleh lembaga tersebut. Langsung saja simak berikut ini !!!

Cara Membuat Hak Cipta Pada Akun Youtube

1. Membuat Surat Permohonan

Pemilik hak cipta atau pemegang kuasa harus dan wajib mengajukan surat permohonan pada Direktorat Jendral HAKI. Surat permohonan tersebut ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dan membuatnya sebanyak dua rangkap.

Surat permohonan tersebut harus disertai dengan hasil ciptaan yang akan digunakan sebagai contoh. Misalnya, ciptaan yang akan Kamu daftarkan adalah sebuah lagu. Maka Kamu harus perlu menyertakan sepuluh buah yang berisi syair lagu dan juga notasi dari lagu tersebut.

2. Mengisi Formulir Permohonan

Cara membuat hak cipta youtube kedua adalah Kamu sebagai pemohon hak cipta harus dan wajib mengisi formulir yang sudah disediakan oleh Direktorat Jendral HAKI. Formulir tersebut harus disertai dengan menggunakan materai agar tidak terutang pajak.

3. Identitas

Cara ketiga yaitu dengan mengisi identitas yang disertakan dengan fotocopy KTP dari pemohon hak cipta. Akan tetapi jika hak cipta tersebut diajukan oleh perusahaan atau berbadan hukum, maka identitasnya harus disertai dengan akta legalitas, misalnya akta perusahaan. Jika pengajuan hak cipta ini dilakukan oleh orang selain dari calon pemegang hak cipta, maka perlu disertai dengan fotocopy KTP atau pasport dari pemegang kuasa dan juga surat kuasanya.

4. Pembayaran

Cara membuat hak cipta selanjutnya adalah dengan melakukan pembayaran pengurusan hak cipta tersebut.

Penutup

Begitulah cara dan langkah-langkah membuat hak cipta pada akun youtube yang sebenarnya, tidak wajib untuk diurus tetapi sangat penting untuk dilakukan. Cara untuk membuat hak cipta tersebut sangatlah mudah, asalkan dengan memenuhi semua syarat dan ketentuan yang sudah ada. Apabila semua syaratnya sudah terpenuhi, pihak dari Direktorat Jendral HAKI akan segera menerima dan mendata pendaftaran hak cipta tersebut. Kemudian akan dimasukkan ke dalam daftar umum hak cipta Indonesia yang dapat dilihat oleh siapa saja tanpa dikenakan biaya.

Hak cipta itu akan melekat secara otomatis pada orang yang menciptakannya. Namun, agar lebih aman untuk pengurusan komersial, pembuatan hak cipta sangatlah perlu untuk Kamu urus.

Nah, untuk Kamu yang tidak memiliki waktu untuk membuat pengurusan dan perizinan pembuatan dari hak cipta, jangan khawatir karena ada juga solusinya. Solusinya yaitu dengan menyerahkannya kepada penyedia jasa pengurusan dan perizinan hak cipta. Pembuatan hak cipta tersebut dapat terurus dengan sangat baik. Bagaimana? Tentunya sangatlah mudah kan? Semoga artikel kali ini bermanfaat :)

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter