Skip to main content

Pengertian dari Franchise, Jenis Beserta Contohnya

Apakah Kamu sudah tahu apa itu pengertian dari franchise? Serta apa saja contohnya? Memang saat ini franchise masih kurang dipahami oleh orang awam, bahkan jarang juga ada yang tahu contohnya itu seperti apa.

Pengertian dari Franchise, Jenis Beserta Contohnya


Biasanya pengertian franchise yang diketahui oleh kebanyakan orang adalah seorang franchise atau investor yang akan menginvestasikan dana untuk memperoleh hasil pada kemudian hari nanti, tanpa harus terlibat pada kegiatan usaha atau bisnis tersebut. Padahal bisnis franchise yang sudah dibeli harus yang sudah sukses dan berhasil atau memenuhi dari kriteria.

Nah, untuk Kamu yang masih kurang paham dengan arti franchise, maka simak saja penjelasannya dibawah ini :

Pengertian Franchise

Apa yang dimaksud dengan franchise? Franchise itu sendiri diambil dari bahasa Prancis. Dalam bahasa Inggris sering disebut dengan "Franchising". Dan dalam bahasa Indonesia, Franchise itu sering diartikan dengan "Waralaba".

Pengertian franchise secara meluas merupakan sebuah hubungan bisnis antara pemilik brand/merek dengan produk ataupun sistem operasional dengan pihak kedua yang memberikan izin atas penggunaan brand/merek, produk maupun sistem operasional. Pemberian izin tersebut dalam jangka waktu tertentu, sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pengertian franchise lainnya adalah sebuah hubungan bentuk kerjasama bisnis dengan menggunakan prinsip kemitraan, dimana perusahaan tersebut sudah mapan baik dilihat dari segi keuntungannya, marketingnya ataupun manajemennya sendiri, serta terdapat merek yang sudah dikenal oleh masyarakat luas dengan individu maupun perusahaan dan menggunakan merek tersebut dari sistem produknya sendiri.

Penjelasan Franchisor

Selain dari franchise, Kamu juga harus mengetahui juga apa itu yang dimaksud dengan franchisor. Franchisor merupakan suatu badan usaha atau perorangan yang sudah mempunyai konsep, produk serta merek yang sudah dikuasai dan dikembangkan serta pihak yang akan memberikan kontrak perjanjian. Jadi dapat disimpulkan bahwa franchisor adalah pihak yang mempunyai suatu merek atau dapat dikatakan sebagai produsen.

Penjelasan Franchisee

Selain dari pengertian franchise dan franchisor, ada lagi yang disebut dengan franchisee. Apa itu yang dimaksud dengan franchisee? Franchisee adalah sebuah badan usaha organisasi ataupun perorangan yang akan mendapatkan hak untuk melakukan produksi konsep dari pihak franchisor. Franchisee juga terlibat dengan perjanjian yang disepakati sebelumnya.

Franchisee juga berkomitmen untuk menghormati setiap kesepakatan tersebut,  perarturan dan juga konsep yang sudah dilakukan sebelumnya. Jadi intinya franchisee adalah perusahaan independen dari franchisor atau produsen.

Dengan begitu, maka kerjasama antar kedua belah pihak sudah disahkan dengan menggunakan ikatan perjanjian atau kesepakatan. Pada umumnya, pihak yang akan memberikan arahan atau bimbingan terkait manajemen, strategi marketing adalah pihak franschisee atau penerima waralaba. Disamping itu juga, pihak franchisee juga wajib membayar sejumlah dana yang sudah disepakati sebelumnya.

Selain itu, pihak franchisor atau pemilik dari merek tersebut juga akan memberikan hak pada pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya dengan atribut perusahaan, baik itu dari produsen, merek, sistem operasional ataupun cara-cara yang sudah disepakati dalam waktu tertentu.

Contoh Franchise

Di Indonesia sendiri, franchise sedang berkembang dengan sangat pesat. Franchise sangat menguntungkan bagi pihak tertentu. Contoh franchise yang sedang berkembang di Indonesia seperti dalam bidang kuliner adalah CFC, Red Crispy, Wong Solo, Sapi Oriental dan juga masih banyak yang lainnya. Sedangkan franchise dalam bidang retail yaitu Indomaret, Alfamart dan lain sebagainya.

Jenis-jenis dari Franchise

Bukan hanya pengertian franchise yang jarang dipahami oleh banyak orang, jenis-jenis franchise juga sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Adapun jenis-jenis franchise yakni :


  1. Franchise luar negeri adalah jenis franchise yang paling banyak disukai. Dimana sistemnya sudah jelas dan merek dari produknya juga sudah diterima oleh masyarakat luas serta lebih bergengsi dari yang lainnya.
  2. Franchise dalam negeri, sudah menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang yang ingin mempunyai suatu bisnis namun tak memiliki dana yang cukup. Karena piranti awal dan juga kelanjutannya berasal dari franchisor atau bisa disebut dengan pemilik waralaba.


Nah, itulah pengertian franchise dan penjelasan pihak-pihak tentang franchise serta jenis-jenis franchise. Dengan begitu, tentunya Kamu sudah mempunyai sedikit pandangan bagaimana sistem kerja dari franchise. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar