Skip to main content

Cara Tips Mudah Membagi / Membuat Partisi Baru di Windows 10

Cara Tips Mudah Membagi / Membuat Partisi Baru di Windows 10
Cara Tips Mudah Membagi / Membuat Partisi Baru di Windows 10

Paltycox.com Pada artikel kali ini akan memberikan cara tips mudah untuk membagi atau membuat partisi baru di Windows 10. Jika Kamu baru saja membeli PC atau Laptop yang hard disk baru ketika Windows diinstal, pasti Kamu menyadari bahwa pabrikan telah membuat partisi yang sengaja diatur ke kapasitas besar pada hard disk Kamu. Misalnya, jika PC atau Kamu memiliki hard drive 1TB atau setara dengan 1000 GB, biasanya pabrikan akan menyiapkan partisi 800 GB tempat Windows diinstal pada partisi itu.

Pengguna PC ataupun Laptop rata-rata lebih suka memiliki banyak partisi untuk menghindari kehilangan data saat menginstal ulang Windows. Jika Kamu merasa partisi "C" Kamu terlalu besar dan ingin membaginya atau membuat menjadi beberapa partisi, Kamu dapat mengikuti Cara Tips Mudah Membagi / Membuat Partisi Baru di Windows 10 di bawah ini tanpa memerlukan software tertentu.

Gunakan Manajemen Disk untuk membuat atau berbagi partisi di Windows

Kamu dapat menggunakan alat atau tools seperti Manajemen Disk untuk membagi, mengecilkan, dan memperbesar partisi di Windows 10. Alat atau tools Manajemen Disk menawarkan antarmuka berbasis wizard untuk berbagai keperluan termasuk membagi dan membuat partisi baru. Keunggulannya, Kamu tidak akan mengalami kehilangan data apa pun saat melakukan operasi ini.

Langkah-langkah berikut harus diikuti:

Catatan: Meskipun Microsoft menjamin bahwa data Kamu akan aman, Saya merekomendasikan agar Kamu terlebih dahulu untuk mencadangkan data penting Kamu ke perangkat lain sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Start Menu kemudian ketikan Disk Management tekan tombol Enter setelahnya untuk membuka Manajemen Disk.

Disk Management


Langkah 2: Klik kanan pada partisi yang ingin Kamu kecilkan / bagi dan kemudian klik opsi Shrink Volume 

Shrink Volume

Langkah 3: Setelah itu, Kamu akan diberi pertanyaan untuk menentukan berapa besar kapasitas yang akan Kamu buat dalam satuan MB

Volume Satuan MB


  • Total ukuran partisi sebelum dibagikan (dalam MB)
  • Ukuran tersedia untuk dibagikan (dalam MB)

Langkah 4: Apabila langkah ketiga berhasil, maka akan muncul ruang atau space baru yang Tidak Teralokasi (Unlocated). Dari hal tersebut, Kamu dapat membuat partisi baru.

Tidak Teralokasi (Unlocated Partisi)

Langkah 5: Berikutnya, Kamu dapat membuat partisi baru dari Unlocated, dengan cara klik kanan pada Unlocated, lalu pilih New Simple Volume.

New Simple Volume.

Langkah 6: Kemudian pilih option Next
Volume Wizard
Langkah 7: Tentukan kapasitas partisi yang akan dibuat dalam MB, lalu Next.

Ukuran Volume

Langkah 8: Pilih Drive Letter dari Path, seperti huruf dibawah ini :

Drive Letter

Langkah 9: Tentukan nama (label) dari partisi baru misalnya "Data Saya" dan biarkan pilihan lain dipilih secara default terutama pilihan untuk memformat partisi baru kemudian Next.

Label Volume

Langkah 10: Tunggu proses untuk menyelesaikan yang ditandai dengan penampilan dialog pemberitahuan yang sukses seperti yang ditunjukkan di bawah ini lalu tekan Finish.

Finish

Jika muncul seperti gambar di atas, itu berarti bahwa penciptaan partisi atau drive baru telah berhasil dan jika Kamu masih ingin membuat lebih banyak selama ruang yang tidak teralokasi tersedia, maka ulangi langkah-langkah mulai dari no. 4

Caranya, mudah untuk membagi atau membuat partisi baru di Windows 10 dengan mengurangi partisi C, jika masih belum jelas silahkan untuk dibaca sekali lagi dan perhatikan gambarnya, tetapi jika Kamu mengalami masalah atau kendala, maka jangan ragu untuk bertanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar