--> Skip to main content

Cara Memperbaharui Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Resmi Melalui Microsoft

Cara Memperbaharui Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Resmi Melalui Microsoft

Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan produk (pembaruan keamanan) pada Windows 7 setelah 14 Januari 2020. Microsoft meminta pemilik perangkat PC dengan pemutakhiran sistem operasi Windows 7 ke Windows 10.

"Setelah 14 Januari 2020, Microsoft tidak akan lagi menyediakan inventaris Keamanan atau dukungan untuk PC dengan Windows 7. Tingkatkan ke Windows 10 sekarang untuk mendukung karyawan Anda yang produktif dan aman, "tulis Microsoft di situs webnya.

Akhir dari periode layanan ini akan digunakan oleh Microsoft untuk fokus pada investasi dalam mendukung teknologi dan pengalaman baru. Seharusnya, Windows 7 pada akhirnya akan dihentikan oleh pengembang perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan kata lain, penghentian keamanan yang dilindungi tampak lebih banyak yang dapat dieksploitasi oleh peretas.

Perangkat dengan sistem operasi Windows 7 yang ditingkatkan setelah 14 Januari 2020 tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan, dukungan teknis, dan pembaruan lainnya dari Microsoft. Kemungkinannya, komputer dengan sistem operasi Windows 7 berisiko tertular malware dan virus.

Itu terjadi karena Microsoft tidak lagi menambal lubang keamanan melalui pembaruan keamanan. Sangat disarankan agar pemilik perangkat PC dengan sistem operasi Windows 7 meng-upgrade ke Windows 10 untuk menghindarinya demi kenyamanan.

Alasannya, Windows 10 menawarkan fitur-fitur baru yang tidak ditemukan di sistem operasi Windows 7. Selain risiko di atas, Microsoft juga masih menyediakan alat-alatnya. Ditingkatkan ke Windows 10, disetujui oleh Microsoft, sebagai berikut:


  • Prosesor: minimum 1GHz 
  • RAM: minimum 1GB untuk 32-bit dan 2GB untuk 64-bit 
  • Ruang penyimpanan: minimum 16GB untuk 32-bit dan 32GB untuk 64-bit 
  • Kartu Grafis: Direct 9 atau lebih tinggi dengan driver WDDM
  • Tampilan atau Display: setidaknya 800 x 600 piksel 
  • Koneksi Internet: wajib tersedia untuk proses peningkatan online 
Microsoft merilis Windows 10 pada Juli 2015, menawarkan peningkatan gratis untuk pengguna Windows 7, 8, dan 8.1 hingga Juli 2016. Namun, pada 2017 layanan ini dapat masih digunakan, diterbitkan olehZDNet.

Pada November 2019, beberapa situs web pembaca CNET melaporkan bahwa layanan pemutakhiran masih dapat digunakan. Editor CNET, Alison DeNisco Rayome telah berhasil pada PC desktop Dell OptiPlex 9020 (2014) dan berhasil, meningkatkan dari Windows 7 ke Windows 10. Sementara itu, ada lima tahap dalam proses peningkatan Windows 7 ke Windows 10.

Metode ini membutuhkan koneksi internet untuk dapat memperbarui pembaruan dan prosesnya memakan waktu. Lebih lanjut sebagai berikut:

  • Kunjungi situs web Windows 10 
  • Pada menu Buat Media Instalasi Windows 10, klik Unduh Alat Sekarang. Ketika proses pengunduhan selesai, klik Jalankan file 
  • Pilih Upgrade PC Now dengan anggapan upgrade Windows 10 untuk perangkat yang sedang digunakan. 
  • Ikuti langkah selanjutnya dan tunggu sampai proses pemutakhiran selesai. Proses peningkatan selesai, buka Pengaturan Keamanan Pembaruan & Aktivasi, dan akan ada lisensi digital Windows 10. 
Sebagai informasi, pemegang lisensi Rumah Windows 7 atau 8 hanya dapat memilih untuk memutakhirkan ke Windows 10 Home. Ini juga berlaku untuk Windows 7 dan 8 Pro. Selain itu, yang diterbitkan oleh ZDNet, beberapa pengguna melaporkan peningkatan yang gagal. Apa yang terjadi pada perangkat tertentu yang dirilis sebelum Windows 10 dirilis atau sebelum 2015.

ZDNet mendukung memeriksa semua driver dan adaptor untuk pembaruan. Perbarui semua yang kemudian menempatkan koneksi dari perangkat eksternal lalu coba lagi untuk meningkatkan Windows ke 10.

Sebelumnya, Microsoft menetapkan 7 Januari 2020 sebagai batas waktu untuk penawaran produk di Windows 7. Namun, Microsoft pada akhir Desember 2019 akan mengumumkan itu akan membuka dukungan produk itu hingga 14 Januari 2020.

Windows 7 adalah penerus Windows Vista yang diluncurkan pada 2009. Windows 7 masih merupakan sistem operasi yang populer di perangkat komputer. Pada Desember 2018, menurut data NetMarketShare, 36,9 persen perangkat komputer masih menggunakan, sementara hanya 39,2 persen perangkat yang menggunakan Windows 10.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar