--> Skip to main content

Cara Mengecilkan Paha dengan Olahraga atau Tanpa Olahraga


Cara Mengecilkan Paha dengan Mudah

Memiliki tubuh yang langsing dan paha langsing seperti girl band Korea adalah impian dari setiap wanita. Namun seiring bertambahnya usia, terkadang bentuk tubuh tidak sesuai dengan harapan. Lemak di perut, paha, dan lengan mulai menumpuk. Paha besar sering membuat seorang wanita merasa tidak nyamanman.

Paha yang besar tidak cocok untuk rok dan celana pendek. Padahal rok mini dan celana pendek adalah jenis pakaian yang sangat disukai wanita. Bagaimana cara mengecilkan paha? Mengecilkan paha bisa dicapai dengan dua cara, yaitu dengan berolahraga dan mengatur kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh, atau istilah umumnya adalah diet.

Inilah Cara Mengecilkan Paha Dengan dan Tanpa Olahraga

Kali ini Kamu akan belajar cara mengecilkan paha dengan olahraga ringan yang bisa Kamu lakukan di rumah secara teratur setiap hari. Habiskan 15-20 menit ketika Kamu bangun di pagi atau sore hari setelah melakukan aktivitas untuk melakukan olahraga ringan yang merupakan salah satu cara mengecilkan paha dengan cepat sebagai berikut.

Inilah Cara Mengecilkan Paha Dengan dan Tanpa Olahraga

Cara mengecilkan paha dengan berolahraga

Salah satu cara yang paling tepat dan paling efektif untuk membentuk tubuh adalah dengan berolahraga. Tidak perlu terburu-buru melakukan sedot lemak, Kamu bisa mencoba berolahraga terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara mengecilkan paha dengan berolahraga.

1. Pose Warrior

Jika Kamu mencari cara untuk menekuk paha dan pinggul Kamu, langkah-langkahnya adalah:

Berdiri tegak dengan dua kaki, lalu angkat kaki kanan ke belakang dan condongkan tubuh Kamu ke depan, sehingga kaki dan tubuh sejajar dalam garis lurus. Pastikan paha, pinggul, dan kaki kiri Kamu selaras. Mata ke bawah dan jaga agar punggung Kamu selurus mungkin.

Fokuskan berat badan Kamu di kaki kiri tengah, tahan hingga 5 napas. Kemudian perlahan bangkit kembali dan lakukan hal yang sama dengan pijakan kaki kanan.

2. Chair Squat

Ini adalah salah satu olahraga paling ringan yang sempurna untuk pemula. Langkah-langkah yang harus Kamu lakukan adalah:

Berdiri dengan punggung menghadap kursi, selebar pinggul. Fokuskan berat badan Kamu pada tumit Kamu, tekan perut Kamu, kemudian perlahan-lahan turunkan bokong Kamu ke arah kursi tetapi tidak menempel pada kursi.

Tahan posisi ini selama sekitar 30 - 60 detik kemudian duduk dan berdiri lagi. Lakukan gerakan ini 10 -15 kali. Gerakan ini sangat cocok dan juga ideal untuk memperkecil atau mengecilkan bagian paha dan bokong.

3. Plyometric Squat

Langkah-langkahnya adalah:

Berdirilah dengan kaki selebar bahu. Jongkok dan tekuk lutut hingga 90 derajat. Lompat dan kembali lagi dalam posisi jongkok. Gunakan kekuatan di kaki dan bokong saat Kamu melompat. Lakukan hingga 8 kali. Gerakan ini sangat cocok dan juga bagus buat memperkecil atau untuk mengecilkan paha dan bokong.

Cara Mengecilkan Paha dengan Olahraga atau Tanpa Olahraga


4. Low Lunge Hover

Langkah-langkahnya adalah:

Berdiri tegak dengan kedua tangan terangkat. Tarik kaki kanan Kamu ke belakang, tekuk kaki kiri Kamu 90 derajat, dan condongkan tubuh dan tangan Kamu sejajar dengan kaki kanan. Angkat kaki kanan Kamu sambil meluruskan kaki kiri Kamu.

Posisi kaki dan tangan sejajar, penyangga berat di kaki kiri. Tahan selama 3 napas dan gantikan dengan tumpuan kaki kiri. Lakukan hingga 3 kali. Gerakan ini bisa menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan pinggul.

5. Lingkaran Kaki (Leg Circle)

Langkah-langkah dan cara mengecilkan paha adalah:

Berbaringlah telentang di atas matras, letakkan kedua tangan di sisi tubuh, lalu kencangkan otot perut Kamu. Tekuk kaki kiri hingga 90 derajat, sementara kaki kanan diangkat lurus ke atas. Kemudian lakukan gerakan memutar dengan kaki kanan Kamu.

Putar 10 kali searah jarum jam dan 10 kali berlawanan arah jarum jam. Lakukan gerakan yang serupa dengan cara mengganti atau menukar kaki kanan dengan kaki kiri. Ulangi 10-15 kali. Latihan mengecilkan paha sangat cocok untuk Kamu lakukan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

6. Posisi-V

Cara mengecilkan paha sebagai berikut:

Posisi ini mirip dengan posisi balet. Berdiri di belakang kursi dengan satu tangan memegang kursi. Posisikan kaki Kamu dalam huruf V sambil menekuk lutut hingga pinggang Kamu terasa meregang.

Tahan selama 5 detik lalu berdiri dan lakukan kuliah 10-15 kali. Olahraga ini adalah salah satu cara untuk mengecilkan betis dan paha juga.

Cara Mengecilkan Paha dengan Olahraga atau Tanpa Olahraga

7. Jembatan Hip (Hip Bridge)

Latihan untuk mengecilkan paha langkah-langkahnya adalah:

Berbaring dengan kedua tangan di sisi pinggang. Tekuk kaki Kamu lalu tarik napas dari hidung dan luruskan tulang belakang Kamu. Buang napas Kamu dari mulut lalu kencangkan otot bagian perut dengan cara mengangkat pinggang ke atas, tahan selama 3 detik.

Turunkan secara perlahan. Ulangi 15 kali.

8. Downward Dog Split

Langkah-langkahnya adalah:

Lakukan merangkak sambil menarik nafas panjang. Posisikan ke bawah dengan meluruskan kedua kaki dan menekan kedua tangan ke lantai. Angkat satu kaki ke atas di udara sampai Kamu sejajar dengan kedua tangan.

Santai kepala Kamu di antara tangan Kamu, tahan hingga 3 napas panjang. Tungkai bawah, dan ganti dengan tungkai lain.

9. Knee Combo Kick Lift-Leg

Langkah-langkahnya adalah:

Berbaringlah di sisi kanan Kamu di atas matras dengan tangan kanan diistirahatkan. Tangan kiri menyentuh lantai. Angkat satu kaki hingga 45 derajat, tahan selama 5 detik, lalu turunkan perlahan. Ulangi 30-40 kali di setiap sisi. Latihan ini bisa menjadi salah satu cara mengecilkan betis dan paha bersamaan.

Cara Mengecilkan Paha dengan Olahraga atau Tanpa Olahraga

10. Turun tangga

Cara termudah untuk mengecilkan paha adalah naik dan turun tangga. Jika tidak ada tangga di rumah, Kamu bisa menggunakan kursi pendek sebagai gantinya. Lakukan gerakan ini sekitar 30-40 kali. Setiap hari Kamu bisa menambah porsi sesuai dengan kekuatan otot kaki.

11. Berjalan rutin

Berjalan rutin setiap hari tentu akan berdampak pada kesehatan Kamu. Tidak hanya itu, berjalan teratur selama 30 menit setiap hari juga efektif untuk mengecilkan paha dan memperlebar betis.

Kamu dapat berjalan setiap pagi atau setiap malam, tergantung pada waktu luang Kamu. Pilih tempat jika Kamu dapat menyegarkan diri. Dengan demikian, berjalan teratur akan membuat Kamu terlihat lebih segar dan bugar.

12. Jogging

Jogging adalah cardio yang sering digunakan sebagai metode untuk mengecilkan paha dan betis dengan cepat dan alami. Saat jogging, kaki akan terus bergerak stabil sehingga bisa membakar lemak di paha.

Lakukan jogging secara teratur selama 30 menit. Tidak hanya paha yang menyusut, jogging secara teratur juga akan membuat Kamu lebih sehat. Kamu juga bisa berjalan-jalan sambil jogging sehingga Kamu tidak terlalu lelah.

Cara Mengecilkan Paha dengan Olahraga atau Tanpa Olahraga


13. Lompat tali

Kamu digunakan untuk lompat tali ketika Kamu masih kecil? Nah, kegiatan ini bukan hanya sekedar permainan, tetapi juga bisa digunakan untuk olahraga. Salah satu manfaat lompat tali adalah mengecilkan paha.

Lompat tali secara teratur dapat mengurangi berat badan, termasuk menyusutkan paha. Kamu bisa lompat tali secara teratur selama 20 menit setiap hari. Kedengarannya cukup sederhana, tetapi melakukan latihan lompat tali ini membutuhkan kekuatan dan konsistensi.

14. Yoga

Yoga bukan hanya untuk meditasi. Ada juga beberapa gerakan yoga yang dapat membantu Kamu mengecilkan paha. Salah satu gerakan yoga yang berguna untuk mengecilkan paha adalah Anantasana. Anantasana cukup mudah dilakukan sehingga Kamu bisa melakukannya di rumah.

Gerakan Anantasana ini adalah gerakan berbaring dalam posisi miring kemudian kaki kanan diangkat ke atas dan dijangkau oleh tangan kanan. Tahan posisi ini selama satu menit kemudian lebih rendah. Setelah itu, ulangi gerakan delapan kali dan ganti dengan kaki kiri.

15. Bersepeda

Bosan melakukan latihan ringan di rumah? Kamu dapat menggunakan waktu luang atau waktu liburan Kamu untuk berkeliling di lingkungan rumah Kamu. Bersepeda tidak hanya olahraga yang menyenangkan dan sehat, tetapi juga dapat mengecilkan paha dan betis yang membesar.

Mengecilkan Paha Tanpa Olahraga

Ternyata mengecilkan paha juga bisa tanpa olahraga, lho. Jika Kamu tipe super duper yang malas berolahraga atau tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, Kamu bisa mencoba cara-cara berikut untuk mengecilkan paha besar.

Mengecilkan Paha Tanpa Olahraga


1. Konsumsi makanan sehat

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga bisa Kamu lakukan dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat adalah makanan yang tidak mengandung komposisi lemak. Fokus pada makanan yang mengandung karbohidrat sehat, seperti roti gandum, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Jangan lupa, makan juga sumber protein tanpa lemak. Kamu dapat menemukannya di ikan, kalkun, ayam tanpa kulit dan putih telur. Jika Kamu ingin makan keju atau yogurt, pilih produk susu rendah lemak atau bebas lemak.

2. Kurangi ukuran makanan

Setelah Kamu mulai memilah jenis makanan yang Kamu konsumsi, Kamu juga harus mulai menyesuaikan porsi makan Kamu. Mengurangi ukuran makanan ini bermanfaat untuk mengurangi kalori dan lemak agar tidak menumpuk.

American Council on Exercise merekomendasikan mengurangi ukuran porsi hingga 10 hingga 15 persen dari ukuran porsi Kamu saat ini. Cara ini tentu sangat membantu agar Kamu tidak makan berlebihan.

3. Batasi konsumsi alkohol

Jika Kamu mengonsumsi alkohol dan ingin mengecilkan paha, Kamu harus membatasi mengonsumsi alkohol untuk dari jumlah yang biasanya Kamu minum. Mengurangi alkohol bermanfaat untuk menghilangkan kosong, gula, dan juga gula

4. Minum lebih banyak udara

Minum air mineral memang memiliki sejuta manfaat kesehatan. Setiap kali Kamu haus, usahakan selalu minum air mineral. Dengan demikian, Kamu akan menghabiskan kalori dengan menghindari minuman manis seperti jus dan soda.

Selain tidak mengandung kalori, mineral udara juga membantu tubuh Kamu tetap terhidrasi dan juga membantu Kamu menurunkan berat badan. Oh ya, minum air putih sebelum makan juga efektif untuk mengontrol porsi makanan, lho.

5. Konsumsilah teh hijau secara rutin

5. Konsumsilah teh hijau secara rutin

Teh hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Jika Kamu sering menemukan produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau, Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung untuk mendapatkan berbagai manfaat lainnya.

Salah satu manfaat teh hijau bagi tubuh adalah mengurangi lemak. Hal ini akan sangat membantu jika Kamu ingin serius untuk mengecilkan paha. Kamu dapat minum teh hijau secara teratur dan teratur setiap selesai makan.

6. Jangan melewatkan sarapan

Salah satu cara mudah mengecilkan paha adalah sarapan biasa. Sarapan akan merangsang metabolisme dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi lemak di tubuh yang juga secara otomatis menyusutkan paha.

Tidak hanya itu, kebiasaan sarapan juga akan membantu membangun otot. Karbohidrat akan mempertahankan energi dan membuat Kamu kenyang. Jangan lupa untuk memilih menu makanan sehat dan sempurna untuk sarapan Kamu.

7. Menjadi lebih aktif di rumah

Jika Kamu malas berolahraga, Kamu tidak boleh malas melakukan aktivitas di rumah. Menjadi aktif dalam berbagai tugas membuat Kamu bergerak lebih banyak dan Kamu akan membakar lebih banyak kalori.

Kamu dapat mencuci sepeda motor atau mobil Kamu sendiri, membersihkan seluruh ruangan di rumah Kamu, merawat tanaman, dan sebagainya. Lakukan saja berbagai hal yang Kamu sukai sehingga Kamu bisa bergerak dan menjadi lebih besar.

Kesimpulan:

Itulah beberapa cara mengecilkan paha dengan dan tanpa olahraga. Metode-metode ini tentu mudah jika Kamu memiliki tekad yang kuat dan konsisten untuk melakukannya. Jika Kamu masih belum konsisten, tentu saja hasilnya tidak akan maksimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar