--> Skip to main content

8 Cara Menjaga Pola Hidup Agar Tetap Sehat


 Halo semuanya sobat  pada artikel kali ini saya akan menjelaskan 8 tips bagaimana caranya agar sobat semuanya terhindar dari penyakit. Sobat paltycox semuanya saya tahu kamu semua memang sekarang tidak sakit. Tapi beberapa diantara kita sering mengalami demam, kemudian besok pagi bangun tidur ada yang pilek, nyeri tenggorokan, badan sakit semua, pegal – pegal, dan sebagainya.

Jadi disini saya sekarang akan membagikan tips nya simak berikut yah sobat : 

1. Kurangi Terpapar Udara Dingin

Kurangi Terpapar Udara Dingin disini maksud saya adalah penggunaan seperti AC, kipas angin. Karena di Indonesia musimnya cuma hanya dua yaitu panas dan panas kali :D Hehehe. Jadi sobat semuanya tidak mungkin terpapar udara dingin diluar. Jadi ketika dikantor sobat semuanya bekerja, perhatikan posisinya yah sobat. Mungkin AC nya berada dibelakang dan terpapar dari belakang. Jadi ketika terpapar terlalu yah tentu saja badan sobat semuanya tidak akan enak, dan akhirnya membuat sobat semuanya akan terkena flu dibesoknya. Karena tubuh anda semua yang seharusnya, suhunya 36 derajat atau 37 derajat terpapar terus dengan udara yang dingin. Akhirnya anda semua pun akan jatuh sakit.

2. Kurangi Stress


Saya pernah bahas juga diartikel yang sebelumnya apa dampaknya jika kita stress terlalu panjang. Diartikel tersebut saya juga menjelaskan bahwa “stress tidak selalu buruk”. Tapi jika anda stress dalam jangka waktu yang lama, dibentuk hormone KORTISOL dalam jangka waktu lama dan pada akhirnya sistem imun dalam tubuh anda pun akan menurun.

Mungkin anda pernah lihat teman” anda atau orang tua anda yang setiap harinya stress, penyakitnya tidak sembuh – sembuh. Sedikit Sedikit Badannya sakit semua, sering pusing dan sebagainya, coba hindari stress yah sobatt

3. Olahraga


Nah, olahraga juga selain dapat meningkatkan sistem imun anda, dapat meningkatkan kinerja sel darah putih. Olahraga juga dapat menurunkan level stress dari tubuh anda, jadi saran saya adalah “Olahraga lah Minimal 3 sampai 5 Kali Dalam Satu Minggu”. Olahraga nya tentu saja yang sesuai dengan usia anda, sesuai dengan apa yang anda sukai, dan sesuaikan juga dengan berat badan anda.

4. Kurangi Minuman Alkohol

Jadi disini meskipun anda merasa hangat ketika meminum alkohol, sebenarnya Temperatur Tubuh Anda Tidak Naik. Justru saat anda meminum alkohol dalam keadaan sakit, ini dapat menimbulkan sistem imun anda drop, dan anda pula akan tambah sakit.

5. Bersihkan Handphone dan Tangan
Jadi sobat semua yang setiap harinya memegang gadget atau handphone, saya tanya siapa yang dijaman sekarang ini yang tidak menggunakan handphone? Tentu saja tidak ada, setiap hari anda semua memegang handphone, anda menerima uang tidak cuci tangan dan anda pegang lagi handphone anda, handphone nya anda taruh dimeja, dilantai dan itu akan menjadi sarang kuman penyakit, bakteri dan virus.

Jadi sebelum anda makan, sebelum anda mengucek mata dan sebagainya, sebaiknya dibersihkan dulu itu tangan. Karena tangan tersebut menjadi sarang kuman.

6. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih


Air putih disini yang saya maksud bukan susu, tapi air mineral. Dimana air yang cukup dapat membantu memperbaiki metobolisme tubuh dan dapat juga memperbaiki sistem imun tubuh.
Bagaimana anda caranya anda membuang racun – racun dalam tubuh jika air anda sangat kurang?
Nah, anda perhatikan ketika masuk ke toilet bandara, disitu ada warna, warna dari air seni yang mulai dari putih, kuning, kuning pekat dan sangat pekat. Itu mengatakan anda kurang minum ketika warna air seni anda sangat pekat warnanya.

7. Perbanyak Tidur


Maksud saya disini bagi anda yang kurang tidur, mungkin anda tidur 2 – 3 jam dalam sehari. Bahwa anda yang kurang tidur, anda akan mengalami penuaan. Padahal usia anda masih muda, tapi kalau anda kurang tidur ini juga akan berbahaya buat tubuh anda. Kenapa? Manusia membutuhkan waktu tidur 6 sampai 8 jam dalam sehari.
Jadi sebaiknya anda yang selalu main game dimalam hari, mungkin stalking instagramnya orang atau mantan, sebaiknya anda lupakan dan segeralah tidur.

Ketika anda tidur, tubuh anda akan mengalami :


  • Tubuh dapat Recovery : Regenerasi sel dimalam hari, apalagi anda yang pagi siangnya kerja. Malam hari adalah waktu yang terbaik untuk memperbaiki sel – sel tubuh.
  • Memperbaiki Sistem Imun, dan
  • Hormon : Banyak dari mereka yang mengalami gangguan hormonal ketika sering begadang


8. Kurangi Penggunaan Antibiotik

Di Indonesia paling sering, mereka belanja antibiotik di apotik tanpa resep dokter. “Pak, saya lagi flu, lagi pilek, lagi radang tenggorokan dan saya butuh antibiotic”. Sebenarnya hal ini adalah keliru. Sebelumnya beberapa tahun yang lalu saya pernah mengajak kakek saya ke singapur. Kakek saya membawa contoh antibiotic dan ingin membelinya. Dan apa yang terjadi? Kakek saya dimarahi oleh pihak apotik dan berkata “kamu kenapa beli antibiotik tanpa resep dari dokter, ini tidak boleh”.

Sedangkan di Indonesia, masih banyak dari mereka yang membeli antibiotik dengan sembarangan, tanpa resep dari dokter. Sebenarnya Perlu gak sih antibiotik? Sebagian besar penyebab masuk angin dengan gejala batuk, pilek, meriang, dan tidak enak badan, sebagian besar penyebab nya dari semua itu adalah Virus dan bukan Bakteri.

Jadi anda menggunakan antibiotik percuma saja, karena Virus tidak akan mati oleh antibiotik. Kecuali anda sudah masuk infeksi bakteri, baru anda gunakan antibiotik, dan tentu saja anda harus konsultasi dulu dengan dokter anda dan tidak boleh anda beli sendiri yah.

Nah, kegunaan dari antibiotik ini yang berlebihan ini dapat menyebabkan Resistensi terhadap antibiotik. Akhirnya dengan menggunakan antibiotic yang sama kuman tersebut sudah kebal dan tubuh anda sudah kebal. Jadi tidak mampan lagi dan pada akhirnya level antibiotik yang harus minum adalah level yang lebih tinggi. Tentu saja level yang lebih tinggi memiliki efek samping yang lebih tinggi juga.

Okey, mungkin ini adalah 8 tips yang bisa anda gunakan dirumah dan seperti biasa bagikan artikel ini supaya teman – teman kita yang lain mengetahuinya. Dan jika ada yang mau berkomentar dapat memberikannya dikolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar