Skip to main content

Cara Mudah Untuk Membuat Bootable Menggunakan USB Flashdisk Windows 8 Dan 10

Cara Mudah Untuk Membuat Bootable Melalui USB Flashdisk Windows 8 Dan 10

Cara Mudah Untuk Membuat Bootable Melalui USB Flashdisk Windows 8 Dan 10 - Jika Windows Kamu memperbaiki banyak masalah yang sering terjadi kesalahan, ada banyak virus yang menyebabkan beberapa file sistem penting di Windows sehingga mereka tidak dapat berjalan secara normal, jadi satu-satunya cara yang dapat Kamu lakukan adalah menginstal ulang windows Kamu.

Dan jika Kamu tidak memiliki DVD Windows untuk diinstal ulang, maka ada cara yang sangat mudah dan praktis untuk memiliki instalasi Windows yang menggunakan USB flashdisk. Dengan memiliki Flashdisk, Kamu dapat membuat jendela yang dapat di-boot untuk menerima DVD, dan ini adalah cara paling praktis dengan beberapa langkah mudah karena Kamu tidak perlu membeli DVD dan membakarnya. Cukup buat Windows USB Flashdisk yang dapat di-boot untuk menginstal Windows 8 atau 10 dengan menghubungkannya ke USB Flashdisk. Selain itu, juga gratis, yang Kamu butuhkan adalah USB Flashdisk, Windows Iamge ISO, dan perangkat lunak khusus.

Namun, proses dan alatnya sangat berbeda untuk setiap versi instalasi Windows. Sumber untuk mendapatkan file Windows ISO yang berbeda dan perangkat lunak yang diperlukan untuk membuat stik USB yang dapat di-boot juga berbeda (atau prosesnya dihitung). Jadi, penting untuk mengetahui perangkat lunak mana yang Kamu butuhkan dan cara membuat USB Flashdisk Windows yang dapat di-boot untuk versi Windows (8 atau 10).

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Kamu cara mendapatkan gambar ISO Windows 8 dan 10 (Legal dan Gratis) dan membuat stik USB yang dapat di-boot untuk menginstal Windows pada PC atau laptop Kamu.

Membuat Bootable USB FLASHDISK Pada Windows 8 Dan 10


Windows 8 dan Windows 10 didukung oleh Microsoft, sehingga mereka menawarkan perangkat lunak pembuatan ISO untuk Windows. Alat ini dapat mengunduh Windows dan juga membuat flash drive USB yang dapat di-boot yang dapat di-boot dalam proses yang sama. Kamu tidak perlu memberikan kunci produk untuk dapat menggunakan Windows ini untuk instalasi ulang atau tujuan pengujian.

Prosesnya persis sama untuk Windows 8 dan Windows 10, satu-satunya perbedaan adalah tautan unduhan untuk file ISO. Jadi kami hanya akan meninjau proses mengunduh dan membuat drive USB 10 Windows yang dapat di-boot, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang sama untuk Windows 8.

Buat Bootable Windows 10 Menggunakan Rufus

1. Pertama dan terpenting, unduh dan instal Rufus (gratis) dan ukuran file sangat kecil yaitu sekitar  1 MB dan tidak memerlukan instalasi apa pun. Cukup unduh dan jalankan. Awalnya, itu akan meminta izin Kamu untuk menjalankan, jadi klik "Ya / YES".

2. Ini adalah antarmuka Rufus stKamur Kamu. Kamu tidak perlu mengkonfigurasi apa pun. Cukup dengan memasang Flashdisk Kamu pada port USB dan Rufus akan membacanya sendiri. Setelah itu, klik tombol "SELECT" dan pilih ISO Windows 10.



3. Sekarang, klik tombol "MULAI / START" dan Kamu selesai. Dalam waktu sekitar 3-4 menit, Rufus akan membuat USB 10 Bootable USB flash drive dan kemudian Kamu dapat menggunakannya untuk melakukan boot langsung di PC Kamu.

Jika karena alasan tertentu, Kamu tidak menyukai Rufus, Kamu dapat menggunakan PowerISO (Gratis) sebagai alternatif. Ini sangat mirip dengan Rufus dan berfungsi dengan sangat baik. Untuk membuat USB Flashdisk Windows 10 yang dapat di-boot, buka Tools dan klik "Create Bootable USB".

Buat Bootable Windows 10 dengan Media Creation Tool

Microsoft telah mengembangkan Media Creation Tool, sebuah program untuk membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 dengan mudah. Meskipun tidak memungkinkan Kamu memilih file ISO secara manual, perangkat lunak ini akan mengunduh Windows 10 ISO Image terbaru dari server Microsoft dan membuat flash drive USB yang dapat di-boot. Pada dasarnya, ini membuat proses lebih sederhana dan lebih mudah. Jadi begini cara kerjanya.

1. Unduh Alat Pembuatan Media dari sini dan jalankan.

2. Setelah itu, klik tombol "Terima / Accept" untuk melanjutkan.

Buat Windows-10-Bootable-USB-flashdisk-Media-Creation-Tool 6


3. Sekarang, pilih opsi "Buat Media Instalasi / Create Installation Media" dan klik tombol "Selanjutnya / Next".



4. Pada halaman berikutnya, ini akan melakukan pra-konfigurasi PC Kamu. Jika Kamu ingin mengubahnya, hapus centang pada opsi yang disarankan dan buat perubahan. Setelah itu, klik tombol "Next".

Buat-Windows-10-Bootable-USB-flash-Media-Creation-Tool-3


5. Di sini, pilih opsi "USB flash drive" dan klik tombol "Next".

Buat-Windows-10-Bootable-USB-flashdisk-Media-Creation-Tool-6


6. Pada halaman berikutnya, ini akan mendeteksi USB Flashdisk Kamu. Jika tidak muncul maka lepaskan flashdisk Kamu dan pasang kembali. Setelah itu, klik tombol "Next".

7. Selanjutnya, perangkat lunak akan mulai mengunduh salinan Windows 10 terbaru dan akan membuat flash drive Windows 10 yang dapat di-boot.

Buat-Windows-10-Bootable-USB-flashdisk-Media-Creation-Tool-7

Jadi itulah panduan singkat tentang cara membuat USB flash drive Bootable Windows 7, 8, dan Windows 10. Seperti yang saya sebutkan di atas, Rufus adalah aplikasi terbaik dan populer untuk membuat USB yang dapat di-boot dengan cepat. Namun, jika Kamu ingin menginstal versi terbaru Windows 10, saya akan merekomendasikan Media Creation Tool. Ini bekerja dengan sangat baik dan memberikan pengalaman yang mulus. Semoga artikel ini bermanfaat buat Kamu dan semoga sukses
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar