Skip to main content

8 Ciri-Ciri WA Kamu Disadap dan Solusi Menanganinya, Hati-hati

8 Ciri-Ciri WA Kamu Disadap dan Solusi Menanganinya, Hati-hati

Apakah Kamu merasa bingung "mengapa tiba-tiba chat di WhatsApp tidak ada notification?" Atau Kamu tidak dapat menggunakan WhatsApp Web pada PC atau laptop?

Sebagai aplikasi chatingan yang sangat populer, Saya yakin Kamu pasti memiliki banyak hal pribadi dan dokumen rahasia di dalamnya.

Dengan maraknya kejahatan dunia maya (cyber crime) sekarang ini, kini semakin banyak kasus WhatsApp dapat menargetkan siapa saja. Kamu mungkin salah satu dari mereka!

Yang pasti, Kamu dapat terlebih dahulu memeriksa ciri ciri WA yang disadap dan solusi untuk mengatasinya dengan mudah yang sudah tersedia di sini.

Begini Ciri-Ciri WA Disadap yang Harus Kamu Ketahui


Banyak metode yang sering digunakan oleh peretas atau pembajak untuk menyadap akun WhatsApp Kamu. Seperti menggunakan WA Web, menggunakan jaringan WiFi, atau malware dan aplikasi tertentu.

Tentu saja Kamu tidak ingin pesan WhatsApp yang bersifat pribadi dilihat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Atau bahkan akun WA Kamu digunakan untuk kejahatan.

Oleh karena itu, Saya telah merangkum ciri ciri WA yang disadap dan cara untuk mengetahuinya. Dapat Kamu lakukan sendiri.

1. Chat WA Terbaca Sendiri Secara Otomatis

1. Chat WA Terbaca Sendiri Secara Otomatis

Cara pertama untuk mengetahui bahwa WA disadap adalah bahwa Kamu telah menyadari sesuatu yang aneh terjadi pada akun WhatsApp Kamu.

Pernahkah Kamu merasa menemukan chat yang sudah dibaca, tetapi Kamu merasa belum membuka atau membaca chat tersebut?

Jika demikian, itu adalah salah satu ciri ciri dari WA yang diretas. Dengan kata lain, ada orang yang membuka dan membaca chat Kamu.

Bisa jadi orang tersebut memiliki akses ke ponsel cerdas Kamu ketika Kamu tidak sadar atau bahkan mengetuk dari jarak jauh.

2. Akun WhatsApp Web (WA Web) Aktif di Perangkat Lain

Ciri ciri kedua dari whatsapp yang disadap lainnya adalah WhatsApp Web (WA Web) yang aktif di perangkat lain, selain komputer atau laptop yang dapat Kamu akses.

Mungkin saja Kamu tidak menggunakan WhatsApp Web pada PC atau laptop, tetapi terlihat ada pemberitahuan bahwa akun Kamu aktif. Untuk memeriksanya, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp kemudian pergi ke pengaturan icon tiga titik di kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web.
Akun WhatsApp Web (WA Web) Aktif di Perangkat Lain
  • Langkah 2: Di halaman ini Kamu akan menemukan info tentang apa perangkat Web WhatsApp Web diaktifkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Kamu juga dapat melihat status WA Web di bar notifikasi.


3. Akun WhatsApp di Smartphone Keluar Sendiri

Terkadang aplikasi WhatsApp keluar sendiri tanpa Kamu sadari sering diabaikan dan dianggap enteng.

WhatsApp yang tiba-tiba keluar sendiri bisa Kamu anggap sebagai aplikasi yang baru crash saja , kan?

Akun WhatsApp di Smartphone Keluar Sendiri

Jadi, WA yang sering dipaksa untuk menutup dan keluar secara tiba-tiba, bisa jadi salah satu ciri khas akun WA yang disadap oleh pihak lain.

Bisa jadi akun WhatsApp Kamu sedang dibuka di perangkat smartphone lain, sehingga WhatsApp akan keluar sendiri dan Kamu tidak akan bisa masuk lagi.

Hingga saat ini, WhatsApp tidak mendukung mode untuk mengaktifkan 1 nomor WA pada 2 perangkat smartphone yang berbeda.

Tetapi satu-satunya cara untuk log in WA adalah dengan melewati verifikasi kode OTP. Jika akun tiba-tiba log out sendiri, kemungkinan peretas juga menyadap nomor telepon Kamu, Kamu tahu?


Fitur WA Yang Disadap Lainnya ...


4. Suhu Smartphone Meningkat

Suhu Smartphone yang Meningkat

Jika smartphone Kamu tiba-tiba mengalami peningkatan suhu yang tidak biasa atau istilah HP overheat, Kamu mungkin mengalami WhatsApp Kamu sedang diretas oleh seseorang.

Alasannya adalah karena beberapa peretas mungkin menggunakan metode untuk menyelundupkan virus, atau malware ke dalam smartphone Kamu untuk memata-matai aktivitas Kamu.

Ini dapat terjadi, misalnya ketika Kamu mengunduh gambar, file, atau mengklik tautan dengan sumber yang tidak jelas.

Aplikasi, virus, atau malware pasti akan berjalan di latar belakang dan membuat peningkatan kinerja dan membuat smartphone menjadi panas dengan cepat.

5. Konsumsi Baterai Sangat Boros

Baterai Sangat Boros

Pernah mengalami baterai smartphone yang tiba-tiba boros sekali dan berkurang secara aneh? Ini adalah salah satu ciri ciri WhatsApp Kamu sedang disadap oleh pihak lain, Kamu tahu?

Sama seperti sebelumnya, konsumsi baterai yang sangat boros boros dapat disebabkan oleh aplikasi yang mencurigakan, seperti virus dan malware yang berjalan di latar belakang sehingga Kamu tidak tahu.

Jika Kamu mengalami masalah dengan baterai smartphone yang tiba-tiba aneh, coba putuskan koneksi internet Kamu dan restart HP Kamu untuk mengatasinya.

6. Penggunaan Data Internet Yang Tidak Normal

Data Internet Yang Tidak Normal

Merasa bahwa paket internet Kamu berjalan lebih cepat dari biasanya, bahkan jika Kamu menggunakannya secara normal? Bisa jadi WhatsApp Kamu juga dibajak.

Untuk cara mengetahui WA yang disadap dari jarak jauh dengan metode ini, Kamu dapat dengan mudah memeriksa penggunaan data internet di HP Kamu.

Tidak perlu menginstal aplikasi untuk melacak penggunaan data yang mencurigakan yang sebenarnya, Kamu dapat mengaksesnya di menu Pengaturan ->Nirkabel & Jaringan -> Penggunaan Data.

Dengan cara ini Kamu bisa mengetahui aplikasi mana yang menggunakan data internet dan WiFi, yang juga bisa Kamu lacak setiap hari hingga bulanan

7. Pengguna Tidak Dapat Log in

Nomor telepon pada dasarnya hanya dapat digunakan dalam satu aplikasi WhatsApp atau yang biasa disebut dengan satu login perangkat.

Nah, jika Kamu tiba-tiba keluar atau Log out dari aplikasi WhatsApp tanpa menyadarinya, mungkin saja ada orang lain yang sedang menggunakan nomor telepon Kamu untuk masuk ke aplikasi WhatsApp.

Bahkan, untuk dapat masuk pada perangkat, WhatsApp biasanya meminta kata sandi satu kali atau kode OTP yang langsung dikirim ke nomor telepon.

Untuk itu, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapa pun. Ini mungkin juga kompilasi nomor telepon yang digandakan, sehingga peretas dapat membuka pesan masuk yang berisi OTP.

8. Kebisingan Terdengar Saat Telepon WA

Kebisingan Terdengar Saat Telepon WA

WhatsApp sekarang dilengkapi dengan fitur panggilan suara dan video, di mana ia juga dapat digunakan sebagai peretas untuk menindaklanjuti penyadapan.

Salah satu ciri ciri dari WA yang disadap melalui fitur ini adalah kebisingan saat Anda sedang menelepon.

Bagaimana bisa? Alasannya sederhana, jadi ada aplikasi mata-mata yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Kamu.

Setelah menerima panggilan, maka peretas akan mengumpulkan data. Waspadai kompilasi untuk menemukan fitur seperti ini, ya!

Solusi Cara Menangani Akun WA yang Disadap, Agar Lebih Hati-hati

Solusi Cara Menangani Akun WA yang Disadap, Agar Lebih Hati-hati

Akun WhatsApp yang diretas tentu menyebabkan banyak kerugian bagi Kamu yang dilecehkan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab, seperti:
  • Jika hanya untuk iseng atau kesenangan semata, chat pribadi dan sensitif dapat digunakan oleh orang lain. Apalagi jika mengandung rasa malu, itu bisa menjadi senjata yang tidak bertanggung jawab untuk memeras korban.
  • Dapat digunakan untuk mengirim spam chat WA yang berisi informasi palsu (penipuan) yang dimaksudkan untuk memikat orang lain yang menerimanya.
  • Keamanan data penting, seperti email, kata sandi, dan data perbankan yang mungkin dicuri demi keuntungan pelaku.
Bagi Kamu yang tidak dapat menyadari ciri ciri WA yang disadap seperti di atas, ada beberapa langkah cara solusi untuk Wa yang disadap dan cara mengatasinya yang dapat Kamu lakukan sendiri.

Paling tidaknya ada 5 metode yang dapat Kamu lakukan, di sini. Apa saja? Lihat ulasan dibawah ini sebagai berikut
.

1. Jangan Menggunakan Jaringan WiFi Umum

Jangan Menggunakan Jaringan WiFi Umum

Cara pertama untuk menangani WA yang disadap adalah Kamu jangan menggunakan jaringan WiFi umum / publik di tempat-tempat umum jika tidak dalam keadaan darurat. Mengapa?

Karena jaringan WiFi publik siap digunakan, ia bisa rentan dan rentan terhadap serangan cyber. Terutama jika Anda menggunakan untuk mengakses informasi pribadi, seperti WhatsApp.

2. Memperketat Sistem Keamanan pada Smartphone

Memperketat Sistem Keamanan pada Smartphone

Bukan tidak mungkin jika mengeluarkan peretasan WhatsApp adalah orang-orang terdekat Anda, misalnya teman atau rekan kerja.

Agar WA tidak diretas dengan mudah dan tetap aman, jangan memberikan akses WhatsApp kepada orang lain. Di sini Kamu dapat memperketat sistem keamanan smartphone dengan mengaktifkan kata sandi.

Kata sandi di sini adalah kunci keamanan HP dengan kata-kata lain yang mengandung sidik jari, PIN, atau pola. Dan juga kunci WhatsApp dengan aplikasi kunci WA untuk meningkatkan keamanan.

3. Hindari menggunakan aplikasi ketiga untuk WhatsApp

Hindari Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga untuk WhatsApp

Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk WhatsApp. Di sini Saya membaginya ke dalam kategori kedua, yaitu aplikasi pendukung WhatsApp dan aplikasi WhatsApp MOD.

Pertama, aplikasi dukungan WhatsApp dapat menjadi salah satu celah peretas untuk menyimpan data pengguna di akun WhatsApp. Contoh aplikasi pembuat stiker WA untuk aplikasi rekaman telepon.

Kedua, ada aplikasi WhatsApp MOD yang tentu saja menarik dan mungkin ada beberapa malware yang dapat diambil oleh data Kamu.

Di tengah-tengah semua kelebihan dan fitur keren dari aplikasi WA MOD, Kamulebih baik gunakan saja aplikasi resmi saja.

4. Aktifkan Pengaturan Verifikasi Dua Langkah (Verifikasi 2 Langkah)

Inilah yang banyak orang awam mungkin sering lewatkan ketika menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone mereka.

Dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah atau 2 Step Verification, tentu saja sulit bagi peretas untuk masuk ke akun Kamu

Untuk cara mengatasi WhatsApp sehingga Kamu tidak menggunakan fitur bawaan ini, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp, lalu ketuk icon tiga titik di kanan atas dan pilih menu Pengaturan.
  • Langkah 2: Kemudian pilih opsi Akun dan pilih opsi Verifikasi Dua Langkah.
  • Langkah 3: Aktifkan fitur Verifikasi dua langkah dengan mengetuk tombol Enable / Aktifkan dan ikuti langkah selanjutnya seperti memasukkan PIN dan email pemulihan.

5. WhatsApp Web Logout Routine

Seperti yang Saya sebutkan di atas, salah satu dari ciri ciri WA yang dibajak dari jarak jauh adalah adanya aktivitas yang saling terkait dalam menggunakan layanan WhatsApp Web.

Cara memulihkan WA yang disadap menggunakan WhatsApp Web adalah dengan keluar secara teratur dengan cara berikut.
  • Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp kemudian ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web.
  • Langkah 2: Untuk menonaktifkannya, Kamu cukup memilih opsi untuk Log out from all devices -> Log Out. Akun Otomatis WhatsApp akan keluar dari perangkat dalam daftar.

Kesimpulan

Nah, seperti itulah beberapa ciri ciri dari WA yang disadap dan solusi untuk mengatasinya bagi Kamu yang telah terkena dan cara untuk mencegah dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekali lagi Saya mengingatkan Kamu untuk tetap waspada dan menyimpan semua informasi penting di smartphone Kamu. Semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar