Skip to main content

Tips Untuk Bekerja Produktif Dari Rumah Selama Wabah Virus Covid-19

Tips Untuk Bekerja Produktif Dari Rumah Selama Wabah Virus Covid-19

Seperti yang kita diskusikan bersama, saat ini sebagian besar wilayah Jabodetabek dan beberapa daerah lain di Indonesia telah mengeluarkan kebijakan di rumah untuk pekerja mereka. Virus Corona (COVID-19) yang telah diluncurkan dan mulai menyebar ke Indonesia.

Bagi kebanyakan profesi, seperti freelancer, bisnis online, jurnalis, pedagang, pengembang perangkat lunak, pekerja informasi, pekerja rumah tangga, sesuatu yang baru. Namun, bagi sebagian orang, itu mungkin sesuatu yang berbeda.

Melihat saat ini, sebagian besar pekerja tidak tahu apa yang mereka butuhkan untuk bekerja secara efektif dari rumah. Atau lebih buruk, mungkin beberapa orang malah bekerja dan pergi berlibur.

Cara Bekerja dari Rumah Selama Pandemi Coronavirus

Jika Anda salah satu dari orang baru yang bekerja di rumah, maka ada orang yang memerlukan beberapa tips untuk bekerja dari rumah selama pandemi korona berikut:

1. Buat Ruang Kerja Khusus

Ruang kerja khusus ini tidak harus besar tetapi setidaknya dapat digunakan sebagai tempat bekerja. Tempat kerja ini bisa di dalam ruangan, di ruang keluarga, atau di sudut ruangan lain yang bisa digunakan.

Pastikan Anda dapat menggunakan meja dan kursi di tempat itu untuk bekerja dengan nyaman.

2. Koneksi internet

Pastikan koneksi internet di rumah Anda dapat mendukung pekerjaan yang dilakukan. Koneksi internet diperlukan untuk mengirim atau menerima data dari orang lain yang terkait dengan pekerjaan.

Mereka yang suka bekerja dari rumah umumnya memiliki layanan internet dari penyedia tertentu, misalnya Indihome, Firstmedia, dan lainnya. Namun, Anda juga dapat menggunakan tethering dari ponsel tertentu yang dibuat khusus untuk modem.

3. Menyiapkan Perangkat Lunak Remote Work

Jika pekerjaan Anda memerlukan remote antar komputer, maka Anda perlu menginstal perangkat lunak khusus pada PC atau Laptop. Aplikasi yang dapat jarak jauh antara komputer yang dapat Anda gunakan adalah:

Chrome Desktop Jarak Jauh; Ini adalah aplikasi gratis dari Google yang berguna untuk menyediakan akses dari komputer ke komputer lain atau dari Android ke komputer menggunakan OS Windows, MacOS, dan Linux. Unduh Chrome Remote Deskot
Tim Tenun; Perangkat lunak ini juga berfungsi untuk menyediakan akses dari komputer ke komputer lain dari jarak jauh. Unduh Team Weaver

4. Tetapkan Jam Kerja

Jika Anda ingin tetap produktif saat bekerja di rumah, maka Anda harus menyetujui jam kerja dengan jelas. Jam kerja ini dapat disesuaikan dengan kondisi setiap orang, atau sesuai dengan jam kerja pada umumnya.

Setelah menentukan jam kerja Anda, Anda juga harus menentukan bahwa aturan Anda tetap aktif selama periode waktu ini. Cobalah untuk meminimalkan gangguan selama jam kerja ini.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan teknik Pomodoro untuk lebih memaksimalkan waktu kerja.

5. Istirahat reguler

Meski bekerja di rumah, bukan berarti kita tidak punya waktu untuk diri kita sendiri. Ketika Anda merasa lelah, Anda harus beristirahat sebentar.

Jika memungkinkan, Anda juga dapat minum secangkir teh atau kopi untuk memulihkan diri dan mengembalikan semangat. Tidak kompatibel atau tidak berlebihan.

6. Berusaha Tetap Produktif

Secara umum, bekerja dari rumah akan lebih sulit, baik dari lingkungan maupun dari anggota keluarga.

Bila perlu mengatur jadwal untuk berbicara dengan kolega, atasan, dan klien. Dengan jadwal yang ditentukan ini, pekerjaan menjadi lebih efisien dan dapat diselesaikan pada waktu yang tepat.

Selain itu, pekerja juga didukung untuk membuat rutinitas kerja seperti ketika bekerja di kantor. Misalnya mandi, makan sarapan, mengenakan pakaian kerja, dan berusaha menghabiskan waktu berjam-jam di tempat kerja, sambil tinggal di rumah.

Diharapkan pandemi virus korona atau tidak, sepertinya budaya kerja dari rumah sudah mulai dipromosikan oleh berbagai perusahaan. Sebab, sekarang sebagian besar pekerjaan memang bisa dilakukan dari mana saja secara online atau jauh.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan ketika bekerja di rumah selama virus Corona Pandemic di Indonesia. Dikaitkan dengan kesehatan dan keluarga Anda dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan tidur teratur.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan senang bekerja di rumah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar