Skip to main content

19 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Terbukti Mampu Mengobati Penyakit

19 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Terbukti Mampu Mengobati Penyakit
 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Terbukti Mampu Mengobati Penyakit

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan - Kunyit atau dalam bahasa latin Curcuma longa banyak tumbuh dinegara India dan juga di negara-negara kawasan Asia Tenggara. Kunyit memiliki kandungan senyawa aktif yang berwarna kuning yaitu curcumin, yang biasanya digunakan sebagai bahan dapur atau bumbu masakan.
Bukan hanya sebagai bumbu masakan saja, Kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga sebagai bahan pengobatan tradisional. Yuk, Kita cari tahu manfaat kunyit untuk kesehatan selengkapnya dibawah ini !

Macam-macam Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kandungan aktif dari curcumin bermanfaat sebagai antioksidan alami dan zat inflamasi yang dapat membantu untuk meningkatkan resistensi sel pada kerusakan seperti memperlambat penuaan dini, infeksi, peradangan dan juga lain sebagainya. Langsung saja simak selengkapnya dibawah ini

1. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Nyeri Haid
Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Nyeri Haid
Para wanita di Indonesia, mungkin sudah tidak asing lagi dengan jamur kunir asam yang dapat membantu untuk meredakan nyeri haid (PMS). Ternyata bukan hanya itu saja, kunyit juga memiliki manfaat untuk meredekan nyeri haid pada wanita
Kandungan curcumin yang dimiliki kunyit memiliki manfaat sebagai pereda nyeri (analgesik) yang akan membantu melemaskan kontraksi rahim yang akan menyebabkan perut menjadi kram. Selain itu, curcumin juga mengurangi aliran ion kalsium ke dalam sel epitel uterus dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan.
Manfaat kunyit sangat baik untuk kesehatan karena adanya antioksidan dari tanin, saponin, seskuiterpen, alkaloid, dan phlobotamin dari asam Jawa yang menenangkan kontraksi uterus. Meski begitu, beberapa ahli menyarankan wanita yang mengalami pendarahan menstruasi berat untuk tidak mengkonsumsi kunyit.

2. Meredakan Peradangan

Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Peradangan
Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Peradangan
Senyawa aktif curcumin merupakan antioksidan yang mengandung efek antiradang. Kurang lebih dalam satu sendok teh kunyit memiliki 200 miligram curcumin dalam versi bubuk yang diparut.
Curcumin juga dapat menghambat kinerja sitoksin dan enzim yang akan menyebabkan inflamasi dalam tubuh. Curcumin juga mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami pada kelenjar adrenal.

3. Mengobati Maag

Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Maag
Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Maag
Obat Promag sudah terkenal sebagai obat maag dan ketika maag kambuh tidak ada salahnya untuk menggunakan obat tradisional seperti menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi.
Maag kambuh karena dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri, racun rokok, alkohol atau jenis makanan tertentu. Hal ini dapat mengikis lapisan dinding pada usus dan kerongkongan sehingga meningkatkan refluks asam lambung menjadi naik.

4. Mengempiskan Perut Kembung

Manfaat Kunyit Untuk Mengempiskan Perut Kembung
Manfaat Kunyit Untuk Mengempiskan Perut Kembung
Buang gas atau sering kita sebut dengan kentut merupakan tanda dari sistem pencernaan Kamu baik-baik saja, namun apabila berlebihan bagaimana? Tandanya ada masalah yang terjadi didalam perut Kamu.
Curcumin membantu otot-otot organ sistem pencernaan bergerak sesuai kebutuhan untuk mengurangi tekanan gas di perut. Kunyit juga dapat membantu mengurangi produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Penyakit Jantung
Studi mengatakan bahwa curcumin dapat meningkatkan fungsi endothelial atau kesehatan lapisan selaput jantung dan pembuluh darah. Lapisan selaput ini berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Penurunan dari fungsi endothelial ini sangat berkaitan dengan risiko penyakit jantung.
Curcumin dapat mencegah penurunan fungsi organ karena akibat dari proses penuaan sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.
Tetapi masih diperlukan studi lebih lanjut tentang efektivitas dan keamanan dalam mengonsumsi kunyit untuk jangka panjang sebagai pengobatan tradisional dari penderita penyakit jantung

5. Mencegah Kanker

Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Kanker
Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Kanker
Curcumin dapat mencegah dan bahkan dianggap mampu mengobati berbagai jenis kanker seperti usus besar, pankreas, prostat, payudara, dan perut. Senyawa antiinflamasi dalam curcumin dapat menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.
Curcumin dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang akan merusak sel akibat radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Para peneliti telah melakukan banyak percobaan pada kualitas kunyit sebagai pengobatan komplementer pada pasien kanker dan sudah terbukti.
Mereka juga menemukan bahwa curcumin secara selektif dapat mematikan sel-sel pemicu kanker dan menghambat pertumbuhan dari tumor. Kunyit juga dapat membantu membantu meredakan peradangan dan rasa sakit akibat proses kemoterapi.

6. Meredakan Gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)
Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)
IBS (Irritable Bowel Syndrome) adalah peradangan usus besar yang akan menyebabkan masalah ketika melakukan BAB dalam jangka panjang. Apabila peradangan tersebut membuat kontraksi diusus terlalu sering mengejang, maka akan mengakibatkan diare kronis. Sebaliknya juga, apabila peradangan membuat jarang berkontraksi, maka akan mengakibatkan sembelit kronis.
Dapat disimpulkan dari sejumlah penelitian yang berbeda, mengonsumsi kunyit dapat dikatakan aman bagi orang yang menderita IBS (Irritable Bowel Syndrome). Penelitian dari Singapura yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Medicine pada tahun 2018 membahas kunyit dapat mengurangi nyeri perut yang disebabkan oleh gejala IBS.
Selain dari masalah diare yang diakibatkan IBS, kunyit juga bermanfaat mengatasi diare yang disebabkan keracunan makanan. Kandungan magnesium dan kalium yang terkandung di dalam kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras oleh diare.

7. Mencegah Alzheimer

Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Alzheimer
Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit ganguan otak yang menyebabkan penurunan daya ingat. Kunyit dapat meningkatkan kesehatan otak dengan memerangi penyakit degeneratif seperti demensia dan Alzheimer. Walaupun sampai saat ini belum ditemukan obat untuk penyakit Alzheimer, dengan mengonsumsi kunyit dapat membantu mencegah seseorang terkena penyakit tersebut.
Fungsi otak yang terganggu seperti penyakit Alzheimer terkait dengan peradangan dan kerusakan oksidatif dalam otak sehingga menyebabkan penumpukan plak di otak. Dengan begitu kunyit yang mengandung curcumin yang dikonsumsi dalam dosis yang tepat dapat membersihkan plak didalam otak.

8. Mengobati Depresi

Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Depresi
Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Depresi
Depresi merupakan gangguan dari suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli. Kondisi ini akan sangat mengganggu dan untung saja penyakit depresi ini dapat diobati. Penelitian mengatakan bahwa curcumin sudah terbukti efektif untuk mengobati depresi.
Hal ini juga didukung dengan pengujian laboratorium yang menunjukkan kunyit dapat mempengaruhi keseimbangan neurotransmitter di otak.
Curcumin memiliki senyawa anti depresan dan ansiolitik yang dapat memodulasi kadar serotonin dan dopamin. Untuk mendapatkan khasiat antidepresan kunyit, konsumsilah 1.000 mg kunyit selama maksimal 6 minggu.

9. Mengurangi Mual

Manfaat Kunyit Untuk Mengurangi Mual
Manfaat Kunyit Untuk Mengurangi Mual
Kunyit dapat mengurangi mual apabila diracik dengan dengan bubuk lada hitam. Sebuah studi dalam jurnal Food 2017 membuktikan bahwa menambahkan lada hitam membantu manfaat kuning menjadi lebih nyata. Karena sebenarnya setelah dikonsumsi, kandungan curcumin dalam kunyit semakin diserap ke dalam aliran darah. Inilah yang membuat Anda mampu mengurangi khasiat kunyit itu sendiri.
Nah, penelitian ini menunjukkan bahwa piperin dalam lada hitam meningkatkan penyerapan curcumin hingga dua ribu persen lebih cepat ke dalam darah sehingga siap digunakan oleh tubuh. Piperin juga melengkapi pemecahan curcumin oleh hati sehingga bertahan lebih lama dalam darah.


10. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Kunyit Untuk Menurunkan Berat Badan
Manfaat Kunyit Untuk Menurunkan Berat Badan
Curcumin dalam kunyit bermanfaat untuk menghambat respon peradangan sel dalam tubuh, seperti sel pankreas, lemak dan juga otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, mengurangi kadar gula darah, dan kolesterol serta mengurangi metabolisme akibat kelebihan berat badan.
Namun, sekali lagi manfaat kunyit ini dapat diperoleh dengan menggabungkannya dengan asam jawa. Karena jika dikonsumsi sendiri, kunyit akan lambat diserap ke dalam darah, tetapi dipecah lebih cepat oleh hati sehingga tubuh tidak menghasilkan banyak manfaatnya.
Dalam jangka panjang, meminum obat herbal kunyit bisa membuat hasil penurunan berat badan menjadi lebih maksimal.


11. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat Kunyit Untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit
Manfaat Kunyit Untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit
Kandungan antioksidan dari curcumin dapat menjadi obat untuk berbagai penyakit kulit seperti jerawat, eksim atau dermatitis atopik, dan psoriasis. Berdasarkan Jurnal Medis Makedonia, kunyit adalah pengobatan yang aman dan efektif untuk psoriasis.
Para peneliti juga mengatakan bahwa curcumin dapat mengurangi stres oksidatif pada kulit bermasalah. Kunyit juga dapat meningkatkan sintesis kolagen dan mempercepat perbaikan sel kulit mati, memperkecil lubang pori-pori, mengurangi dan mencegah jerawat, dan bahkan membuat wajah lebih bercahaya saat digunakan sebagai masker.


12. Obat Alergi Alami

Manfaat Kunyit Untuk Obat Alergi Alami
Manfaat Kunyit Untuk Obat Alergi Alami
Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti alergi dan terbukti mengatasi masalah reaksi pada kulit. Kunyit bekerja seperti antihistamin untuk mencegah aktivitas protein dan mencegah pelepasan histamin, bahan kimia yang meningkatkan reaksi alergi.

13. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat Kunyit Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Manfaat Kunyit Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Minyak esensial kunyit putih bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan. Contohnya seperti kolik, kram otot, cacingan, perut kembung, jarang buang air besar, dan nafsu makan yang menurun karena makan terasa pahit.
Kunyit putih juga membantu meredakan radang usus yang dipicu oleh stres berlebihan.

14. Mengontrol Gula Darah

Manfaat Kunyit Untuk Mengontrol Gula Darah
Manfaat Kunyit Untuk Mengontrol Gula Darah
Jika Kamu menderita penyakit diabetes, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan pengobatan alami untuk mengendalikan gula darah. Salah satu yang bisa Kamu coba adalah kunyit. Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan curcumin dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah.
Studi lain menunjukkan bahwa suplemen ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah. Diabetes disebabkan oleh peradangan.
Namun, uji klinis lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat kunyit untuk diabetes.

15. Meredakan Sakit Punggung

Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Sakit Punggung
Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Sakit Punggung
Peradangan adalah kompilasi kekebalan yang merespon rasa sakit atau iritasi yang biasanya ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit atau nyeri. Meskipun merupakan reaksi alami, pembengkakan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.
Nyeri punggung kronis adalah masalah peradangan tulang belakang. Walaupun kunyit bukan obat langsung untuk kondisi ini, kunyit dapat mengurangi nyeri punggung atas dan bawah dengan penargetan peradangan dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

16. Mengencerkan Darah yang Menggumpal

Manfaat Kunyit Untuk Mengencerkan Darah yang Menggumpal
Manfaat Kunyit Untuk Mengencerkan Darah yang Menggumpal
Pada saat tubuh normal, sel-sel darah trombosit akan dengan cepat menggumpal dan menyumbat di area yang terluka. Tetapi ada juga dimana suatu kondisi kesehatan yang membutuhkan pengencer darah. Curcumin berfungsi sebagai antiglukagon (pengencer darah) dalam kondisi tertentu.
Sebuah studi tahun 2012 mengatakan bahwa mengonsumsi kunyit seperti dalam bentuk suplemen, jamu, atau mengolahnya menjadi makanan kari dapat membantu mencegah pembekuan darah.
Gumpalan darah atau pembekuan darah dapat mengambil nyawa seseorang karena bisa tersumbat didalam paru-paru, otak, dan lain sebagainya sehingga menghambat pengaliran darah ke organ vital lainnya.


17. Mengurangi Risiko Kambuhnya Asma

Manfaat Kunyit Untuk Mengurangi Kambuh nya Asma
Manfaat Kunyit Untuk Mengurangi Kambuh nya Asma
Alergi terjadi pada saat sistem kekebalan tubuh melemah sehingga salah mengidentifikasi zat-zat asing menjadi zat berbahaya, maka organ tubuh beraksi berlebihan. Kandungan kunyit antiinflamasi dapat mengurangi kambuhnya asma karena membantu mengurangi penyumbatan atau saluran udara yang tersumbat dan dapat menjadi pengobatan tradisional untuk asma.
Selain itu, penelitian menunjukkan Curcumin membantu melawan banyak gejala penyakit seperti bersin, obstruksi hukum, pilek, dan demam.

18. Penawar Racun Gigitan Ular

Manfaat Kunyit Sebagai Penawar Racun Ular
Manfaat Kunyit Sebagai Penawar Racun Ular
Banyak tanaman obat direkomendasikan untuk mengobati gigitan ular. Salah satunya adalah kunyit putih.
Kunyit efektif menetralkan racun gigitan ular karena ekstraknya melepaskan racun ular dalam darah. Hal ini akan mengurangi efek pendarahan internal yang bisa berakibat fatal.

19. Meredakan Rasa Nyeri

Manfaat Kunyit Sebagai Pereda Rasa Nyeri
Manfaat Kunyit Sebagai Pereda Rasa Nyeri
Sifat analgesik kunyit lebih kuat daripada aspirin untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala, demam, dan nyeri sendi akibat rematik dan radang sendi. Manfaat suplemen diuretik sendi.
Kunyit putih juga dapat digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menghilangkan peradangan pada bronkus yang menyebabkan saluran udara menyempit.

Akhir Kata

Bagaimana? Apakah Kamu ingin mencoba salah satu manfaat kunyit yang diatas? Coba saja, semoga lekas sembuh :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar