Skip to main content

22 Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami di Rumah Tanpa Obat

22 Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami di Rumah Tanpa Obat

Asam lambung atau dikenal juga dengan istilah kedokteran GastroEsophageal Reflux Disease (GERD) merupakan suatu penyakit dari gaya hidup yang tidak sehat di zaman modern seperti sekarang ini. Kali ini, paltycox.com akan membahas cara mengatasi asam lambung dirumah tanpa perlu menggunakan atau mengonsumsi obat-obatan.

Apabila Kamu sering mengalami nyeri pada bagian ulu hati atau merasakan sensasi yang sesak dibagian dada, kemungkinan Kamu mengalami gangguan pencernaan yang satu ini

Tubuh menggunakan asam lambung untuk mencerna makanan. Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan masalah atau gangguan pada sistem pencernaan. Selain mengubah gaya hidup, berbagai bahan alami mungkin membantu Kamu untuk mengatasi asam lambung tersebut.

GERD merupakan penyakit yang hampir mirip dengan refluks asam lambung, tetapi keduanya adalah hal yang berbeda. Kondisi GERD terjadi dimana pada saat asam lambung sudah naik ke kerongkongan karena katup antara kerongkongan dengan lambung sudah tidak berfungsi dengan baik.

Gejala-gejala GERD

Ketika asam lambung naik, jaringan di sepanjang dinding kerongkongan akan teriritasi oleh asam lambung. Akan mengakibatkan Kamu mengalami sensasi terbakar di panas atau panas di dada heartburn terkadang gejala ini akan menyebar sampai ke bagian kerongkongan. Kondisi ini biasanya terjadi setelah makan dan gejala ini akan lebih buruk pada saat malam hari.

Gejala yang menyebabkan GERD:

  • Mulut terasa asam
  • Sakit dan perih pada bagian tenggorokan
  • Makanan terasa naik dan mengganjal kerongkongan
  • Asam pada bagian belakang mulut
  • Mual
  • Muntah
  • Perut kembung
  • Kesulitan menelan
  • Batuk atau bengek
  • Suara serak
  • Nyeri dada, terutama saat berbaring di malam hari
  • Cegukan

Apabila Kamu mengalami gejala seperti dada yang terasa sesak atau nafas pendek, segeralah Kamu menghubungi dokter! Kamu harus memberitahu kepada dokter apabila gejala ini sering terjadi dan bertambah buruk. Kekuatan tubuh dari setiap manusia berbeda-beda.

Cara Mengatasi Asam Lambung

Ada beberapa cara untuk mengatasi dan menyembuhkan asam lambung tanpa obat yang dapat Kamu lakukan dirumah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur masuknya asupan makanan kedalam tubuh tentunya asupan makanan yang baik untuk mengatasi asam lambung seperti jahe dan pisang. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Mengatasi Asam Lambung dengan Mengubah Gaya Hidup

Mengatasi asam lambung secara alami dirumah tidak lepas dengan mengubah pola gaya hidup, seperti pola makanan antara lain :

1. Makan Lebih Teratur

Makan Lebih Teratur

Salah satu penyebab terjadi naiknya asam di lambung adalah pola makan yang tidak teratur. Oleh karena itu, upayakan untuk memiliki waktu makan yang sama setiap hari. Bukan hanya itu saja, Kamu juga disarankan untuk tidak makan dua jam sebelum tidur karena hal tersebut dapat memicu asam lambung naik ke tenggorokan saat tidur.

2. Hindari Ngemil Antara Waktu Makan

Hindari Ngemil Antara Waktu Makan

Kebiasaan yang satu ini akan membuat sistem pencernaan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan yang terlalu banyak. Dan akhirnya, tubuh memerlukann waktu yang cukup lama pula untuk mencerna makanan tersebut.

3. Mengatur Porsi Makanan

Mengatur Porsi Makanan

Cara mengatasi asam lambung lainnya adalah dengan mengatur porsi makanan. Karena makan dalam porsi besar dapat memicu refluks.Untuk menghindari kelaparan, sebaiknya Kamu makan lebih sering tetapi dengan porsi makan yang lebih kecil dan menguyah dengan perlahan-lahan. Selain itu, Jangan memakan makanan yang mengandung banyak lemak, karena makanan berlemak dicerna lebih lama oleh tubuh dan lambung akan memproduksi asam lambung menjadi lebih banyak dan akan berisiko naik ke kerongkongan

4. Mengunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah Makanan dengan Benar

Walaupun terlihat seperti hal sepele, cara satu ini penting untuk Kamu perhatikan. Karena hal ini akan sangat membantu enzim pencernaan untuk mengolah dan mencerna makanan dengan mudah sehingga mengurangi risiko asam lambung naik dan mengurangi gejala buruk GERD yang Kamu alami.

5. Hindari Minum Air Terlalu Banyak Saat Makan

Minum air terlalu banyak pada saat waktu makan dapat mencairkan asam di lambung dan membuat makanan yang Kamu konsumsi akan lebih sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan.

6. Hindari Kebiasaan yang Tidak Sehat

Seperti kebiasaan merokok dan kebiasaan langsung tidur sesudah makan merupakan hal yang dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Oleh sebab itu, penting bagi Kamu untuk menghindari kebiasaan ini gunanya untuk mencegah timbulnya penyakit asam lambung. Beri jeda waktu setidaknya 3 jam untuk tidur setelah makan.

7. Tidak Menggunakan Pakaian Ketat di Bagian Perut

Hindari untuk menggunakan pakaian yang ketat di bagian perut, jika menggunakan pakaian tersebut akan menekan lambung dan akan menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan dan muntah. Agar lebih aman dan nyaman, Sebaiknya Kamu menggunakan pakaian yang longgar tetapi tidak kendor.

8. Tidak Melakukan Gerakan yang Menekan Perut

Tentu saja Kamu tetap harus berolahraga agar selalu tubuh Kamu sehat. Namun, Kamu harus menghindari gerakan yang mungkin akan memberi tekanan pada lambung, seperti halnya melompat atau bergoyang-goyang. Waktu untuk olahraga pun harus diperhatikan, jangan melakukan olahraga ketika baru selesai makan. Berikan jeda waktu setidaknya 2-4 jam setelah selesai makan.

9. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh Kamu memproduksi hormon stres karena kurang tidur. Jangan abaikan kondisi ini karena dapat menimbulkan komplikasi, menyebabkan penyakit menjadi kronis, dan akhirnya akan menurunkan kualitas serta angka harapan hidup. Perbaiki pola tidur Kamu agar waktu tidur dapat tercukupi.

10. Tidur dengan Posisi Kepala dan Dada Lebih Tinggi

Yang harus dilakukan adalah menaikkan posisi tubuh bagian atas agar lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Tubuh bagian atas yang perlu untuk diangkat dan ditinggikan adalah bagian pinggang hingga bagian kepala. Jika Kamu hanya menambahkan bantal pada bagian belakang kepala, biasanya hal seperti itu tidak akan efektif.

Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

1. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen Karet

Sebuah studi yang dilansir dari jurnal Dental Research, dengan mengunyah permen karet setelah makan selama 30 menit bisa mengatasi asam lambung yang naik, paling tidak mengurangi nyeri yang diakibatkan asam lambung naik.

“Dengan mengunyah permen karet akan merangsang laju pelepasan air liur. Asam yang terkumpul di perut akan lebih cepat tercuci bersih. Asam lambung yang berlebihan akan cepat hilang, gejala GERD berkurang,” sebut Rebecca Moazzez, pemimpin penelitian tersebut seperti yang dikutip dari health.detik.com.

2. Meminum Campuran Baking Soda dan Air

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School mengatakan bahwa nyeri dada yang diakibatkan asam lambung naik dapat diatasi dengan memanfaatkan baking soda.

Hal ini disebabkan oleh sifat basa yang bisa menetralkan asam yang berlebihan dilambung.

Jacqueline Wolf Md., seorang ahli kesehatan menyarankan untuk mengatasi asam lambung dengan cara meminum campuran 1/2 hingga 1 sendok teh baking soda yang dicampur dengan segelas air.

Namun, apabila asam lambung Kamu naik terlalu sering Kamu harus menghindari minuman ini karena kandungan garamnya bisa mengakibatkan efek samping mual dan muntah.

3. Meminum 1/2 Gelas Lidah Buaya

“Lidah buaya mampu meredakan inflamasi di esofagus (kerongkongan) sebagaimana halnya di lambung,” kata Victor Sierpina Md. dari University of Texas Medical Branch tentang manfaat lidah buaya ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan nyeri didada.

Dokter Sierpina menyarankan bagi penderita asam lambung sebelum makan untuk meminum 1/2 gelas jus lidah buaya untuk orang yang sering mengalami refluks asam lambung.

4. Mengonsumsi Jahe

Mengonsumsi Jahe

Jahe memiliki kandungan sifat antiradang alami yang baik untuk menyembuhkan sakit asam lambung dan masalah ganguan saluran pencernaan lainnya. Kamu dapat menambahkan jahe parut kedalam teh atau mencampurkannya dengan masakan Kamu.

Walaupun masih sedikit penelitian tentang manfaat jahe dalam mengatasi asam lambung, banyak pengalaman yang sudah terbukti dengan khasiatnya. Kamu juga harus berhati-hati pada saat menggunakan cara yang satu ini. Karena, jahe hanya akan memiliki manfaat yang bagus apabila dikonsumsi dengan takaran yang pas. Jika dikonsumsi melebihi 2-4 gram sehari, jahe justru akan memperburuk nyeri dada akibat asam lambung.

5. Mengonsumsi Pisang

Mengonsumsi Pisang

Selain memiliki rasa yang enak dan banyak gizinya, ternyata makanan ini juga sangat bagus untuk mengatasi asam lambung. Pisang memiliki tingkat kandungan keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2. Karen itu, hal ini akan membuat pisang dapat menetralisir kadar asam yang berlebihan di lambung dan membantu meringankan gejalanya.

6. Putih Telur

Putih telur rebus merupakan suatu pilihan yang paling bagus sebagai makanan untuk mengatasi asam lambung. Namun Kamu harus perlu mengingat, untuk menghindari kuning telur. Karena kuning telur mengandung lemak tinggi dan dapat memperburuk kondisi Kamu yang sedang mengalami sakit asam lambung.

7. Meminum Ramuan Alami dari Mentimun

Berikut cara membuat ramuan alami dari mentimun yang ampuh untuk mengatasi asam lambung:

  1. ambil mentimun yang masih segar
  2. Iris mentimun tersebut dengan ketebalan 1 cm
  3. Kupas kulit dan buang bijinya agar kandungan nutrisi dan kesegarannya tetap terjaga
  4. Kamu dapat mencampur dengan bahan lain yang memiliki khasiat untuk meredakan sakit asam lambung misalnya yoghurt, wortel
  5. Untuk cara lain, campur 1 cangkir yoghurt dan setengah buah mentimun parut dengan merica, bawang putih, dan merica secukupnya
  6. Kamu bisa menggunakan ramuan alami tersebut sebagai saus untuk salad atau roti

8. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, dan lainnya merupakan pilihan makanan untuk asam lambung terbaik. Ini karena sayuran-sayuran tersebut rendah akan asam sehingga membuatnya baik dikonsumsi untuk meringankan gejala refluks yang sedang Kamu alami.

9. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak merupakan pilihan yang bagus untuk makanan asam lambung. Makanlah dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak yang dikukus atau bisa juga dengan cara memanggang maupun dibakar dan jangan digoreng karena minyak akan memperbarah gejala refluks.

Makanan Penyebab Asam Lambung

Seperti yang telah disebutkan di atas, dengan memperhatikan asupan makanan adalah faktor terpenting untuk mengatasi naiknya asam lambung.:

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang menjadi penyebab asam lambung. Oleh sebab itu, Kamu sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi makanan yang disebutkan di bawah ini.

1. Coklat

Cokelat adalah makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik dan harus Kamu hindari. Karena mengandung kafein dan stimulan lainnya seperti theobromine yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Bukan hanya itu saja, coklat juga dapat menyebabkan otot sfingter menjadi lemah dan lebih parahnya coklat memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Apabila makanan favorite Kamu coklat dan sedang mengalami sakit asam lambung, sebaiknya Kamu menghindarinya atau mengurangi

2. Soda

Selain dapat membuat perut kembung, minuman berkarbonasi seperti soda dapat menyebabkan asam lambung naik. Sementara, soda yang juga memiliki kandungan kafein yang dapat membuat asam di lambung semakin buruk.

Alasan itulah yang membuat soda menjadi salah satu makanan yang menyebabkan asam lambung yang harus dihindari. Apabila Kamu penderita asam lambung mengonsumsi soda, Kamu akan mengalami mual, panas lambung, dan mulas.

3. Makanan yang Digoreng

Makanan untuk asam lambung lainnya yang menyebabkan asam lambung dan harus hindari adalah makanan yang digoreng. Ya, diakui bahwa makanan yang digoreng juga dapat memicu refluks. Karena kandungan lemak yang tinggi didalam makanan yang digoreng yang akan mengakibatkan asam lambung naik dan menjalar ke ulu hati, dada hingga ke kerongkongan.

Makanan ini dikaitkan dengan panas lambung. Gejala yang mungkin dialami penderita adalah nyeri dada. Tidak hanya itu, makanan yang digoreng juga dikenal sebagai pemicu dari penyakit kolesterol.

4. Alkohol

Sama seperti halnya dengan minuman bersoda, bir, anggur, dan minuman keras lainnya yang dapat menyebabkan refluks. Karena Alkohol diyakini akan membuat katup yang berada di bawah kerongkongan melemah yang dapat menyebabkan refluks.

Apabila Kamu terlalu sering meminum alkohol, kerongkongan Kamu akan lebih sensitif terhadap asam lambung dan akan menyebabkan iritasi pada lapisan lambung secara perlahan.

5. Susu Berlemak Tinggi

Pada dasarnya, semua makanan yang memiliki lemak bisa menyebabkan refluks. Baik itu susu, keju, atau mentega mengandung lemak yang kurang tinggi. Jadi, Apabila makanan favorit Kamu keju dan mentega dan Kamu menderita sakit asam lambung, Kamu sebaiknya harus menghindari makanan ini. Agar lebih aman konsumsi produk olahan susu dengan versi yang rendah lemak.

6. Daging Berlemak Tinggi

Apabila Kamu memiliki gejala GERD, Kamu harus menghindari makanan daging berlemak tinggi karena ini merupakan salah satu makanan penyebab asam lambung naik. Daging berlemak tinggi memerlukan waktu yang lama untuk dicerna dengan baik oleh tubuh dan akan meningkatkan produksi asam ayng berlebihan.

7. Kopi

Dengan mengonsumsi kopi yang mengandung kafein sesekali memang tidak masalah. Apabila Kamu mengonsumsinya terlalu sering, hal ini akan menyebabkan asam lambung naik. Sebagai gantinya sebaiknya Kamu mengonsumsi teh hijau saja.

8. Tomat

Jika Kamu memiliki masalah asam lambung, sebaiknya Kamu menghindari untuk mengonsumsi tomat. Tomat memiliki kandungan asam sitrat dan malat yang akan meningkatkan kadar asam di lambung. Pada saat Kamu mengonsum tomat terlalu banyak, kadar asam yang ada didalam tomat ini dapat mempengaruhi saluran pencernaan dan juga akan mengalir ke kerongkongan.

9. Makanan Pedas

Makanan pedas adalah sumber penyebab sakit perut seperti mulas, hingga naiknya asam lambung. Alasannya, makanan pedas mengandung zat capsaicin yang mungkin memperlambat kinerja sistem pencernaan. Apabila kinerja sistem pencernaan lambat, tentu saja proses pencernaan akan membutuhkan waktu lebih lama. Padahal apabila makanan yang dicerna terlalu lama akan menyebabkan risiko asam lambung naik.

10. Makanan Asin

Hampir sama dengan makanan pedas, makanan asin sama-sama berbahaya bagi penderita asam lambung. Akan tetapi, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa makanan asin dapat menyebabkan atau memicu naiknya asam lambung.

Salah satu kemungkinannya adalah makanan asin yang dimakan dengan makanan yang digoreng yang tentunya memiliki lemak yang tinggi bisa menjadi penyebab asam lambung naik.

Seperti kata pepatah, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Sebaiknya Kamu menghindari makanan ini.

11. Buah Citus

Buah citrus seperti Jeruk, lemon, jeruk nipis, serta jeruk bali dan segala jenis jeruk memiliki kadar asam yang tinggi dan tidak baik untuk lambung. Mungkin saja Kamu pernah mendengar bahwa jeruk bermanfaat untuk meredakan batuk. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Otology, Rhinology & Laryngology

12. Bawang Bombay

Berdasarkan Oklahoma Foundation for Digestive Research, menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit GERD dan mengonsumsi bawang bombay akan mengalami penurunan pH lambung dalam waktu cepat. Semakin rendah pH maka asam pun akan semakin tinggi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar