Skip to main content

17 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami Sangat Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi perut kembung sangat penting untuk diketahui karena telah terjadi gangguan didalam sistem pencernaan, memang bisa membuat Kamu tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas Kamu sehari-hari. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami yang dapat Kamu lakukan di rumah tanpa obat dan lebih efisien.

Meskipun secara alami, Kamu juga harus lebih berhati-hati dalam melakukannya, apalagi ada bahan-bahan di bawah ini yang membuat alergi Kamu kambuh.

Perut kembung merupakan suatu kondisi di mana saluran pencernaan dipenuhi dengan udara atau gas yang berlebih. Keadaan ini menyebabkan perasaan yang tidak nyaman karena perut terasa sakit dan dan juga lebih membesar dari sebelumnya.

Di bawah ini paltycox.com telah merangkum beberapa cara mengatasi kembung yang bisa Kamu dirumah lebih cepat dan aman. Yuk, disimak!!!

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Sebelum Kamu memustukan untuk mengonsumsi obat dalam mengatasi perut kembung Kamu, ada baiknya Kamu melakukan beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami ini untuk menghilangkan rasa kembung di perut Kamu. Berikut ini cara mengatasi perut kembung yang dianggap efektif.

1. Kompres dengan Air Panas

mengatasi perut kembung botol panas

Kamu dapat mengompres dengan menggunakan botol panas seperti pada gambar yaitu dengan cara :

  1. Isi botol panas dengan air panas
  2. Air panas nya harus air yang baru mendidih
  3. Tempelkan botol panas tersebut di area perut sampai botol panas tersebut dingin
  4. Lakukan hal tersebut secara berkala sampai perut kembung Kamu sembuh

Selain itu Kamu dapat menggunakan kain yang direndam dengan air panas, ataupun botol plastik seperti aqua yang dilapisi dengan kain agar meredakan perut kembung yang sedang Kamu alami. Hal ini cukup ampuh dan lebih efektif untuk dilakukan.

2. Menghindari Makanan yang Meningkatkan Gas di lambung

Kacang-kacangan banyak mengandung gas di lambung

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah Kamu harus memperhatikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh Kamu. Ketika Kamu sedang mengalami perut kembung, sebaiknya Kamu menghindari makanan yang terbuat kacang-kacangan, sayur kol, sayur brokoli bawang, kembang kol, jamur, dan juga makanan yang terbuat dari gandum utuh. Karena makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gas di lambung yang apabila Kamu konsumsi akan memperburuk keadaan yang sedang Kamu alami.

3. Kentut atau Sendawa

Kentut dan sendawa merupakan cara mengatasi perut kembung masuk angin paling alami dan juga ampuh yang bisa Kamu lakukan. Saat perut sudah tidak nyaman akibat perut kembung, segera cari tempat yang sepi untuk mengeluarkan gas yang ada didalam perut Kamu. Selain dengan kentut atau sendawa. Selain itu, buang air besar pun dapat mengeluarkan, karena dengan melakukan kegiatan ini, pergerakan di usus besar pun akan lebih cepat terjadi, sehingga sehingga gas bisa lebih cepat keluar dari lambung bersama dengan feses.

4. Menghindari Makanan Berlemak

Menghindari Makanan Berlemak

Untuk mengatasi perut kembung, Kamu juga harus mengurangi sekaligus juga menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Karena, selain dapat meningkatkan berat badan, makanan berlemak juga memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, karena makanan tersebut akan berdiam lebih lama di dalam lambung, sehingga meningkatkan produksi gas yang ada di lambung apalagi Kamu juga menderita asam lambung sangat tidak baik untuk Kamu konsumsi.

5. Berolahraga Ringan

Berolahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan dapat menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung yang yang sedang Kamu alami. Karena dengan olahraga, maka rasa yang tidak nyaman akibat penumpukan gas yang ada di dalam lambung akan berkurang. Berjalan santai merupakan salah satu contoh olahraga sederhana, yang bisa Kamu lakukan.

Berjalan santai lah sekitar 15 - 20 menit agar meringankan otot-otot usus dan membantu mengeluarkan gas yang berlebih yang terperangkap didalam perut. Olahraga lain juga dapat Kamu lakukan untuk mengatasi perut kembung Kamu contohnya seperti olahraga yoga.

6. Menghindari Minuman Bersoda

Minuman yang bersoda mengandung banyak gas yang bisa memperburuk keadaan perut kembung Kamu. Didalam minuman soda juga mengandung karbon dioksida yang apabila Kamu konsumsi dapat membuat perut penuh dengan gas. Begitu juga dengan gula dan pemanis buatan yang terdapat di dalamnya.

Jadi, dengan menghindari minuman yang bersoda merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung yang sederhana namun efektif untuk Kamu lakukan.

7. Melakukan Pijatan di Area Perut

Memijat pada area perut, dapat mengurangi rasa kembung yang sedang Kamu alami. Karena dapat membantu untuk melancarkan pergerakan sistem pencernaan saat mencerna makanan. Namun apabila sedang menjalani kehamilan, sebaiknya Kamu lebih berhati-hati untuk melakukan pijatan.

Berikut di bawah ini tahapan dalam memijat area perut untuk mengatasi perut kembung.

  • Letakkan kedua tangan di atas pinggang bagian kanan.
  • Pijat dengan gerakan memutar dengan pelan-pelan dan berikan tekanan ringan di bagian kanan tulang rusuk.
  • Pijat mengarah ke perut bagian atas hingga ke tulang rusuk sebelah kiri.
  • Lanjut pijat ke bagian bawah menuju tulang pinggul sebelah kiri.
  • Ulangi pemijatan tersebut sampai Kamu merasa nyaman dan nyeri pada perut kembung Kamu mereda.

8. Tidak Berbicara Saat Makan

Apakah Kamu tahu? mencegah terlalu banyak udara atau angin masuk kedalam tubuh, bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung yang efektif? Berbicara pada saat makan adalah kebiasaan yang bisa menyebabkan hal tersebut yaitu masuk angin dan akan mengakibatkan perut kembung.

9. Mengonsumsi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup, atau bakteri baik yang dapat memberikan manfaat pada saluran pencernaan. Contoh probiotik yang dapat Kamu konsumsi adalah yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

10. Mengonsumsi Rempah-rempah

Mengonsumsi Rempah-rempah

Dengan mengonsumsi beberapa jenis rempah-rempah, merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami dan juga hal ini sudah terbukti dan ampuh. Rempah-rempah yang dapat digunakan untuk meredakan perut kembung seperti bahan dapur yaitu antara lain jahe, jintan, dan daun basil.

11. Menghindari Makanan Asin

Mengonsumsi banyak garam dapat menyebabkan perut kembung. Karena garam mengandung zat yaitu sodium yang dapat membuat tubuh menahan air secara berlebihan.

12. Minum Teh Peppermint

Minum Teh Peppermint

Masalah pada gangguan sistem pencernaan bisa diatasi dengan meminum teh peppermint, lho. Karena kandungan mentol yang terdapat pada peppermint bersifat antipasmodik (reaksi otot) sehingga dapat meningkatkan fungsi sitem saluran pencernaan. Teh ini juga dipercaya untuk menyembuhkan perut kembung dengan cepat dan juga ampuh. Pasalnya teh peppermint diketahui dapat merangsang sekresi asam pencernaan dan membantu mengeluarkan gas yang menumpuk didalam lambung.

13. Mengonsumsi Pisang

Pisang merupakan salah satu obat perut kembung masuk angin secara alami. Sebagai salah satu sumber potasium terbaik pada pisang, kandungan tersebut dapat membantu mengatasi perut kembung. Bukan hanya pisang saja, Kamu juga dapat mengonsumsi bahan makanan yang mengandung potasium lainnya misalnya sayuran hijau, biji-bijian, serta alpukat.

Pencegahan dan Cara Mengatasi Perut Kembung Terus Menerus

Bukan hanya mengetahui cara mengatasi perut kembung terus menerus, Kamu juga dapat melakukan pencegahan kondisi ini dengan berbagai metode. Berikut adalah beberapa di antaranya.

14. Meminum Minuman dengan Perasan Lemon

Irisan buah lemon biasanya digunakan untuk menambah kesegaran dari sebuah minuman. Akan tetapi bukan hanya itu saja, buah ini pun ternyata dapat membantu menstimulasi saluran sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat akan mengurai makanan dengan lebih baik dan juga menyerap lebih banyak nutrisi serta mencegah perut kembung.

15. Stop Merokok

Stop Merokok

Menelan asap rokok ternyata akan membawa udara yang dapat menimbulkan banyak gas di dalam perut, semakin banyak Kamu merokok, maka semakin banyak juga jumlah gas yang akan menumpuk di perut Kamu tepatnya pada saluran sistem pencernaan Kamu. Maka Kamu sebaiknya berhenti atau mengurangi mengonsumsi rokok. Hal ini dapat mencegah atau mengurangi risiko perut kembung.

16. Membatasi Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Gula yang terkandung didalam permen karet, bisa menyebabkan kembung diperut pada beberapa orang. Selain itu, mengunyah permen karet juga secara otomatis akan membuat tubuh menelan lebih banyak udara atau angin yang nantinya akan menumpuk di lambung, dan akhirnya menyebabkan perut menjadi kembung.

17. Membatasi Porsi Makanan

Membatasi Porsi Makanan

Banyak orang yang mengalami perut kembung setelah makan dalam porsi yang jumlahnya banyak. Maka dari itu, agar kembung cepat reda, Kamu sebaiknya makan dalam porsi yang lebih kecil, tapi lebih sering hal ini juga dapat membantu mengatasi asam lambung Kamu.

Menelan makanan terlalu cepat juga bisa membuat udara masuk lebih banyak ke saluran sistem pencernaan. Tidak hanya itu, kebiasaan seperti minum menggunakan sedotan juga akan meningkatkan jumlah gas di lambung. Jadi untuk mencegah perut kembung agar tidak semakin parah, sebaiknya hindari minum dengan menggunakan sedotan.

Penyebab dari Perut Kembung

Selain mengetahui cara mengatasi perut kembung dan cara pencegahannya, ada baiknya Kamu mengetahui penyebab perut kembung yang sedang Kamu alami. Berikut ini beberapa diantaranya

1. Adanya Penyakit Lambung

Beberapa penyakit lambung seperti maag, GERD, dan kanker menyebabkan gejala dari perut kembung. Karena pada kondisi ini gas akan lebih banyak diproduksi sehingga membuat saluran sistem pencernaan akan terasa penuh.

2. Susah BAB dan Diare

Mengalami gangguan pada usus seperti susah BAB dan diare dapat mengakibatkan perut kembung, karena akan lebih banyak gas yang diproduksi oleh tubuh. Dan hasilnya akan susah untuk mengeluarkan gas yang ada didalam perut sehingga perut akan terasa kembung.

3. Hormon Tidak Seimbang

Hormon memiliki fungsi untuk menjaga proses sistem pencernaan agar berjalan dengan baik. Apabila hormon sudah tidak seimbang, pencernaan bisa terganggu dan akan memproduksi gas berlebih. Kedua hal tersebutlah yang menyebabkan perut menjadi kembung.

4. Bakteri Jahat di Usus

Bakteri jahat dalam usus dapat menyebabkan reaksi sistem imun berlebihan serta mudah alergi atau intoleransi makanan. Hal tersebut sangat menyebabkan perut menjadi kembung.

5. Kekurangan Enzim

Organ pencernaan membutuhkan nutrisi yang dibutuhkan agar dapat bekerja secara optimal. Jika sampai kurang nutrisi, kinerja proses pencernaan akan menurun dan terganggu. Produksi enzim yang terganggu akibat hal tersebut akan meningkatkan produksi gas.

6. Masuk Angin

Masuk angin adalah sebuah kondisi yang sebenarnya tidak ada dalam istilah medis. Kondisi ini dipercaya disebabkan oleh terlalu banyak angin yang masuk ke dalam tubuh, baik karena terlalu banyak angin yang ditelan saat berbicara, makan, hingga tertawa.

Akhir Kata

Sebenarnya perut kembung bukanlah kondisi yang parah dan juga bisa sembuh dengan baik. Namun, apabila setelah melakukan cara mengatasi perut kembung di atas, kondisi Kamu tidak kunjung reda, maka Kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Kamu juga disarankan berkonsultasi dengan dokter, apabila kondisi perut kembung disertai dengan gejala lain seperti dibawah ini:

  • Diare
  • Rasa nyeri yang teramat sangat
  • Perdarahan saat buang air besar
  • Warna feses yang berbeda dari biasanya
  • Mengalami penurunan berat badan
  • Muncul nyeri pada bagian dada
  • Tidak nafsu makan atau menjadi cepat kenyang

Gejala-gejala di atas dapat menjadi penanda adanya gangguan pencernaan lain yang perlu diwaspadai. Sehingga, pemeriksaan dokter dapat membantu mengidentifikasi jenis gangguan pencernaan yang terjadi, secara tepat.

Itulah 17 cara mengatasi perut kembung secara alami dan efektif yang bisa kamu lakukan dirumah. Semoga tulisan ini bisa membantumu untuk lebih produktif ya, Sahabat, Salam Sehat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar