--> Skip to main content

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Merah Bagi Hamil

Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Merah


5 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Merah Bagi Hamil - Manfaat buah naga bagi ibu hamil, bagaimana dengan Kamu ibu hamil, sudah pernah merasain nikmatnya buah naga? Kamu menyukainya atau tidak? Memang buah naga kulit luarnya agak bertumpuk-tumpuk dan berwarna merah keunguan, itulah ciri khas dari buah naga merah.



Masa kehamilan adalah salah satu dimana masa paling penting disebuah kehidupan yang akan menjadi calon seorang ibu. Pada saat hamillah waktunya untuk berpola gaya hidup sehat untuk kesehatan dan juga pada janin.



Buah naga adalah salah satu buah yang mempunyai bermacam jenis manfaat untuk ibu hamil dan juga calon bayi. Untuk membantu kesehatan tubuh pada ibu hamil, Kamu yang sebagai ibu hamil harus pintar untuk memilih asupan gizi yang baik. Simak berikut ini manfaat buah naga merah untuk kesehatan ibu dan janin.


Manfaat Buah Naga Untuk Bumil ( Ibu Hamil )

Manfaat Buah Naga Merah Bagi Ibu Hamil



Jika Kamu bertanya-tanya didalam hati “apakah aman mengonsumsi buah naga pada saat hamil?” Yaa, tentu saja sudah aman mengonsumsi buah pada pada saat hamil. Malahan, banyak sekali manfaat buah naga merah untuk kehamilan.


1. Gizi Dari Buah Naga Dapat Mencegah Cacat Lahir Bayi



Buah naga memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi, sehingga membuat buah naga merah ini menjadi pilihan yang sehat bagi ibu hamil. Asam folat dapat melindungi bayi yang ada didalam kandungan dari cacat tabung saraf.

Buah naga merah juga memiliki banyak nutrisi yang penting seperti vitamin B1,B2,B3 dan juga vitamin C. Dan juga dapat menjaga pertumbuhan dan perkembangan calon bayi dengan baik.

2. Buah Naga Sebagai Sumber Karbohidrat



Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi 9 sampai 11 porsi makanan yang mengandung karbohidrat dalam sehari. Karbohidrat berguna sebagai sumber energi dan membantu pertumbuhan dan perkembangan pada calon bayi. Kamu dapat mengonsumsi buah naga sebagai sumber karbohidrat yang alami.



Daging buah naga mengandung sekitar 11gr karbohidrat atau setara dengan 62 kalori. Untuk dapat memenuhi asupan karbohidrat, Kamu bisa juga mencoba makanan lain sebagai sumber karbohidrat tambahan seperti nasi, roti gandum, sereal, sayuran dan lainnya.


3. Buah Naga Sebagai Antioksidan



Buah naga juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Ibu hamil yang mengonsumsi buah yang memiliki antioksidan yang tinggi dapat menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolestrol dalam darah, menguatkan sistem imun (kekebalan) tubuh,mencegah pertumbuhan sel kanker, dan juga membantu perkembangan otak pada calon bayi.



Buah naga memiliki beberapa jenis kandungan antioksidan yaitu, betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Kamu bisa mendapatkan antioksidan lainnya dari sayuran, dan buah buahan lainnya seperti apel, pir, anggur, brokoli, asparagus, tomat dan lainnya.


4. Buah Naga Sebagai Sumber Serat



Ibu hamil juga harus mengonsumsi makanan banyak serat agar dapat mengatasi sembelit pada saat hamil. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi serat 25 hingga 35gr serat perharinya. Serat juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Buah naga mengandung serat sebanyak 3gr serat per 100gr. Untuk dapat mencukupi serat pada tubuh, Kamu juga dapat mencukupinya dengan mengonsumsi makanan tambahan lain misalnya, roti dan seral dari gandum utuh.


5. Kandungan Zat Besi



Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Zat besi memiliki peranan penting yaitu untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Zat besi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil. Ibu hamil setidaknya mengonsumsi zat besi 27mg zat per harinya. Kamu bisa mendapatkan zat besi tambahan untuk mencukupi zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengonsumsi buah naga merah. Buah naga ini dapat memberi asupan 10,6 persen kebutuhan zat besi harian. Kekurangan dari zat besi dapat menyebabkan bayi menjadi lahir dalam keadaan premature atau cacat bawaan lahir.



Buah naga memiliki bentuk yang sangat unik dan memiliki warna daging yang bervariasi. Ada beberapa cara lain untuk mengonsumsi buah naga, misalnya dimakan langsung atau dibuat menjadi jus.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar