--> Skip to main content

Pengaruh Update Artikel Blog di Peringkat Google

Pengaruh Update Artikel Blog di Peringkat Google

Pengaruh Update Artikel Blog di Peringkat Google - Kita setuju bahwa Google Search Engine sangat menyukai blog yang melakukan pembaruan konten secara teratur, tetapi akankah pembaruan konten secara otomatis memengaruhi peringkat blog di seluruh mesin pencari Google? Sampai sekarang belum ada yang bisa menarik kesimpulan yang pasti tentang ini karena selain konten yang up-to-date, algoritma Google juga sangat memperhatikan kualitas konten untuk peringkat blog di mesin pencari.

Pemeringkatan Google dan Alexa sering digunakan sebagai referensi bagi webmaster untuk menentukan kualitas sebuah blog / situs web. Sekarang dalam artikel ini paltycox.com ingin mengulas sedikit tentang pengaruh pembaruan posting blog di Google dan peringkat Alexa.

Lalu apakah kita hanya fokus pada konten berkualitas? Tentu saja tidak. Meningkatnya jumlah artikel dengan berbagai kata kunci pasti akan membuka peluang bagi blogger untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Jadi, seorang blogger profesional pasti akan memperhatikan up date dan juga kualitas konten yang diposting karena kedua hal tersebut saling terkait.

1. Pengaruh Pembaruan Blog di Google SERP

Banyak asumsi dari blogger yang mengatakan bahwa blog yang memposting setiap hari akan mendapatkan porsi yang lebih baik dari Google SERP. Ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar lho. Seperti yang dinyatakan oleh Matt Cuts (Kepala tim webspam di Google), Google lebih memilih blog dengan konten berkualitas di hasil pencarian mesin pencari mereka.

Dalam video YouTube, Matt Cuts mengatakan bahwa akan lebih baik jika pemilik blog fokus pada persiapan konten yang baik, dan menguntungkan pembaca, meskipun itu membutuhkan lebih banyak waktu, daripada mencoba memperbarui blog mereka dengan konten yang buruk atau 'sebagaimana adanya'. Ini tentu tidak berlaku jika blog tidak ditujukan untuk bisnis. Jika Kamu ingin blog yang dibangun menjadi sesuatu yang bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, maka memperhatikan konten yang berkualitas adalah suatu keharusan. Blog dengan konten yang memberi nilai pembaca akan sangat mudah untuk mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari Google.

2. Pengaruh Pembaruan Blog pada Ranking Alexa.com

Peringkat Alexa berbeda dari peringkat situs web di mesin pencari Google. Alexa menilai peringkat situs web berdasarkan beberapa faktor, seperti konten terbaru, jumlah pengunjung, tampilan halaman, aktivitas pengunjung di situs web, dan lainnya. Meskipun beberapa webmaster dapat mengakali sistem peringkat Alexa, peringkat Alexa di situs web masih dianggap penting.

Alexa mempertimbangkan pembaruan akun untuk konten blog di peringkat situs web, semakin sering Kamu memperbarui konten, peringkat Alexa cenderung menjadi lebih baik. Jadi, jika Kamu ingin membuat peringkat Alexa situs web Anda lebih 'ramping' maka disarankan untuk sering memperbarui blog Kamu.

Kamu tidak boleh terlalu pusing dengan peringkat Alexa blog Kamu, dan tidak perlu memanipulasi peringkat Alexa seperti yang dilakukan sebagian blogger. Kamu harus fokus membangun konten yang baik secara teratur, mempromosikan konten Kamu secara teratur, meningkatkan jumlah pengunjung unik, sehingga peringkat blog Alexa Kamu akan meningkat dengan sendirinya.

3. Pengaruh Pembaruan Blog pada Pengunjung

Blog yang terkenal dan memiliki pengunjung setia, tentu saja melakukan pembaruan konten secara teratur menjadi sesuatu yang sangat penting. Bayangkan jika blog Kamu tidak up to date selama seminggu atau sebulan, meskipun pengunjung setia Kamu membuka blog setiap hari. Tentu saja pengunjung blog Kamu akan bosan dan kecewa, ya, kemungkinan besar mereka akan beralih ke blog lain. Meskipun banyak pengunjung blog Kamu berasal dari mesin pencari, konten baru dan terbaru masih diperlukan. Terutama jika pengunjung blog Kamu kebanyakan berasal dari situs rujukan atau dari pengunjung langsung.

Selain itu, blog yang memiliki topik tertentu harus selalu diperbarui, misalnya blog yang membahas topik bisnis, media sosial, blogging, lowongan kerja, selebritas, permainan, dan lainnya. Tetapi ada juga blog yang tidak membutuhkan banyak informasi terbaru, misalnya blog dengan topik subjek sekolah yang tidak banyak berubah.

Menurut paltycox.com, pembaruan konten sangat penting. Tetapi yang lebih penting adalah membangun konten berkualitas dan memberikan nilai kepada pembaca blog Kamu. Konten seperti ini biasanya lebih mudah masuk halaman utama hasil pencarian Google dan lebih awet. Dengan membangun konten berkualitas secara konsisten, Kamu memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google dan Alexa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar