Skip to main content

Pengertian Backlink, Manfaat dan Cara Mendapatkan Berkualitas

Pengertian Backlink, Manfaat dan Cara Mendapatkan Berkualitas

Pengertian Backlink, Manfaat dan Cara Mendapatkannya - Yang Saya bahas kali ini di paltycox.com adalah tentang backlink. Tiga aspek yang harus Kamu ketahui tentang backlink, yang akan kita bahas.
  1. Penjelasan: Apa itu Backlink?
  2. Manfaat Backlink untuk Blog
  3. Cara Menerima Backlink Berkualitas

Tentunya Kamu menginginkan situs web yang Kamu kelola yang SEO bagus di mesin pencari kan?

Memang, Backlink adalah peran utama yang paling berperan terhadap situs web SEO. Karenanya, aspek yang satu ini tidak bisa diremehkan.

Namun, harap dicatat bahwa mendapatkan backlink untuk situs itu tidak semudah kelihatannya. Lebih dari beberapa blogger bersedia mengeluarkan uang untuk membeli backlink untuk meningkatkan SEO situs web mereka.

Tetapi tentu saja kita tidak dapat mencoba metode ini untuk mendapatkan backlink.

Sebelum melanjutkan ke diskusi berikutnya, apakah Kamu mengerti atau tidak tentang backlink? Apa backlink yang diminta? Manfaat backlink?

Jika Kamu tidak mengerti, kami pasti akan membahas sedikit tentang Backlink itu sendiri.

1. Pengertian Backlink

Backlink memiliki nama lain yaitu tautan kembali.

Selain itu, menurut Wikipedia, Backlink juga dikenal sebagai tautan masuk, inbound link, dan inlink.

Backlink itu sendiri berarti link yang mengarah ke suatu situs web atau halaman web.

Dalam terminologi dasar link, Backlink adalah link yang diterima oleh node web (halaman web, direktori, situs web, atau domain tingkat atas) dari node web lainnya.

Intinya sederhana, Backlink adalah link yang mengarah ke situs Kamu. Baik aktif atau tidak aktif.

Misalnya seperti ini ...

Kamu memiliki gambar yang Kamu buat sendiri. Lalu Kamu lampirkan gambar ke blog Kamu.

Lalu ada blogger lain yang dengan sengaja mengambil gambar yang Kamu buat. Dan dia mempostingnya di blog-nya.

Namun, untuk persetujuan Kamu, blogger menyertakan tautan aktif yang berisi gambar sumber yang disatukan ke situs Kamu.

Contoh:


Contoh di atas merupakan sebuah backlink backlink.

Karena mengutip dari sumber blog Kamu, maka blogger yang mengambil gambar Kamu secara langsung telah memberikan sebuah backlink ke situs web Kamu.

Bukan hanya itu, Backlink juga dibagi menjadi dua bagian:

  1. Backlink DoFollow
  2. Backlink NoFollow

Dengan membaca pengertian dan contoh di atas, saya pikir saya sudah cukup membuat Kamu mengerti tentang apa itu pengertian backlink.

Backlink DoFollow

Kata DoFollow berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata "do" dan "follow" yang berarti "mengikuti". Jika ada link yang tertaut dalam postingan ke situs lain yang berisi DoFollow, ini berarti bahwa blog tersebut mengikuti link yang tertaut.

Ketika Google Bot melakukan perayapan (crawl) ke situs yang ditautkan. Google Bot tersebut akan mengindeksnya sampai ke akar-akar nya.

Backlink DoFollow sebenarnya adalah default. Yang berarti, setiap tautan dalam postingan akan secara otomatis menjadi dofollow sehingga tidak perlu melakukan apa pun jika Kamu bermaksud membuat tautan DoFollow.

Contoh Backlink DoFollow

<a href=”http://www.paltycox.com/”>paltycox</a>

Jika Kamu ingin memberikan tautan DoFollow ke orang lain, harap tautkan dalam teks yang berisi kata kunci yang ditargetkan sehingga Google merayapi kata kunci, dan link tersebut langsung di indeks oleh Google.

Backlink NoFollow

Sedangkan kata NoFollow terdiri dari dua suku kata yaitu "no" dan "follow" yang berarti "tidak mengikuti". Jika link dalam postingan dipasang nofollow, maka saat Google merayap atau melakukan crawl, maka link tersebut tidak akan diindeks sama sekali.

Contoh Backlink NoFollow

<a href=”http://www.paltycox.com/” rel=”nofollow”>paltycox</a>

Jika Kamu ingin memberikan link ke seseorang, biasanya gunakan link DoFollow karena itu akan saling menguntungkan. Jadi, jika Kamu ingin membuat backlink ke paltycox.com, buatlah dalam bentuk DoFollow.

Saya rasa Kamu sudah mengerti perbedaan backlink DoFollow dan NoFollow. Jadi kita akan melanjutkan diskusi selanjutnya tentang manfaat backlink untuk blog. Apakah ini berarti besar atau tidak? Lalu, dampak positif atau negatif?

2. Manfaat Backlink untuk Blog

Tentu saja salah satu manfaat dari backlink adalah untuk SEO. Bahkan backlink sangat memiliki peran yang besar untuk menentukan peringkat  atau rank blog Kamu.

Semakin banyak 'backlink', semakin baik untuk kualitas blog kita di mata mesin pencari.

Tetapi tentu saja backlink yang dianggap positif adalah backlink berkualitas, yang diperoleh secara alami. Bukan backlink yang diposting di sana-sini di komentar blog orang lain. Bahkan, backlink yang dihasilkan melalui spam akan berpengaruh negatif pada peringkat blog.

Apa alasan saya dapat mengatakan bahwa jika backlink yang dihasilkan dari spam akan berpengaruh sangat buruk terhadap peringkat blog? Tahu darimana?

Jelas saya tidak mengada-ada.

Google sendiri mengatakan bahwa salah satu aspek penilaian sebuah situs untuk populer adalah faktor backlink. Tapi seperti yang saya sebutkan, Google lebih memilih backlink berkualitas.

3. Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Meskipun kita tahu bahwa mendapatkan backlink yang berkualitas itu sungguh tidak mudah, namun masih ada cara untuk mendapatkannya. Yang berarti Kamu masih bisa membangun backlink yang berkualitas dan akan sedikit lebih sulit.

Lalu bagaimana cara mengatur backlink berkualitas? Yaitu dengan;

  • Konten ‘Menjual’
  • Penulis Tamu
  • Penulis dengan imbalan backlink

Paling tidak, ada tiga cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Meskipun memang ada banyak cara untuk mendapatkan backlink selain ketiga aspek ini. Tetapi backlink yang Kamu peroleh bukan backlink berkualitas tinggi atau berkualitas buruk. Karena itu, saya tidak menambahkannya ke topik ini.

Hanya tiga cara yang dapat Kamu lakukan untuk mendapatkan backlink yang benar-benar berkualitas. Yaitu, dengan konten 'menjual', penulis tamu, dan penulis dengan imbalan backlink.

Konten 'Menjual'

Mungkin Kamu masih bingung tentang konten 'menjual' yang saya maksud di sini.

Konten ‘menjual', maksud saya adalah konten yang Kamu buat sendiri atau karya Kamu sendiri.

Misalnya : gambar, ebook, audio, atau hasil survei yang Kamu buat sendiri.

Kemudian Kamu menggunakan konten buatan Kamu untuk keperluan artikel di blog Kamu.

Sehingga apabila ada blogger lain yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan yang Kamu bahas diblog Kamu, mungkin saja blogger tersebut akan menggunakan konten dan data yang sudah Kamu miliki untuk tujuan artikel.

Dan biasanya blogger yang merilis konten akan memberikan sumber konten agar dapat diterima kredibel. Meskipun tidak semua blogger akan menyediakan sumber, pasti ada beberapa yang menautkan backlink ke situs Kamu.

Itulah cara mendapatkan backlink berkualitas dengan konten 'menjual'.

Karena itu, mulai sekarang berhenti memberi spam dikolom komentar blog orang lain.

Penulis Tamu

Selain konten 'menjual', Kamu juga bisa menjadi penulis tamu untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Apa itu penulis tamu?

Sederhananya, penulis tamu adalah blogger yang mengunjungi blog orang lain dan menulis artikel untuk blog yang mereka kunjungi.

Bahkan, tidak sedikit blog yang dapat memungkinkan penulis untuk menautkan link aktif dalam artikel yang ia buat.

Tidak mengerti? Jadi saya membuat contoh ...

Kamu adalah penulis tamu di blog A, dan katakanlah Kamu menulis artikel tentang budaya di blog A.

Namun, dalam artikel yang Kamu buat, Kamu sengaja memasukkan tautan aktif yang mengarah ke blog Kamu. Kemudian pemilik blog tersebut mengizinkan nya.

Jadi setelah artikel itu diterbitkan, tautan otomatis aktif yang Kamu masukkan sebelumnya menjadi backlink untuk blog Kamu.

Begitulah cara penulis menerima backlink yang berkualitas.

Menulis Dengan Imbalan Backlink

Banyak situs memberikan imbalan setiap kali artikel orang lain dipublikasikan di situs itu.

Hadiahnya juga bervariasi, ada uang, ada backlink dan ada juga yang menyediakan keduanya.

Tentu saja menulis di situs-situs semacam itu bukanlah suatu hal yang mudah. Artikel Kamu ditinjau oleh pejabat di situs tersebut. Kemudian akan disetujui apabila tulisan tersebut berkualitas, maka pihak peninjau akan mempublikasikan artikel Kamu.

Untuk mendapatkan backlink Kamu sendiri, salah satunya Kamu dapat menulis di Hipwee.com, situs orang-orang muda yang sukses hanya dalam beberapa bulan setelah dibuat.

Situs Hipwee adalah situs yang memiliki peringkat di Google. Sebagian besar situs ini juga memiliki pelanggan yang sangat banyak.

Oleh karena itu, satu backlink berkualitas dari situs, itu akan meningkatkan peringkat situs web Kamu di mesin pencari.

Mungkin hanya itu yang bisa saya katakan tentang Pengertian backlink, Manfaat, dan cara mendapatkan backlink berkualitas ini.

Cukup Sekian dan Terimakasih :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar