--> Skip to main content

Pengertian dari Website, Sejarah, Unsur, Fungsi, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya

Semakin berkembangnya teknologi internet di Indonesia, semakin banyak pula website yang ada. Website itu adalah apa yang Kamu kunjungi di dalam Internet.

MulaiGoogle, Facebook, Twitter, Tokopedia, Bukalapak, hingga Paltycox.com. Ketika Kamu membuka layanan-layanan tersebut di perangkat desktop atau mobile, yang Kamu buka adalah website.

Walaupun sudah sering atau bahkan setiap hari berinteraksi dengan website, kemungkinan banyak dari Kamu yang belum mengetahui pemahaman apa itu pengertian dari website. Melalui artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian dari website beserta sejarah, jenis-jenis, dan manfaatnya.

Pengertian dari Website

Pengertian dari Website
Pengertian dari Website

Website merupakan sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan suatu tujuan tertentu dan saling berhubungan dan juga dapat diakses secara lebih luas melalui browser dengan menggunakan URL dari website tersebut.Website berisi tampilan berupa teks, gambar, animasi, video, audio atau gabungan satu dengan yang lainnya.

Dalam pengertian lain, adalah kumpulan halaman web yang saling terkoneksi dan memiliki data informasi yang saling terkait satu sama lain. Website terdiri dari halaman dan sekumpulan halaman yang disebut homepage.

Sejarah Website

Website yang pertama sekali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tanggal 6 Agustus tahun 1991. Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah agar lebih memudahkan para peneliti untuk bekerja ditempatnya pada saat akan bertukar atau melakukan perubahan dari suatu informasi.

Namun, siapa sangka bahwa dari kejadian yang sederhana itu akan menjadi sebuah loncatan besar pada sistem komunikasi bagi seluruh umat manusia.

Tonggak berdirinya sejarah dari website secara terbuka adalah pembuatan website bernama Mosaic oleh NCSA tahun 1993. Setelah itu, CERN, sebagai laboratorium tempat Tim Berners-Lee bekerja, membantu membuat perangkat lunak web itu secara gratis.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, website semakin berkembang karena sifatnya yang open source. Di akhir tahun 1993, terdapat lebih dari lima ratus situs website yang sudah online.

Sebagai perbandingan, di akhir tahun 2018 silam, jumlah situs website yang tercatat ialah 1,94 miliar di seluruh dunia dengan jumlah pengguna internet sebanyak 41 miliar jiwa pengguna.

Jika Kamu ingin mengetahui seperti apa bentuk tampilan website pertama sekali, silahkan buka link berikut http://info.cern.ch. Sebuah website dapat dimiliki oleh individu (perorangan), kelompok, organisasi, ataupun perusahaan. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau suatu topik tertentu, walaupun juga saat ini ada banyak sekali website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda.

Unsur-unsur Website

Terdapat 3 unsur yang sangat penting untuk pembuatan pada suatu website. Tanpa adanya salah satu dari unsur ini, website Kamu tidak akan pernah ditemukan dan tidak akan pernah diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur yang dimaksud adalah:

1. Domain

Apabila nama website diumpamakan sebagai suatu produk, maka Domain merupakan merek dari suatu produk tersebut. Nama dari domain merupakan nama unik yang akan menjadi identitas dari website. Domain dapat disewa melalui perusahaan pengelola domain internet.

Penggunaan dari domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk mengunjungi website tersebut. Dengan memilih nama domain yang unik dan menarik akan lebih membuat orang untuk mengingatnya dan akan dikunjungi lagi.

2. Hosting

Unser kedua dari website adalah Hosting yang tidak kalah pentingnya dengan domain. Hosting ini yang akan berperan sebagai alat penyimpanan atau database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang akan diperlukan dalam pembuatan suatu website.

Misalnya saja Kamu memiliki sebuah website blog pribadi yang sudah di-upgrade ke top level domain. Database informasi yang Kamu terbitkan di halaman web Kamu, baik itu berupa tulisan, video, maupun gambar, semuanya disimpan di sebuah web hosting.

Sekarang ini, ada banyak sekali jasa penyedia hosting. Kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Konten

Website dengan tanpa memiliki adanya konten, maka website tersebut sudah dipastikan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada sebuah website dapat berupa teks, gambar atau video. Apabila dilihat dari konten yang dibuat, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual-beli atau website yang berisikan konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.

Konten merupakan salah satu daya tarik dari sebuah website agar memiliki traffic jumlah pengunjung yang tinggi. Konten yang menarik menjadi syarat utama untuk sebuah website agar ramai dikunjungi oleh para pengguna internet.

Fungsi Website

Fungsi Website
Fungsi Website

Website dibuat dengan berbagai tujuan tertentu. Namun, tujuan yang paling utama dan menjadi tujuan website dibuat untuk pertama kalinya dalam sejarah adalah untuk saling bertukar informasi.

Manfaat dari website kini sudah diperluas, bukan hanya tempat untuk bertukar informasi. Website sudah menjadi semacam alat komunikasi yang cukup penting melalui media sosial.

Media sosial membawa pengaruh besar terhadap kehidupan manusia di mana definisi interaksi tidak hanya terjadi secara langsung. Media sosial sudah membuat perombakan yang begitu besar dari definisi interaksi sosial.

Media sosial juga berfungsi sebagai personal branding. LinkedIn merupakan salah satu contoh media sosial yang bergerak di bidang personal branding. Dari portofolio kerja hingga karya seni, semuanya dapat dibagikan di media sosial.


Website juga menjadi semacam alat hiburan dan pendidikan yang murah. Contoh sederhananya adalah YouTube, yang saat ini menjamur di Indonesia.


Bagi pengusaha dan pebisnis, website sangat berguna sebagai media untuk mempromosikan produk mereka. Dengan adanya website, informasi tentang produk atau layanannya dapat disebarluaskan dengan mudah tanpa biaya tinggi.

Selain promosi media, website juga bisa menjadi sarana menghasilkan uang. Baik melalui website pribadi atau media sosial, Kamu dapat mendaftarkannya di bagian Google Adsense untuk afiliasi. Cara kerjanya lumayan mudah, yaitu, Kamu akan mendapat komisi apabila ada pengunjung yang membeli barang melalui iklan Google di website Kamu.

Jenis-jenis Website

Jenis-jenis Website
Jenis-jenis Website

1. Website Statis

Jenis website ini memiliki tampilan yang tetap dan tidak berubah. Jika pemilik dari website ingin mengubah tampilannya, hal itu harus dilakukan dengan mengubah kode websitenya secara manual.

Contoh website yang termasuk dalam kategori jenis ini adalah Google. Biasanya, website statis memang dimiliki oleh perusahaan tempat mereka menampilkan informasi seperti profil perusahaan di halaman awal.

2. Website Dinamis

Jenis website ini adalah halaman web yang berisi perubahan terus-menerus, sesuai dengan konten yang diunggah. Biasanya, website yang dinamis memiliki tampilan yang cantik, kolom komentar, dan live chat. Beberapa contoh situs web dinamis adalah blog, website jual beli online, website situs berita.

3. Website Interaktif

Website ini adalah jenis halaman web yang dirancang untuk interaksi antar pengguna. Contoh website dari jenis ini adalah media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.


Tujuan Website

Tujuan Website
Tujuan Website

Website adalah media untuk menampilkan informasi. Awal informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa bentuktulisan. Saat ini berbagai tujuan website dapat Kamu temukan dengan mudah, bukan hanya untuk menampilkan informasi berupa bentuk tulisan saja. Berikut ini beberapa diantaranya yaitu :

1. Website Pribadi


Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Kamu gunakan untuk membuat website pribadi. Mulai dari layanan gratis hingga berbayar.


Untuk layanan yang gratis, Kamu harus bersedia memiliki alamat situs web seperti contoh www.namalayanan.com/usernamekamu atau www.namawebsite.blogspot.com.

Alamat website seperti contoh yang di atas tidak disarankan bagi Kamu yang ingin memiliki konten lengkap, seperti memiliki adanya video dan banyak gambar.

Biasanya, penyedia layanan website gratis akan menyediakan sumber daya (resource) terbatas.

Selain itu, alamat website Kamu akan sulit untuk bersaing di mesin pencari. Karena itu kami menyarankan bagi Kamu untuk membuat website melalui penyedia layanan domain dan hosting.

Jadi Kamu dapat membuat situs web yang lebih profesional di www.namakamu.com.

2. Website Toko Online

Tahukah Kamu website toko online di Indonesia yang sangat paling populer saat ini?

Sudah pasti Kamu sudah memiliki jawabannya.

Apakah Kamu ingin membuat website toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan website toko online yang sudah ada saat ini?

Jika benar, dengan menggunakan sebuah tool yang tepat, Kamu dapat membuatnya sendiri dalam hitungan jam bahkan menit, dan website toko online Kamu sudah dapat diakses melalui internet.

Seiring dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia, potensi konsumen/pembeli online juga akan semakin tinggi. Toko online merupakan salah satu cara berbisnis yang paling baik karena memiliki target marketing yang tak terbatas.

3. Blog

Blog biasanya berisi artikel artikel yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. Untuk contoh blog adalah apa yang saat ini Kamu sedang baca, yaitu blog paltycox.

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan teknologi, bisnis, blogging dan hal lainnya.

Untuk artikel yang dipublikasi setiap blog berbeda-beda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dibuat dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulisnya.

Manfaat Website

Website memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. Kamu dapat mengakses media sosial menggunakan Website. Belanja online juga dilakukan di Website. Ketika Kamu membutuhkan informasi penting, Kamu juga dapat menggunakan Website.

Manfaat dari Website tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan dari Website tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh Website yang penting bagi Kamu:

1. Membangun Personal Branding

Diharapkan dari manfaat Website pribadi, yaitu Website untuk personal branding. Dengan Website, Kamu dapat membangun branding pribadi yang kuat dan tepercaya.

Kamu dapat berbagi pekerjaan dan portofolio Kamu di Website. Baik itu tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik. Kamu dapat membuat personal branding profesional menggunakan Website.

2. Berbagi Cerita dan Informasi

Pernahkah Kamu membaca cerita dari Raditya Dika? Atau Mungkin Kamu pernah membaca kisah perjalanan Traveler Trinity. Mereka berdua adalah contoh blogger sukses dengan cerita melalui Website.

Kamu juga dapat mengikuti jejak mereka dengan mulai membuat blog. Dengan membuat blog Kamu dapat membagikan cerita atau informasi apa pun. Dari bepergian, penitipan anak, teknologi, keuangan, hingga kuliner.

3. Menghasilkan Uang

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan Website. Kamu bisa menjadi blogger atau influencer dan mendapatkan banyak dukungan atau tawaran kerja sama. Selain itu, Kamu juga dapat menerima Website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Kamu juga bisa mendapatkan program pemasaran afiliasi untuk menghasilkan uang dari Website. Pekerjaan Kamu sebagai pemasar afiliasi adalah meminta produk atau layanan dari perusahaan lain di Website Kamu. Maka Kamu bisa mendapatkan komisi jika Kamu membeli melalui Website Kamu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar