Skip to main content

13 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Paling Ampuh Cepat Sembuh

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Paling Ampuh

Cara mengobati sariawan ini sangat penting bagi Kamu yang sedang menderita sariawan. Sepertinya, hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan, entah itu di area bibir, pipi atau lidah. Sariawan bisa begitu menyakitkan sehingga membuat Kamu malas makan dan berbicara. Apabila Kamu sedang mencari obat sariawan, yang sedang Kamu alami, tapi bingung menentukannya? Selain obat yang memerlukan resep dokter, Kamu pun juga bisa menggunakan obat sariawan secara alami.

Selain aman untuk dilakukan, cara alami memiliki risiko efek samping yang sangat rendah dan bahkan dengan menggunakan bahan alami hampir tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan Kamu. Sebelum itu, Kamu harus mengetahui penyebab sariawan ini.

Penyebab Sariawan

Umumnya, sariawan adalah luka kecil berbentuk bulat yang menimbulkan rasa nyeri, perih dan menyerang sekitar bagian rongga mulut. Sariawan ini mempunyai warna putih dengan dikelilingi warna kemerahan dibagian mulut.

Sariawan atau disebut juga dengan istilah kedokterannya seperti, aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus dan juga penyakit sariawan ini tidak menular.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah melemah nya daya tahan tubuh dan kekurangan vitamin B12 atau asam folat, serta terjadi infeksi bakteri atau dari suatu virus tertentu. Bagi Kamu wanita, terkadang juga ada perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Walaupun sariawan ini tidak berbahaya, namun rasa perihnya terasa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan ini pun sangat lama sembuh, memerlukan waktu sekitar satu sampai dua minggu. Dibawah ini ada beberapa cara alami untuk mengobati dan menyembuhkan sariawan yang paling ampuh.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

1. Madu

Madu merupakan salah satu pilihan untuk mengobati sariawan secara alami yang paling ampuh dan cukup efektif. Caranya adalah sangat mudah yaitu dengan hanya mengoleskan madu pada sariawan. Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit sekaligus mempercepat proses pemulihan kandidiasis.

Kesimpulan itu diperoleh dari studi dari Arab Saudi pada 94 peserta yang secara rutin menerapkan madu ke sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit dapat Kamu gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sariawan. Ini karena garam memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri untuk mencegah sariawan akan memburuk.

Selain itu, garam juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Bukan hanya sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Untuk membuat air garam, tambahkan satu setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat. Aduk rata, lalu berkumur air di mulut dan jangan menelan.

Buang segera setelah selesai dan bilas dengan air minum. Ulangi air garam berkumur selama beberapa kali sehari sampai sariawan tampak mengempis

3. Kelapa

Kelapa dipercaya sebagai obat sariawan alami di daerah lidah atau bibir. Kelapa berfungsi untuk mencegah peradangan luka agar tidak bertambah buruk sekaligus mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

Kemudian, manfaat lain dari kelapa juga dipercaya membantu mendinginkan suhu tubuh, yang dalam beberapa kasus menjadi penyebab sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan santan atau minyak kelapa, lalu oleskan campuran tersebut ke sariawan Anda. Ulangi 3-4 kali sehari, sampai sariawan mulai tampak kempes.

4. Lidah Buaya

Sariawan di lidah atau area lain dapat membuat seluruh mulut Kamu terasa tidak nyaman dan panas. Cara mengobati sariawan alami lainnya yang bisa Kamu gunakan adalah lidah buaya.

Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung ke bagian sariawan. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua hingga tiga kali sehari.

Lidah buaya efektif untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai anti peradangan dan penghilang rasa sakit alami.

5. Es Batu

Dalam beberapa hari, sariawan di daerah mulut Kamu bisa membengkak dan terasa sakit. Agar sariawan cepat mengempis dan sembuh, cobalah kompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut.

Rasa sejuk yang berasal dari es batu bisa menjadi sariawan alami karena bisa meredakan rasa sakit. Jika sulit, lakukan dengan cara mengulum es batu di bagian lidah yang terdapat sariawan sampai benar-benar meleleh di mulut.

6. Menghindari Makanan Pedas

Makanan pedas dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan pada permukaan jaringan lunak tubuh. Jadi, batasi dulu porsi makanan yang terlalu pedas dan asam saat sedang sariawan.

Untuk mengobati sariawan secara alami, pilihlah makanan dengan sayuran hijau yang rasanya netral atau manis, susu, air kelapa, dan teh. Pilihan makanan dan minuman ini tidak mengandung asam sehingga aman untuk luka mulut Kamu.

7. Tomat

Selain berguna sebagai bahan untuk membuat sambal, tomat memiliki fungsi lain, yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengobati sariawan. Ini karena kandungan vitamin C dalam tomat sangat besar.

Untuk menyembuhkan sariawan, Kamu bisa mengonsumsi tomat segar hingga 3 kali sehari atau bahkan lebih. Lakukan metode ini secara teratur, maka Kamu dapat melihat hasilnya.

8. Pisang

Cara mengobati sariawan juga bisa dilakukan dengan pisang. Buah kuning ini ternyata mengandung vitamin C yang cukup bermanfaat bagi tubuh Kamu. Dan Kamu juga bisa menggunakannya dengan menghaluskan daging pisang hingga membentuk pasta, lalu tambahkan madu secukupnya dan aduk hingga rata.

Langkah selanjutnya adalah mengoleskannya pada sariawan dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan metode ini secara rutin.

9. Tanaman Echinacea

Echinacea merupakan tanaman yang akarnya atau daunnya dapat digunakan sebagai pengobatan hebal, Kamu juga bisa menggunakannya sebagai obat sariawan alami.

Ini karena bahan memiliki anti-inflamasi, anti-oksidan, dan menjaga sifat kekebalan. Kamu juga dapat mengonsumsinya dengan menyeduh teh sebagai tindakan pencegahan juga mempercepat penyembuhan luka yang disebabkan oleh sariawan.

10. Yogurt

Salah satu penyebab sariawan adalah adanya bakteri yang berkembang biak. Karena itu, Kamu bisa menjadikan yogurt sebagai sariawan alami. Ini karena mengonsumsi yogurt bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh Kamu.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa probiotik yang baik seperti lactobacillus dapat membantu menghilangkan bakteri jahat yang ada di tubuh. Sebagai tindakan pencegahan dan juga mempercepat proses penyembuhan, cukup mengkonsumsi yogurt di pagi hari secukupnya.

11. Daun Kemangi

Jika Kamu sering melihat daun kemangi yang sering digunakan sebagai makanan pendamping bersama dengan pecel atau nasi sambal, ternyata Kamu juga bisa menggunakan daun kemangi untuk mengobati sariawan tanpa rasa sakit.

Kamu bisa mengunyah daun kemangi ini untuk membuat sariawan Kamu membaik. Mengunyah daun kemangi ternyata dapat membuat sariawan Kamu sembuh. Metode ini bisa Kamu terapkan sebanyak 3 atau 4 kali sehari, maka sariawan Kamu pun akan segera membaik dan sembuh.

12. Kantong Teh Bekas

Bagi Kamu yang sedang menderita sariawan, Kamu bisa menggunakan kantong teh bekas untuk mengobatinya. Kantong teh bekas sebenarnya mengandung anti-virus dari asam tannin yang dapat menyembuhkan luka mulut Kamu. Dengan begitu Kamu tidak perlu khawatir, karena cara mengobati sariawan dengan kantong teh bekas ini tidak menimbulkan rasa sakit. Selain itu, kantong teh bekas juga mengandung sifat basa untuk membuat mulut asam Kamu menjadi netral sehingga mengurangi rasa sakit di luka mulut akibat sariawan. Caranya adalah dengan menempelkan kantong teh bekas pada sariawan yang sedang Kamu derita hanya sekitar kurang lebih lima menit saja.

13. Susu

Seperti yang kita ketahui tentang susu yang mengandung kalsium sangat tinggi, hal ini dapat melawan bakteri dan menyembuhkan luka sariawan Kamu. Dengan begitu, susu dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengobati sariawan.

Selain mengandung kalsium, susu juga mengandung lemak yang mengandung anti virus. Kandungan magnesium dalam susu juga dapat mengurangi risiko rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan pada mulut.

Akhir Kata

Demikianlah cara mengobati sariawan yang dapat Kamu lakukan dengan mudah, selain itu bahan-bahan alami yang digunakan juga sangat mudah didapat. Semoga bermanfaat bagi kesehatan Kamu, dan membuat Kamu cepat pulih. Selamat mencoba!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar