--> Skip to main content

Teks Eksposisi - Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh

Teks Eksposisi - Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Contoh

Ada banyak teks dalam bahasa Indonesia salah satunya adalah teks eksposisi., jika Kamu pernah menemukan sebuah teks yang didalamnya bersifat ajakan kepada seseorang, secara singkat padat dan jelas mungkin saja itu adalah teks eksposisi. Agar lebih paham dan mengerti apa itu teks eksposisi, kali ini kita akan membahas tentang teks eksposisi secara lengkap serta contohnya.

Pengertian Teks Eksposisi

Kata eksposisi itu sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu "eksposition" yang berarti sebuah teks dalam memberikan penjelasan. Jadi, eksposisi adalah jenis pengembangan penulisan paragraf yang berisi untuk memberikan penjelasan atau memberikan pemahaman secara singkat, padat dan jelas (akurat).

Pengertian teks eksposisi adalah suatu teks yang berisi paragraf atau karangan yang didalamnya berisi informasi dan pengetahuan yang dibuat secara singkat, padat, akurat dan mudah untuk dipahami oleh pembaca. Ada pun pendapat lain yang mengatakan teks eksposisi merupakan jenis teks yang berfungsi untuk menyampaikan gagasan-gagasan atau pemikiran mengenai topik tertentu. Teks eksposisi bersifat nyata, real dan ilmiah bisa juga dikatakan sebagai teks non fiksi.

Tujuan Teks Eksposisi

Adapun tujuan teks eksposisi antara lain:

  1. Bertujuan untuk menjelaskan sebuah informasi tertentu kepada pembaca guna untuk memperoleh pengetahuan secara detail / rinci dari suatu hal atau kejadian dengan membaca teks eksposisi.
  2. Bertujuan sebagai media untuk memberikan penjelasan terkait informasi tertentu yang bersifat ilmiah atau non fiksi secara rinci agar para pembaca mendapat pengetahuan.

Struktur Teks Eksposisi

Teks Eksposisi terdiri dari 4 bagian yaitu :

1. Judul

Judul bisa juga dikatakan dengan pembukaan atau orientasi merupakan bagian yang berisi pandangan awal penulis mengenai suatu permasalahan dengan jajaran yang relevan. Judul hendaknya ditulis dengan singkat, menarik dan penuh makna

2. Isi (Tesis)

Tesis adalah isi teks eksposisi yang berisi tentang kumpulan gagasan orang lain yang terkait dengan suatu permasalahan atau pokok bahasan yang sedang dibahas. Bagian ini memiliki fungsi untuk memperkenalkan suatu topik tertentu.

3. Argumentasi

Argumentasi merupakan bagian yang memuat bukti-bukti penjelasan secara detail yang relevan dan mendukung tesis. Biasanya argumentasi mengandung fakta-fakta yang signifikan dan berkaitan dengan pokok pembahasan seperti tanggal, latar, narasumber, dan penggunaan angka angka yang berisifat aktual.

3. Penegasan Ulang (Kesimpulan)

Penegasan ulang atau kesimpulan adalah bagian yang berisi judul/pembukaan, tesis hingga argumentasi yang disampaikan penulis yang tentunya disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan lebih singkat. Pengulangan tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada argumen yang telah disajikan di dalam bagian sebelumnya.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Terdapat beberapa ciri-cirinya antara lain :

  1. Singkat dan Padat
  2. Menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang suatu hal
  3. Gaya informasi yang bersifat mengajak
  4. Penyampaian secara sederhana dan menggunakan bahasa baku
  5. Bersifat netral dan objektif (tidak memihak)
  6. Penjelasannya disertai dengan bukti yang akurat
  7. Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi.
  8. Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Adapun beberapa jenis jenis teks eksposisi sebagai berikut :

Eksposisi Definisi

Jenis eksposisi ini berisi mengenai pengertian atau pemahaman dari suatu topik tertentu. Teks eksposisi definisi berisi penjelasan tentang sesuatu dengan membatasi suatu objek yang akan dibahas dalam bentuk tulisan.

Eksposisi Ilustrasi

Eksposisi ini menggunakan menjelaskan informasi tertentu dengan cara memberikan penggambaran sederhana atau bentuk faktual dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu yang yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.

Eksposisi Proses

Dalam eksposisi ini berisi tentang langkah-langkah atau tahapan-tahapan cara membuat sesuatu dari awal sampai akhir.

Eksposisi Laporan

Teks ini berisi laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.

Eksposisi Perbandingan

Eksposisi ini menerangkan ide atau gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan dengan yang lain.

Eksposisi Pertentangan

Eksposisi ini berisi tentang hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lain. Umumnya, jenis teks eksposisi ini menggunakan kata penghubung contohnya: meskipun begitu, akan tetapi, sebaliknya.

Eksposisi Berita

Eksposisi berita yaitu memberikan informasi dari suatu peristiwa atau kejadian, teks ini banyak ditemukan dalam berita atau surat kabar.

Eksposisi Analisis

Dalam jenis eksposisi analisis berisi proses pemecahan suatu masalah dari ide utama menjadi beberapa sub bagian, kemudian dilakukan pengembangan secara berurutan.

Eksposisi Klasifikasi

Jenis eksposisi ini berisi tentang penjabaran mengenai sesuatu yang dibagi dan mengelompokkan kedalam beberapa kategori. Tujuan pengelompokan tersebut yakni untuk menjelaskan tiap kelompok hingga menjadi jelas serta dapat mudah dipahami oleh pembaca.

Unsur Kaidah Penulisan Teks Eksposisi

Ada beberapa langkah dalam penulisan teks eksposisi antara lain :

1. Tentukan topik yang akan disajikan

Langkah pertama yang harus dibuat saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan temanya, pada saat melakukan penulisan kita lebih fokus pada temanya sehingga dapat lebih menjiwai tulisan yang dibuat. Terdapat sifat dari topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi.

2. Tentukan tujuan dari eksposisi

Setelah menentukan topik yang akan disajikan, kita harus memiliki tujuan yang akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.

3. Pilih data sesuai tema

Setelah menentukan tema dan menentukan tujuan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang dibutuhkan dalam teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian internet, surat kabar, atau wawancara langsung.

4. Buat kerangka karangan

Sebelum pembuatan karangan eksposisi, terlebih dahulu uat kerangkanya kerja yang lengkap dan sistematis.

5. Pembahasan dengan mengembangkan kerangka karangan

Setelah kerangka karangan dibuat, kembangkan lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, penulis lebih lanjut menjelaskan tujuan dari topik dengan menyertakan bukti-bukti yang aktual untuk mendukung pembahasan itu.

6. Buat Kesimpulan

Sesuai dengan tujuan karangan eksposisi, kesimpulan harus selaras, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.

Unsur kebahasaan Teks Eksposisi

1. Pronomina

Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan kata benda atau frasa nomina. Pronomina dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu pronomina persona dan pronomina nonpersona.

Pronomina Persona : Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu Persona Tunggal meliputi: ia, dia, anda, kamu, aku, saudara, -nya, -mu, -ku, si-., dan Persona Jamak meliputi : kita, kami, kalian, mereka, hadirin, para.

Pronomina Nonpersona : Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) adalah Pronomina Penunjuk meliputi: ini, sini, situ, itu, sana. dan pronomina penanya meliputi: apa, mana, siapa.

Nomina dan Verba

Nomina (kata benda) : Merupakan kata yang penting mengacu pada benda, baik nyata ataupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berupa nomina dasar atau nomina turunan. Nomina dasar meliputi: gambar, meja, rumah, pisau. Nomina turunan meliputi: perbuatan, pembelian, kekuatan, dll.

Verba (kata kerja) : Merupakan kata yang mengandung makna dasar tindakan, proses, atau kondisi yang bukan sifat. Dalam kalimat biasanya berperan sebagaipredikat.

Konjungsi

Kata penghubung (konjungsi) contohnya pada kenyataannya, kemudian, lebih lanjut. Konjungsi digunakan untuk memperkuat argumentasi, kata hubung atau konjungsi dapat dimanfaatkan. Dalam konteks pengajuan pendapat tentang kebijakan bahasa ASEAN itu, penulis menghubungkan argumentasi dengan kata hubung pada kenyataannya, kemudian, dan lebih lanjut. Idealnya, argumentasi tidak dibuat secara acak. Kata hubung seperti itu dapat digunakan untuk menata argumentasi dengan cara menguraikan dari yang paling kuat menuju ke yang paling lemah begitu pula sebaliknya.

Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya

Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi dan strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tesis

Sirih merah adalah jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini dapat dibudidayakan untuk membuat lebih banyak persediaan tanaman obat. Salah satu tanaman obat ini memiliki banyak fungsi di dunia kesehatan.

Argumentasi

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman ini sering digunakan sebagai obat diabetes, kanker, bahkan obat ketombe. Tidak hanya itu, bisa juga menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan tanaman ini dengan cara mengambil daunnya kemudian diolah dengan cara direbus. Tanaman ini memiliki kemampuan menjadi obat karena didalam nya terkandung senyawa aktif, seperti minyak atsiri, polivenl, euganor dan lain-lain.

Penegasan Ulang (Kesimpulan)

Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa sirih merah bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit dengan cara tradisional.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Berita

Tesis :

Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Jenis kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki kegiatan transportasi yang berbeda pula.

Argumentasi :

Aktivitas (kegiatan) transportasi harian relatif menyebabkan pergerakan yang bersifat berulang. Contohnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah.Di Yogyakarta, kota kita tercinta, kemacetan terjadi setiap hari di titik-titik yang menjadi jalur perpindahan pekerja dan siswa dari rumah mereka ke lokasi kerja dan sekolah.

Kemacetan yang berulang dalam jangka panjang cenderung terjadi pada musim liburan dan lebaran. Pada tahap kedatangan dan kembali, kemacetan parah akan terjadi di jalan-jalan di luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan, dan Jalan Wates). Dalam rentang antara periode-periode ini, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.

Pengegasan Ulang :

Kemacetan harian yang dominan disebabkan oleh aktivitas internal komunitas. Kemacetan lalu lintas yang berulang setiap hari adalah akses dari pola tempat tinggal, pekerjaan dan sekolah. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

Tesis

Di era seperti sekarang ini, membuang sampah tidak pada tempatnya seperti membuang di sungai, di selokan dan tempat lainnya yang seharusnya bukan tempat sampah seolah menjadi hal yang lumrah. Ditambah lagi banyak orang orang di kota yang buang sampah sembarangan. Hal ini bisa kita lihat dari jumlahnya saluran sungai yang terhalang oleh sampah sampah yang setiap saat bisa mengakibatkan bencana banjir.

Argumentasi

Beberapa pengamat menyimpulkan setiap tahunnya jumlah manusia yang melakukan kegiatan membuang sampah di sungai semakin bertambah. Manusia juga belum pernah kapok dengan terjadinya banjir yang seringkali menimpa mereka sebab tingkah mereka sendiri. Bencana tersebut banyak juga menelan korban jiwa. Tak hanya korban luka tapi juga korban meninggal, namun hal ini tidak membuat mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Ulang

Seharusnya, setelah mengetahui bencana yang terjadi akibat ulah mereka sendiri, mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan lingkungan dan banyak orang. Agar saluran air sungai lancar serta tidak menimbulkan bencana banjir.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Tesis

Hakikatnya organisasi tidak terlepas dari sebuah pertikaian. Sudah pasti banyak yang pernah mengikuti organisasi dan pasti pernah membahas pertikaian baik itu soal kecil maupun besar. Hal ini seperti bumbu layaknya di dunia perpolitikan.

Argumentasi

Bagi mereka yang pernah berorganisasi dan memberikan pendapat bahwa karena ada yang tidak suka dengan salah satu anggota semua akan   terpengaruh, hal tersebut tergantung dari kedewasaan masing masing. Jadi bisa memilih mana yang baik dan yang tidak baik.

Penegasan Ulang

Kenapa bisa ada pertikaian? Karena terjadi kesalahpahaman karena adu mulut dan lidah yang tak memiliki tulang mengatakan yang tidak seharusnya, hal inilah yang menjadi penyebab pertikaian, sebenarnya bila didiskusikan dengan rinci, akan baik baik saja, karena memang semua membutuhkan komunikasi. Sehingga sekecil apa pertikaian itu dapat diselesaikan bersama, karena dari hal kecil dapat menjadi besar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Tesis

Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

Argumentasi

Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”

“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

Penegasan Ulang :

Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis

Beberapa waktu kemarin sistem pendidikan di negara kita (Indonesia) melakukan perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah sekolah yang belum memakai kurikulum 2016.

Argumentasi

Kementrian pendidikan dan budaya telah menjelaskan bahwa kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah yang memiliki standard internasional.

Terdapat syarat-syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 salah satunya yakni harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya memaparkan bahwa kurikulum 2013 lebih fokus ke pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, serta keterampilan atas dasar kepada pendekatan ilmiah.

Selain itu, kurikulum 2013 juga fokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan lewat pengamatan, percobaan, serta penciptaan sebuah karya.

Tidak hanya itu, wakil kementerian pendidikan dan budaya, Musliar kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 akan fokus pada praktik dari pada hafalan, karena selama ini para siswa hanya dibebani oleh hafalan-hafalan saja tetapi seperti kurang efektif dalam meningkatkan kreativitas.

Anggota dan pertimbangan presiden, Meutia Hatta, mengatakan bahwa kurikulum 2013 bertujuan untuk membentuk generasi yang berkualitas, cinta kepada bangsa dan Negara.

Kurikulum 2013 menuntut siswa agar aktif saat berlangsungnya proses pembelajaran, jadi yang diharapkan agar bisa membentuk generasi berkualitas. Masih banyak dari masyarakat yang menolak atau tidak setuju diterapkan kurikulum 2013. Mereka berpikir perubahan kurikulum terlalu mendadak dan memaksakan.

Ada juga yang beranggapan bahwa kurikulum 2013 kurang fokus karena menggabungkan 2 mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Penegasan Ulang

Meskipun akan membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi lebih sederhana, tapi tingkat pemahaman dan pengetahuan para siswa jadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, melainkan di pisah yang bisa saja membuat para siswa menjadi bingung.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Laporan

Tesis

Jika Pemerintah tidak dengan cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatra akan musnah. Hilangnya hutan di Sumatra juga akan diikuti oleh musnahnya hutan di Kalimantan. Pengelolaan hutan tidak hanya menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebaliknya, kecenderungannya justru akan semakin memburuk. Kebakaran hutan akan terus terjadi dan penebangan liar juga semakin meningkat. Diperburuk lagi dengan adanya rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. Keadaan tersebut sudah jelas akan menambah suram nasib hutan.

Argumentasi

Kondisi hutan Indonesia sungguh sudah sangat memprihatinkan. Dalam kurun waktu kurang lebih lima puluh tahun, hutan alam Indonesia akan mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. Pembukaan hutan alam di dataran rendah Sulawesi juga telah memusnahkan keanekaragaman hayati.

Berjuta-juta spesies baik flora dan fauna telah musnah dengan percuma. Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan justru akan menambah masalah kerusakan hutan. Munculnya El Nino memperburuk kondisi hutan.

Di Pulau Sumatera berdasarkan titik kebakaran yang terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang sebanyak 13%, hutan dataran rendah sebanyak 10%, permukiman/pertanian masyarakat sebanyak 10%, perkebunan sebanyak 8%, dan sisanya rawa (non gambut). Kebakaran hutan memberikan kerugian yang tidak sedikit. Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya mencapai sebesar $3-$4,4 miliar atau yaitu sekitar Rp 2-4 triliun.

Penegasan Ulang

Rupanya kedua masalah tersebut belum cukup. Pemerintah juga menambah masalah lagi dengan rencana pembukaan kawasan hutan lindung yang digunakan untuk areal pertambangan. Kebijakan tersebut jelas akan semakin menyempurnakan derita hutan Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Tesis

Semua warga di indonesia akan tidak makan jika tak ada kesibukan dalam bidang pertanian. Namun, ironisnya, beberapa besar petani, terutama juga beberapa buruh tani, kesusahan untuk memenuhi keperluan ekonomi.

Hal semacam ini seharusnya tidak dapat berlangsung, namun sebenarnya beda ; malah beberapa tengkulak serta pedagang justru yang memperoleh banyak keuntungan dari semua kesibukan para petani di pertanian.

Argumentasi

Salah satu diantara penyebabnya keterpurukan ekonomi yaitu beberapa buruh tani yaitu hadirnya para tengkulak yang lebih menguasai serta mempermainkan harga dari hasil tani. Hal semacam ini adalah semacam fenomena yang telah berlangsung mulai sejak jaman dahulu serta akan masih tetap berlanjut hingga saat ini, dimana seakan-akan nasib beberapa petani berhenti di satu titik.

Penyebabnya ke-2 dari keterpurukan ekonomi para buruh tani yaitu minimnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani. Andaikata pemerintah lebih intens lagi dalam memerhatikan kesejahteraan para petani, mungkin saja semangat serta skala hidup para petani juga akan makin bertambah hingga hal semacam ini akan menyebabkan perkembangan.

Beda perihal dengan pertanian di negara-negara maju yang mana menjadi seorang petani adalah hal yang sangat mengagumkan serta tidak sembarang orang bisa mengerjakannya.

Meski sebenarnya, walau perkembangan masyarakat makin cepat, ruang ataupun lahan pertanian di indonesia masih begitu luas serta ditambah lebih luas lagi bila dibanding dengan ruang pertanian di negara beda.

Akan tetapi, produksi pertanian di indonesia masih tetap kalah dengan beberapa negara dengan lokasi lebih sempit misalnya seperti Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan mungkin juga negara-negara maju seperti di Amerika serta Australia.

Mengapa hal tersebut dapat berlangsung? Sudah pasti salah satu diantara penyebabnya yaitu keterpurukan hidup para petani hingga inovasi kreatif untuk meningkatkan produksi pertanian terhalang. Yang ada para petani belum juga meningkatkan seluruh bentuk kesempatan pertanian yang ada karena sedang lebih repot untuk mengatasi cara bertahan hidup.

Penegasan Ulang

Jika Pemerintah Indonesia memprioritaskan pertanian menjadi basis ekonomi negara, jadi telah harusnya nasib beberapa petani juga akan menjadi lebih baik. Namun, sayangnya pemerintah lebih memprioritaskan industri dan juga bidang usaha beda yang malah bukanlah menjadi akar dari kekayaan tanah air Indonesia sampai negara ini senantiasa terdapat di tempat yang terombang-ambing karena tidak berdasar pada basis ekonomi yang seharusnya, yaitu pertanian.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Tesis

Ilmu alam adalah ilmu yang mempelajari tentang objek empiris di alam semesta. Mempelajari berbagai gejala dan peristiwa sesuai dengan objek telaahnya dan bermanfaat untuk kehidupan manusia. Karena objek telaahnya, sehingga ilmu alam bisa disebut sebagai pengetahuan empiris. Memiliki asumsi terkait objek telaahnya.

Menganggap objek-objek tertentu mempunyai kemiripan satu dengan lainnya, objek yang dipelajari tak pernah mengalami perubahan baik dalam perspektif tempat dan waktu. Menganggap setiap gejala bukan bagian dari gejala kejadian yang mempunyai sifat kebetulan.

Argumentasi

Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan segala aspek kehidupannya, yaitu tingkah laku, ciri khasnya, dan hubungan dengan yang lain. Terjadi dalam lingkup perseorangan maupun secara bersama-sama baik jumlah kecil maupun jumlah besar.

Objek ilmu sosial dengan objek ilmu alam tidaklah sama. Material objek dalam ilmu sosial adalah berupa tingkah laku dengan tindakan yang khas manusia, bebas, dan tidak deterministik.

Beberapa karakter penelaahan objek ilmu sosial yaitu objek penelaahan yang kompleks, kesulitan dalam pengamatan karena sifat objek yang berubah-ubah, objek penelaahan ilmu sosial tidak terulang, hubungan antara peneliti dengan objek peneliti sosial sering kali sulit untuk diprediksi. Dalam menjelaskan ilmu sosial dibutuhkan penjelasan yang lebih rinci untuk mampu menerangkan suatu gejala.

Penegasan Ulang

Perbedaan antara ilmu alam dan ilmu sosial berada di bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu alam mempelajari hal yang objektif, tidak hidup dan dunia fisik, sehingga tidak mengalami perubahan jangka waktu tertentu.

Sedangkan ilmu sosial adalah proses hasil akal manusia, subjektif dan emotif, yaitu adalah tingkah laku khas manusia. Namun dari keduanya mempunyai manfaat yang sama penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Tesis

Pisang adalah tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah. Pisang biasa diambil buahnya hanya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C) mineral ( kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan besi) serta karbohidrat.

Selain buah, seluruh bagian dari tanaman pisang dari daun, bonggol, jantung, hati, bahkan hingga kulit pisang mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Argumentasi

Daun pisang dapat digunakan masyarakat sebagai alat membungkus makanan atau bahkan tempe. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, selain juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun pisang mempunyai zat polifenol yang dapat digunakan sebagai antioksidan.

Antioksidan dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Membungkus makanan menggunakan daun pisang juga akan membuat makanan tersebut terserap kandungan daun pisangnya.

Masyarakat di pedesaan juga memanfaatkan jantung pisang yang sudah waktunya dipotong dari pohonnya untuk dimasak. Kebiasaan ini sudah turun menurun. Jantung pohon pisang mengandung flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas dan pemicu kanker.

Jantung pisang mengandung mineral, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan c serta protein. Hal ini juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan seperti mencegah diabetes, stroke, gondok,anemia, dan dapat menurunkan kolesterol.

Penegasan Ulang

Pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Baik dengan mengkonsumsi secara langsung, maupun dengan proses pengolahan terlebih dahulu.

Seharusnya ketika memanen buah pisang, bagian pisang lainnya juga dimanfaatkan untuk dapat dikonsumsi. Dengan mengetahui beragam manfaat dan cara pengolahan buah ini, masyarakat bisa memanfaatkannya baik untuk pribadi atau menjadikan sebagai lahan usaha.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Tesis

Ekonomi rakyat adalah bagian “kegiatan ekonomi rakyat banyak”. Jika harus dihubungkan dengan kegiatan pertanian, maka kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau nelayan kecil atau peternak, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan lain sebagainya; dan bukan perkebunan maupun peternak besar atau pertanian, dan banyak hal lagi.

Argumentasi

Perspektif lain dari nama ekonomi rakyat ini dapat dilihat juga dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi untuk rakyat dari rakyat, dan oleh rakyat”, seperti bunyi demokrasi.

“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi berhubungan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas atas rakyat untuk sumber daya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung seluruh kegiatan produktif dan konsumtif.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi serta konsumsi yang dikerjakan dan dilakukan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak untuk pengelolaan proses produktif dan juga konsumtif itu. Berhubungan dengan sumber daya (produktif dan konsumtif).

Rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan memutuskan sistem pemanfaatan mana yang dipilih misalnya berapa banyak jumlah yang dimanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, siapa yang memanfaatkan, bagaimana menjaga kelestarian untuk proses pemanfaatan dan seluruh hal terkaitnya dilakukan oleh rakyat.

Penegasan Ulang

Dalam hal ini perlu dikemukakan bahwa ekonomi rakyat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak adanya pembatasan mengenai terkait besaran, sifat usaha, jenis produk, permodalan, dan lain sebagainya.

Ekonomi rakyat tidak eksklusif namun cukup inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri atas pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan juga kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya memfasilitasi ekonomi rakyat untuk terus survive dan berkembang sejalan melalui perkembangan sosial ekonomi masyarakat.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Tesis

Pendidikan merupakan senjata yang paling ampuh, karena dengan pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa arti itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.

Argumentasi

Pendidikan yang saat ini ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan. Apa yang harusnya sekarang disadari oleh para pelajar yaitu adanya keinginan belajar dan berprestasi.

Dengan tekad kuat untuk membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, maka para pelajar harus segera menyadari bahwa pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada sudah ditopang oleh pemerintah.

Dengan begitu, derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui dikancah internasional dunia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan dianggap remeh, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun, pendidikan yang ada sering kali dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal itu mencoreng dunia pendidikan Indonesia.

Penegasan Ulang

Maka dari itu tugas kita sekarang adalah tetap mempertahankan pendidikan yang ada. Membantu keseimbangan dalam sistem pendidikan dan juga terus memperbaiki kekeliruan terkait pendidikan yang terjadi di sekitar kita

Contoh Teks Eksposisi Proses

Tesis

Hujan adalah salah satu bentukan proses presipitasi. Hujan juga merupakan salah satu bentukan dari proses siklus hidrologi.

Argumentasi

Proses terjadinya hujan mulai dari sinar matahari yang membawa energi panas sehingga terjadi proses evaporasi. Dalam proses evaporasi, air di bumi (laut, danau, sungai serta badan air lainnya) menguap karena peningkatan suhu dari matahari. Kemudian menghasilkan uap air. Uap-uap air akan terangkat ke udara melalui proses kondensasi.

Setelah proses kondensasi, uap air berubah menjadi embun akibat oleh suhu di sekitar uap air lebih rendah dari titik embun air. Suhu udara semakin tinggi membuat titik dari embun semakin banyak lalu membentuk menjadi awan.

Penegasan Ulang

Begitulah proses pembentukan hujan dari awal hingga selanjutnya awan akan kembali menurunkan airnya ke bumi. Setelah tiba musim kemarau, air kembali menguap dan kembali menjadi awan.

Akhir Kata

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian teks eksposisi, ciri, tujuan, struktur kebahasaan, jenis dan contoh teks eksposisi secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar