--> Skip to main content

Apa Perbedaan Kabel USB 2.0 dan 3.0 ?

Setiap Laptop atau Komputer pasti memiliki lubang USB yang berwarna biru dan hitam putih. Lubang USB yang berwarna biru adalah USB 3.0 dan yang berwarna hitam atau putih adalah USB 2.0. Jadi apa perbedaan kabel USB 2.0 dan 3.0? Sebelum menjawabnya, sebaiknya Kamu harus tau pengertian USB terlebih dahulu. Simak penjelasan dibawah ini !!!

Pengertian USB

Singkatan dari USB adalah Universal Serial Bus yang berfungsi sebagai standar bermacam-macam perangkat keras yang terhubung ke komputer atau laptop, contohnya seperti mouse, keyboard, printer, harddisk dll.

USB pertama kali dikenalkan kepada dunia pada tahun 1996 yang pada saat itu masih USB 1.0 dan pada tahun 2001 muncullah USB 2.0 dan menjadi populer pada saat itu juga. Dengan kelebihan USB 2.0 yang melebihi 40 kali lipat USB 1.0 kecepatan USB 2.0 sekitar 480MBits/s atau 57MBytes/s.

Kemudian, pada tahun 2010 dikenalkan pada dunia yaitu USB 3.0, USB 2.0 dikenal dengan istilah High-Speed sedangkan untuk USB 3.0 di istilahkan dengan Super-Speed. Di istilahkan Super-Speed karena kecepatan dari USB 3.0 ini dikatakan sangat cepat.

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0

1. Metode Transfer Data

Kabel USB 2.0 menggunakan metode half-duplex yang berarti komunikasi yang terjadi pada transfer data hanya dapat dilakukan dalam satu arah.

Kabel USB 3.0 menggunakan metode full-duplex yang berarti komunikasi yang terjadi dalam transfer data dapat dilakukan dalam dua arah. Sehingga, pengguna dapat mengirim dan menerima data dalam waktu yang bersamaan.

2. Kecepatan Transfer Data

USB 2.0 memiiiki kecepatan transfer data sekitar 480 Mbps, sedangkan USB 3.0 menawarkan kecepatan hingga 4,8 Gbps alias 10 kali lebih cepat. Perlu diingat, kecepatan transfer itu juga tergantung pada perangkat yang digunakan dikoneksikan ya.

3. Ukuran dan Bentuk

Walaupun tidak terlihat dengan jelas, tapi kalau kita perhatikan sungguh-sungguh, ada perbedaan bentuk pada port atau colokan antara USB 2.0 dengan 3.0. Tentu ukuran USB 3.0 lebih besar karena jumlah kabelnya lebih banyak, dari 4 menjadi 8, dan terdapat penambahan bentuk lain. Dan dari segi warna Kabel USB 3.0 berwarna biru dan Kabel USB 2.0 berwarna hitam dan ada juga berwarna putih.

Ujung pada USB 3.0 sama dengan ujung USB 2.0, tetapi pada USB 3.0 kabel didalamnya akan lebih banyak, ada tambahan 4 jalur kabel dibanding USB 2.0 total ada 9 jalur kabel.

4. Daya

USB 2.0 dapat menyalurkan arus hingga 500 mA, sedangkan USB 3.0 hingga 900 mA sehingga memungkinkan perangkat yang haus daya terkoneksi dengan USB tipe ini.

5. Efisiensi

Teknologi USB 3.0 memungkinkan efisiensi daya yang lebih baik dengan daya yang lebih kecil untuk keadaan siaga atau untuk menghilangkan daya sepenuhnya ketika tidak digunakan. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh USB 2.0.

Kelebihan USB 3.0

Saat ini banyak perangkat elektronik yang masih menggunakan USB 2.0, bagaimana jika nanti sudah mulai berganti menggunakan USB 3.0? Dalam hal ini tidak perlu di khawatirkan, karena USB 3.0 memiliki kelebihan Seperti berikut :

Kompatibilitas USB 3.0

USB 3.0 kompatibel dengan USB 2.0, sehingga perangkat USB 2.0 tetap akan bisa digunakan di port USB 3.0 dan akan berjalan dengan kecepatan standard USB 2.0. Tetapi tidak bisa sebaliknya, perangkat USB 3.0 tidak bisa dipasang di port USB 2.0.

Dukungan Sistem Operasi

Windows 8, windows 10 dan Linux sudah mendukung USB 3.0, dan Mac akan segera mengikuti. Tetapi untuk Windows XP sampai saat ini belum ada kepastian apakah akan ada update untuk interface baru ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar