Skip to main content

HTML Dasar Part 01: Pengertian HTML dan Fungsinya

pengertian HTML

Kamu ingin belajar HTML? Bingung memulai darimana? Disini paltycox.com menyediakan sebagai tempat belajar html dari awal hingga mahir untuk Kamu pemula yang memang masih buta dengan html. Langkah pertama untuk membuat sebuah website terlebih dahulu, Kita harus tau pengertian HTML dan fungsinya simak penjelasan berikut!!!


Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language yang merupakan dasar dari seluruh halaman web yang ada di Internet. HTML adalah sekumpulan simbol atau kode yang ditempatkan di file yang dimaksudkan untuk ditampilkan di halaman web. Simbol ini mengidentifikasi elemen struktural seperti paragraf, judul, dan daftar. HTML juga dapat digunakan untuk menempatkan media (seperti grafik, video, dan audio) di sebuah halaman web.

Kata Hypertext dari HTML memiliki arti sebuah teks yang lebih dari sekedar teks, maksudnya disini adalah selain berfungsi sebagai teks biasa, sebuah teks di HTML juga berfungsi sebagai penghubung antar halaman atau biasanya disebut dengan link atau tautan.

Kata kedua dalam singkatan HTML adalah Markup. Markup jika diterjemahkan dari bahasa inggris adalah tanda atau simbol. Dalam HTML biasanya menggunakan tanda tanda khusus seperti. Tanda ini digunakan untuk membuat dan mengatur struktur format sebuah halaman web.

Yang terakhir adalah Language. Language sendiri apabila diterjemahkan adalah bahasa yang berarti sebuah bahasa web namun bukan bahasa program. HTML bukannlah sebuah bahasa pemrograman melainkan sebuah bahasa khusus. Karena HTML tidak memiliki struktur seperti: variabel, function, perulangan dan lain sebagainya.

Fungsi HTML

Dalam proses web development atau proses pembuatan web, HTML memiliki fungsi untuk membuat struktur halaman dari sebuah website. HTML akan digunakan untuk menandai bagian mana saja yang akan menjadi dari judul halaman, paragraf dan lainnya.

Untuk tampilan dari website seperti contoh apakah akan menggunakan warna latar belakang biru atau hijau? Hal yang menangani itu adalah CSS (Cascading Style Sheet) sebuah teknologi web lain.

Untuk membuat sebuah halaman web modern tidak hanya menggunakan HTML + CSS saja, namun memerlukan bantuan dari bahasa pemrograman web lain seperti Javascript. Saya disini menggunakan istilah "web modern" karena kita tetap bisa membuat website dari HTML saja (tanpa memerlukan bantuan dari CSS dan Javascript), namun web yang dihasilkan terkesan "kuno" hanya teks doang, tidak memiliki tampilan web yang cantik (sesuai standar saat ini).

Banyak pertanyaan seperti: Jadi, bagaimana membuat bingkai atau border dari sebuah gambar? Atau bagaimana cara membuat menu bar ketika scroll dia akan tersembunyi? Semua efek tampilan dan interaksi tidak dapat dilakukan oleh HTML saja akan tetapi dibuat dari gabungan HTML + CSS + Javascript.

Dilihat dari fungsinya ketiga teknologi web ini memiliki peran masing-masing. HTML digunakan untuk membuat konten, CSS mempercantik tampilan, dan Javascript sebagai efek interaksi.

Atau istilah elegannya: HTML for content, CSS for presentation and Javascript for behavior. Ketiga teknologi inilah yang mendasari semua website yang ada didalam Internet.


Selanjutnya kita akan memilih text editor apa yang akan kita gunakan, untuk belajar koding HTML untuk pemula. Disini saya akan menemani proses belajar Kamu, sampai Kamu mahir HTML. Dan menjadi programmer yang handal.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar