Skip to main content

HTML Dasar Part 03: Mengenal Struktur Dasar HTML

struktur dasar html

Setiap dari file yang memiliki ekstension HTML wajib mempunyai struktur dasar HTML. Apabila Kamu masih pemula dan belum tau apa saja struktur dari HTML yaitu terdiri dari : Tag DOCTYPE, tag HTML, tag HEAD, tag TITLE, dan yang terakhir tag BODY. Inilah yang disebut struktur dasar HTML, meskipun tanpa penulisan struktur yang tepat, web browser akan tetap menjalankan dokumen HTML, akan tetapi susunan yang telah menjadi standar dari penulisan mungkin akan berantakan.


Agar lebih gampang untuk memahaminya, langsung saja buka pada text editor, disini saya menggunakan (Visual Studio Code), lalu ketikkan kode seperti dibawah ini :

Contoh Struktur Dasar Kode HTML


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
   <title>Selamat Pagi</title>
</head>
<body>
   Selamat Pagi Dunia Tipu Tipu !!!!
</body>
</html>
 

Setelah menuliskan kode tersebut, kemudian simpan sebagai struktur.html lalu jalankan file tersebut, atau dengan klik kanan -> Open With -> Google Chrome

Hasilnya :

file html pertama

Mari Kita bahas satu-satu!!!

Pengertian DOCTYPE

Tag awal dari struktur HTML adalah DOCTYPE atau ada juga yang menyebutnya DTD. DTD singkatan dari Document Type Declaration. DTD digunakan pada saat era HTML 4, dan sekarang sudah HTML 5.

Pengertian Tag <html>

Setelah DOCTYPE, tag selanjutnya adalah tag <html> yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada web browser bahwa file yang diproses adalah HTML. Tag html ini diawali dengan tag pembuka seperti <html> dan tag penutup seperti </html>.

Pengertian Tag <head>

Secara umum tag head berfungsi sebagai pemberi informasi tambahan untuk diproses oleh web browser dan tidak ditampilkan istilah hanya diproses dibalik layar, seperti untuk memasukkan kode CSS, JavaScript, dan kode-kode lainnya yang tidak tampil di browser.

Pengertian Tag <title>

Tag title ini berada didalam tag head dan berfungsi untuk menampilkan judul dari sebuah halaman html dan tampil dibagian atas web browser.

Tag <body>

Tag <body> berisi informasi yang akan ditampilkan kedalam halaman web browser seperti paragraf, link, tabel dan lain sebagainya. Tag body ini memiliki tag penutup </body> . Sebagian besar waktu dalam merancang website ini akan habis didalam tag <body> ini.


Struktur HTML yang Kita bahas kali ini adalah struktur HTML yang paling dasar dan sangat sederhana. Sebuah halaman web besar bisa memiliki ratusan bahkan ribuan baris kode yang ditulis dengan berbagai tag HTML. Selanjutnya, kita akan membahas tentang pengertian tag, atribut dan element di HTML.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar