Skip to main content

Perbedaan dari Open Source, Free Software, Freeware, Shareware

Perbedaan dari Open Source, Free Software, Freeware, Shareware

Diera teknologi yang sangat canggih sekarang ini, sebuah komputer tidak lepas dari yang namanya perangkat lunak atau biasa disebut Software. Ini termsasuk hal yang sangat penting bagi sebuah komputer.

Software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan, diatur dan dikelola didalam komputer, berupa program untuk menjalankan suatu perintah contohnya aplikasi yang ada didalam komputer. Dengan perkataan lain software adalah suatu sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan juga tidak terlihat.

Pembuatan dari software sendiri menggunakan "Bahasa Pemrograman" yang dibuat oleh programmer untuk dikompilasi dengan menggunakan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang dapat dibaca mesin "hardware"

Software memiliki beberapa jenis, yaitu software gratis (Freeware), uji coba (Shareware / Trialware), software menetap (Firmware), software bebas (Free Software), Software Perusak (Malware), Software sumber terbuka (Open Source). Dalam hal ini Saya akan membahas tiga jenis software yang membingungkan dan penting untuk Kamu ketahui, yaitu perbedaan antara Open Source, Freeware dan ShareWare. Simak penjelasan berikut dibawah ini !!!

Software Open Source

Pada software open source, seseorang dapat mengambil source code (sumber kode) dari sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mengembangkan software tersebut. Distribusi dari sebuah aplikasi open source yang sudah dimodifikasi atau sudah diubah biasanya berada dibawah pengawasan vendor terkait lisensi. Contoh dari open source adalah MongoDB, MySQL, Linux dan masih banyak lagi.

Free Software

Free Software hampir sama seperti open source, dimana si user dapat mendownload dan memodifikasi source code nya dari free software. Perbedaannya terletak pada vendor dari free software dapat meminta penggunanya membayar biaya tambahan untuk melakukan custom software terkait dengan lisensi. Contoh free software seperti Chrome, VLC Media Player, Firefox dan masih banyak lagi.

Freeware

Freeware juga dapat didownload secara gratis. Berbeda dengan seperti dua hal yang diatas, karena pada freeware, user tidak dapat mengakses source code dari software tersebut. Contoh freeware adalah Windows, CCleaner, AVG dan masih banyak lagi.

Shareware

Shareware merupakan software yang bisa didownload secara gratis oleh penggunanya. Namun, software tersebut hanya berlaku dalam periode tertentu / waktu terbatas. Istilahnya dalam masa percobaan, apabila penggunanya tertarik dan sesuai dengan keinginan, pengguna dapat melakukan pembelian atas software tersebut agar tidak ada batas waktu. Contoh shareware adalah Internet Download Manager (IDM), Winrar, Camtasia Studio, dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan perbedaan dari aplikasi Open Source, Free Software, Freeware dan Shareware, apabila ada yang kurang, silahkan berkomentar dibawah yahh :D

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar