Skip to main content

7 Aplikasi Terbaik Pembersih File Sampah PC atau Laptop Gratis

aplikasi terbaik pembersih file sampah

7 Aplikasi Terbaik Pembersih File Sampah PC/Laptop Gratis - Ketika membeli laptop pertama kali, baik itu sistem operasi yang menggunakan windows 7, 8 ataupun 10, mungkin Kamu merasakan kinerja dari laptop itu sangat ringan dan cepat.

Namun, lama kelamaan kinerja dari laptop tersebut menurun seiring berjalannya waktu. Jangan khawatir, mungkin itu disebabkan banyaknya file sampah dilaptop Kamu, disini saya akan memberikan aplikasi terbaik pembersih file sampah di pc gratis yang akan Kamu download dan install.

Jika Kamu masih menggunakan sistem operasi windows 7, segeralah upgrade windows 7 menjadi windows 10. Karena saat ini, windows 7 sudah ditiadakan.

Sebelum kita membahas aplikasi pembersih file sampah di pc, sebaiknya Kamu harus tahu dulu apa itu file sampah.

File sampah adalah sebuah istilah terhadap file yang tidak berguna dan disimpan secara otomatis didalam perangkat PC atau laptop, misalnya file cache, file temporary dsb.

File sampah yang sudah banyak dan menumpuk didalam hard disk akan memperlambat kinerja sistem dan kita butuh cara membersihkan hard disk agar performa kinerja komputer tetap stabil.

Aplikasi Pembersih File Sampah

Kita membutuhkan aplikasi pembersih file sampah untuk menghapus semua file yang tidak berguna.

Selain menggunakan aplikasi pembersih file sampah, kita juga harus tahu hal yang dapat memperlambat kinerja komputer, agar komputer atau laptop tetap stabil dan berjalan dengan baik.

Disini paltycox.com memberikan aplikasi terbaik pembersih file sampah yang dapat Kamu gunakan secara gratis, simak penjelasan berikut :

1. Wise Disk Cleaner

Wise Disk Cleaner

Wise Disk Cleaner adalah salah satu aplikasi pembersih file sampah di pc atau laptop secara gratis.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya fitur penjadwalan untuk membersihkan hard disk yang bisa diatur berdasarkan harian, mingguan atau bulanan. Aplikasi ini akan secara otomatis untuk menghapus file sampah ketika jadwalnya sudah tiba.


2. Total PC Cleaner

Total PC Cleaner

Aplikasi pembersih file sampah selanjutnya adalah Total PC Cleaner yang tersedia di Microsoft Store. Aplikasiini digunakan untuk mengoptimasi dan membersihkan pemakaian memori agar tetap stabil dan ringan.

Bentuk tampilan dari aplikasi ini dapat dikatakan sangat sederhana dan gampang untuk penggunaannya. Hanya memiliki satu jendela halaman saja untuk melakukan proses scanning. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya tinggal memilih tipe dari file sampah mana yang mau dibersihkan lalu tekan tombol scan.


3. CleanMaster

CleanMaster

CleanMaster adalah aplikasi yang terkenal untuk membersihkan file sampah pc/laptop. Aplikasi ini bisa dengan gampang menemukan dan lalu menghapus file yang tidak ada gunanya, hanya menghabiskan ruang penyimpanan dan mengakibatkan performa komputer melambat.

Aplikasi ini memiliki fitur anti pelacakan terhadap pc atau laptop yang sedang Kamu gunakan dengan mengaktifkan perlindungan privacy.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur, yaitu:

  • Junk Auto-Clean
  • Junk Clean
  • PC Boost
  • Auto Update

Namun, aplikasi ini hanya untuk pengguna sistem operasi windows.


4. BleachBit

BleachBit

BleachBit merupakan aplikasi pembersih sampah dan aplikasi ini bersifat open source yang bisa membantu Kamu untuk membersihkan file-file yang tidak berguna.

Untuk menghapus file sampah seperti icookies, chache, history browser. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini bisa Kamu gunakan untuk pengguna sistem operasi Windows dan Linux


5. CCleaner

CCleaner

Selanjutnya adalah aplikasi CCleaner sebagai pembersih file sampah. Aplikasi ini sudah banyak sekali digunakan orang untuk membersihkan cache dan history browser.

CCleaner memiliki fitur yang lumayan lengkap untuk mengoptimalkan sistem operasi yang digunakan. Dengan aplikasi ini, kita dapat membersihkan hard disk pada laptop.

Aplikasi ini bisa kita gunakan secara gratis, namun ada juga versi pro nya agar mendapatkan fitur yang lebih lengkap terhadap aplikasi ini.


6. Razer Cortex: System Booster

Razer Cortex: System Booster

Kali ini aplikasi pembersih file sampah bagi Kamu yang suka bermain game adalah Razer Cortex: System Booster.

Dengan aplikasi ini Kamu dapat bermain game dengan nyaman dan stabil serta menghindari komputer yang Kamu gunakan dari ngelag.


7. Ashampoo WinOptimizer

Ashampoo WinOptimizer adalah salah satu aplikasi pembersih file sampah di pc/laptop yang cukup powerful. Namun, aplikasi ini hanya untuk pengguna sistem operasi windows saja. Aplikasi ini dapat membersihkan file sampah yang terdapat pada sistem dan membuat kinerja komputer tetap stabil.

Aplikasi Ashampoo WinOptimizer memiliki fitur untuk keamanan yang berfungsi untuk mendeteksi file yang kita download dari internet dan melakukan scanning. Jika ada kode berbahaya dari file yang didownload tadi seperti : virus, worm, malware, trojan dll, maka file tersebut akan terdeteksi dan kita harus segera menghapus file tersebut agar tidak menjadi ancaman bagi laptop kita.


Itulah 7 aplikasi pembersih file sampah PC terbaik yang dapat Kamu gunakan secara gratis. Silahkan coba saja mana yang cocok untuk Kamu, semoga artikel ini membantu masalah Kamu terhadap file sampah yang bertumbuk. Terimakasih :)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar