Skip to main content

Cara Berinvestasi Untuk Pelajar Mahasiswa Modal Masa Depan

cara berinvestasi untuk pelajar modal masa depan

Cara berinvestasi untuk pelajar - Emangnya investasi itu untuk orang dewasa saja? Yang sudah memiliki penghasilan tetap? Zaman sekarang ini sudah tidak begitu lagi. Investasi sudah bisa dilakukan siapa saja, termasuk pelajar dan mahasiswa untuk modal masa depan.

Mungkin saja masih terdengar langka bagi pelajar untuk berinvestasi. Namun, dengan memiliki investasi sejak awal merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Cara Berinvestasi Untuk Pelajar

Investasi adalah tabungan yang diperoleh di waktu yang akan datang. Seharusnya selagi masih muda atau bahkan saat mahasiswa atau pelajar, kita harus memiliki kebiasaan melatih diri untuk berinvestasi. Karena akan membawa dampak positif dalam hal financialmu.

Hasil investasi dapat dinikmati diwaktu yang akan datang. Karena investasi ini merupakan tabungan dengan jangka panjang dan bisa menjadi modal masa depan nantinya. Terlebih dari itu, kebutuhan harga barang-barang yang semakin mahal. Adapun cara berinvestasi untuk pelajar atau mahasiswa antara lain :

1. Investasi Emas

Pasti Kamu juga tahu, harga emas yang semakin hari semakin naik. Cara berinvestasi emas cukup bagus untuk Kamu lakukan sebagai pelajar. Bukan harus membeli emas batangan, melainkan dengan membeli emas beberapa gram saja setiap bulannya. Misalnya setiap bulan Kamu seorang pelajar membeli emas sebesar 1 gram saja, lalu simpan. Maka setelah lulus sekolah, Kamu dapat 48 gram emas.

Jika pada saat pertama kali Kamu membeli emas 1 gram seharga 500.000, ada kemungkinan 4 tahun lagi, harga 1 gram emas menjadi 1.000.000 rupiah.

Emas adalah barang yang sangat mudah untuk dijual, karena emas termasuk perhiasan yang harganya cukup mahal dan juga banyak diminati oleh kebanyakan orang.

Bagaimana? Menjanjikan kan ?

2. Menabung

Investasi bukan harus dalam jumlah yang besar. Sebagai seorang pelajar, Kamu dapat melakukan cara terbaik berinvestasi untuk pelajar yaitu dengan cara menabung. Entah itu uang dari hasil menyisihkan uang jajan atau menyisihkan uang gaji bagi yang sambil bekerja. Melalui menabung, Kamu akan terlatih dengan gaya hidup berinvestasi.

Menabung dapat dilakukan di celengan atau di bank agar lebih aman, menabung tidak harus berjumlah besar, kecil saja tidak masalah yang penting konsisten. Dengan menabung yang sedikit demi sedikit pasti lama kelamaan akan menjadi banyak, memang semua butuh proses. Oleh karena itu, menabunglah mulai dari sekarang.

3. Deposito

Jika Kamu seorang pelajar mahasiswa memiliki uang lebih, tidak masalah untuk Kamu melakukan deposito.

Deposito adalah tabungan di bank yang penarikannya pada waktu tertentu saja. Masa untuk penarikan dari deposito bisa sampai bertahun-tahun. Ada yang sekali dalam setahun, sekali dalam dua tahun bahkan sampai 10 tahun. Melakukan investasi dengan deposito, maka Kamu akan hidup lebih hemat.

Berinvestasi dengan deposito, Kamu yang seorang pelajar mahasiswa tidak akan bisa menarik uang sesuai dengan keinginanmu. Hal ini berdampak positif, karena Kamu akan bisa mengatur segala bentuk keuangan mu. Dengan berinvestasi deposito, akan membuat hidup Kamu sebagai pelajar mahasiswa lebih teratur.

4. Reksadana

Dizaman era teknologi yang semakin canggih ini, banyak orang yang melirik layanan investasi seperti halnya Reksadana. Modal awal berinvestasi disini cukup dengan 100ribu rupiah saja. Jumlah yang tidak terlalu besar dan cocok untuk pelajar mahasiswa. Jika uang tersebut sudah Kamu berikan kepada pihak Reksadana, maka pihak reksadana sendirilah yang akan mengelola uang Kamu hingga berlipat ganda.

Selain dengan modal yang terbilang kecil, keuntungan yang ditawarkan Reksadana juga banyak yaitu : mengumpulkan uang dari para investor kemudian dijadikan modal bersama. Sebagai seorang pelajar mahasiswa, cara berinvestasi dengan reksadana ini dapat dikatakan cukup mudah. Karena tidak perlu bekerja capek-capek dan hanya menunggu hasilnya saja.

5. Saham

Cara berinvestasi untuk pelajar berikutnya adalah dengan investasi saham. Namun, untuk melakukan investasi saham modal yang dibutuhkan sangat besar dan sangat berisiko. Hal ini yang membuat para pelajar mahasiswa kurang berminat untuk melakukan investasi saham.

Resiko dan untung dalam investasi saham ini dapat dikatakan seimbang. Yang artinya seseorang bisa memperoleh untung yang besar dengan cepat dan juga bisa bangkrut dengan cepat. Namun, saat ini saham sekarang sudah ada yang bermodal kecil mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 2.000.000. Dengan begitu, hal ini menambah minat dari investasi untuk pelajar mahasiswa.

6. Logam Mulia

Pasti jika seorang pelajar mahasiswa mendengar harga "logam mulia" itu sangat mahal. Namun, bisa juga dikatakan tidak mahal jika dibeli secara angsuran.

Investasi ini tidak dapat dilakukan oleh seorang pelajar mahasiswa saja, tetapi dengan beberapa mahasiswa yang membentuk kelompok dan mengumpulkan uang lalu membeli logam mulia tersebut. Dengan kata lain, harga yang mahal itu akan terasa murah jika ditanggung bersama.

7. Obligasi

Dengan memberikan utang untuk modal usaha adalah hal positif dan keuntungannya dapat dinikmati. Berinvestasi dengan obligasi, tidak ada salahnya untuk dilakukan seorang pelajar mahasiswa.

Dalam hal ini, investor memberikan dana kepada pihak instansi pemerintah atau perusahaan. Obligasi di Indonesia terdapat beberapa jenis yakni : obligasi pemerintah, obligasi korporasi dan obligasi ritel.

Inti dari investasi obligasi ini adalah seorang pelajar mahasiswa meminjamkan uang kepada pemerintah lalu pemerintah akan mengolah uang tersebut dan kemudian akan dikembalikan dengan jumlah uang yang sama ditambah dengan bunga dari hutang yang sudah dipinjamkan tadi.

8. Peer to Peer

Hanya bermodalkan sebesar Rp 100.000 saja, seorang pelajar mahasiswa sudah bisa melakukan investasi. Dalam investasi ini, seorang pelajar mahasiswa akan menginvestasikan uang nya kepada pelaku bisnis atau masyarakat lalu uang tersebut akan dijadikan sebagai modal oleh pelaku bisnis untuk mengawali usahanya.

Jika usaha yang dilakukan si pelaku bisnis berhasil menghasilkan keuntungan, tentu saja Kamu sebagai investor akan mendapat bagian keuntungan sesuai dengan perjanjian diawal.

Cara berinvestasi untuk pelajar dengan peer to peer sangat banyak diminati, karena hasil dari investasinya lebih besar daripada deposito.


Sebaiknya melakukan investasi dilakukan sejak masih muda untuk modal masa depan. Berinvestasi bisa dilakukan dengan bentuk apa saja. Baik itu berbentuk uang, barang dll. Keuntungan berinvestasi untuk pelajar sangat banyak dan pastinya Kamu tidak akan menyesal di kemudian hari.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar