Skip to main content

HTML Dasar Part 08: Cara Membuat Baris Komentar di HTML

cara membuat komentar HTML

Setelah kita sudah belajar koding HTML tentang cara membuat list di HTML, sekarang kita akan membahas tentang cara membuat baris komentar di HTML.

Sama saja sebagaimana dengan bahasa pemrograman yang lain, biasanya kita sering lupa untuk apa kode tersebut kita pakai, karena tidak ada catatan untuk keterangan tujuan dari kode program. Jadi kita memerlukan sebuah komentar. HTML sendiri menyediakan tag khusus untuk membuat komentar.


Cara Menambahkan Komentar

Apa itu komentar HTML? Komentar merupakan sebuah elemen yang tidak dieksekusi atau tidak ditampilkan didalam web browser. Masih ingat pengertian elemen kan? Baguslah kalau masih ingat hehehehe :D. Kalau sudah lupa buka lagi tentang pengertian tag, atribut dan elemen.

Secara umum, sebuah komentar di HTML sering digunakan untuk memberikan sebuah informasi tambahan terkait dengan kode HTML. Komentar digunakan untuk menon-aktifkan beberapa kode HTML. HTML memiliki tag khusus untuk membuat baris komentar.

Kita dapat membuat sebuah baris komentar di HTML dengan menggunakan tag pembuka <!-- dan tag penutup -->. Agar lebih cepat kita memahaminya, kita langsung saja mempraktikkannya, buka text editor dan tuliskan kode dibawah ini kemudian simpan komentar.html.

Contoh penggunaan tag komentar


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Cara Membuat Komentar HTML</title>
</head>
<body>
    <!--<p>paragraf ini berada dalam sebuah tag komentar
            dan tidak ditampilkan dibrowser</p> -->
        <p>paragraf ini tidak berada dalam tag komentar dan browser akan menampilkannya.</p>
        
    <!--<p> paragraf ini juga tidak tampil-->
</body>
</html>
 

Hasilnya :

cara membuat baris komentar html

Nah, sekarang kita lihat, bagian isi yang berada didalam tag komentar tidak ditampilkan browser, namun kode tersebut dapat dilihat melalui View Page Source (CTRL + U).

Hasilnya :

source komentar

Baris komentar sering digunakan untuk me-nonaktifkan kode HTML. Hal ini dilakukan ketika kita ingin mengubah sesuatu tapi kode HTML tidak diubah secara tidak langsung.


Dalam belajar koding HTML dasar untuk membuat baris komentar cukup sampai disini. Bagaimana? Gampang kan, seru juga belajar di paltycox.com. Ajak kawan-kawan lain juga untuk belajar koding HTML secara gratis. Selanjutnya kita akan belajar cara membuat sebuah link di HTML.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar