Skip to main content

HTML Dasar Part 02: Text Editor Untuk HTML

text-editor

Sebelumnya kita sudah belajar koding HTML dasar tentang pengertian html. Nah, untuk menulis kode HTML tersebut kita memerlukan text editor. Kali ini kita akan memilih text editor yang simpel untuk digunakan antara lain : Notepad++, Sublime Text, Visual Studio Code, Komodo Edit dsb.


Pemilihan Text Editor Untuk HTML

Text Editor adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menulis kode program. Lebih tepatnya, sebagai tempat atau wadah untuk menulis kode HTML kita nanti.

Untuk memilih sebuah text editor untuk HTML bukan persoalan yang sulit. HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman tapi hanya text biasa yang ditulis dalam kode khusus atau biasa dikenal dengan bahasa khusus. Bahasa khusus ini akan diterjemahkan oleh Web-Browser dan akan menjadi sebuah tampilan yang ada dihalaman website.

Sebenarnya untuk menlis kode HTML, kita bisa saja menggunakan Notepad bawaan dari Windows dan tidak perlu menggunakan aplikasi lain yang begitu rumit. Namun, pada belajar koding kita ini, saya akan menggunakan aplikasi text editor Visual Studio Code atau biasa dikenal sebagai VS Code.

Text Editor Visual Studio Code

text editor visual studio code

Mengapa saya lebih memilih text editor VS Code daripada yang lain? Karena tampilannya begitu menarik dan mempunyai khas. Selain itu, text editor ini gratis dan memiliki banyak fitur dan juga bisa dikatakan sangat powerfull. Jangan-jangan Kamu sendiri pun pasti menyukainya hehehhe 😄. Salah satu fiturnya adalah VS Code dapat melengkapi baris kode secara otomatis dan masih banyak juga fitur lain yang dapat digunakan sehingga saya betah menggunakan text editor ini dan merekomendasikan Kamu juga untuk menggunakannya dalam belajar koding kita.

Text editor ini bisa Kamu download lewat situs resminya https://code.visualstudio.com/download. Bagi Kamu pengguna sistem operasi Windows, MAC OS, Linux bisa mendownload dan menginstall text editor ini.

Jadi Kalau Text Editor Lain Gimana Dunggg???

Text editor lain? ya sah-sah saja sih. Banyak text editor untuk HTML yang dapat digunakan secara gratis seperti: Notepad++, Komodo Edit dsb. Semua text editor mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Saya merekomendasi VS Code karena saya sudah menggunakannya dan menikmati fiturnya hehehe 😄.

Nih, alasan kedua saya merekomendasikan VS Code, karena text editor ini memiliki fitur Color Picker yang berfungsi untuk mengatur gaya atau styling HTML dan fitur Mouse Hover berfungsi untuk memberikan informasi kode ketika kursor diarahkan pada sebuah kode tertentu.


Sekarang terserah kalian mau menggunakan text editor yang mana? semuanya itu sah-sah saja, dan pilih mana yang sesuai dengan selera kalian masing-masing. Selama text editor tersebut dapat menulis dan menyimpan kode HTML yang ditulis, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Nah, sekarang kita sudah memilih text editor yang tepat untuk HTML, dan sekarang kita akan melanjutkan belajar koding HTML dengan mengenal struktur dasar HTML.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar