Skip to main content

Cara Berinvestasi di Bibit Mulai 10 Ribu Rupiah

cara berinvestasi di bibit mulai 10 ribu rupiah

Cara Berinvestasi Reksadana di Bibit Mulai 10 Ribu Rupiah - Coba bayangin, kalau uang 10 ribu aja, Kamu tidak terbiasa untuk menabung dan investasi-in. Bagaimana Kamu akan memiliki uang 100 juta? Masa uang Kamu habis untuk gaya hidup doang?


Kali ini saya akan memberikan cara berinvestasi reksadana di aplikasi Bibit, sebelum masuk lebih lanjut, kita harus tau dulu apa itu reksadana.

Apa Itu Reksadana ?

Jadi reksadana itu adalah suatu produk investasi yang dimana uang kita nanti akan dikelola oleh orang lain yang dinamakan manajer investasi.

Nah, manajer investasi tersebut akan mengelola uang kita untuk diinvestasikan lagi ke berbagai Instrumen keuangan, seperti pasar uang, obligasi dan saham.

Buat Kamu yang masih pelajar, cara berinvestasi untuk pelajar dengan reksadana sangat cocok buat Kamu, karena uang Kamu akan dikelola oleh orang yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Simpelnya Kamu hanya melakukan transfer uang saja, lalu Kamu hanya memantau nilai investasi tersebut dari laporan rutin yang diberikan oleh manajer investasi secara berkala.

Bagi Kamu yang masih pelajar, saya merekomendasikan cara berinvestasi dengan reksadana, karena Kita bisa berinvestasi melalui handphone dan modalnya hanya 10 ribu rupiah aja. Dan pembayaran juga cukup mudah, bisa lewat gopay, ovo. Serta pembelian dan pencairannya bisa dilakukan kapan saja.

Seluruh aktivitas reksadana sudah mendapat pengawasan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jadi Kamu tidak perlu merasa khawatir lagi untuk memilih reksadana sebagai tempat investasi Kamu.

Apa Itu Aplikasi Bibit ?

Buat Kamu yang belum tau apa itu aplikasi bibit. Aplikasi bibit adalah platform atau wadah yang menyediakan fitur jual beli reksadana secara online.

Secara garis besar, aplikasi bibit ini sama saja seperti aplikasi tokopedia, shopee ataupun marketplace lain yang sering dipakai untuk belanja online.

Bedanya, kalau marketplace lain menyediakan lapak untuk seller yang ingin menjual barang-barang. Sedangkan aplikasi bibit menyediakan lapak untuk para manajer investasi yang ingin menjual produk-produk reksadana mereka.

Namun di aplikasi bibit hanya menampilkan top manajer investasi dan top reksadana. Kenapa? Karena bibit ingin membantu Kamu, untuk memudahkan mencari produk reksadana yang paling baik. Makanya bibit hanya menampilkan yang paling top saja.

Apakah Investasi di Bibit Aman ?

Jelas dong aman, karena bibit ini sudah diawasi dan terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Misalkan sampai bibit tutup sekalipun, Kamu tidak perlu khawatir, karena semua uang Kamu selalu tersimpan dengan aman di bank kustodian.

Kamu juga dapat mencairkannya kapan saja. Jadi tidak perlu khawatir lagi, jika uang Kamu akan disalah gunakan.

Cara Berinvestas di Bibit

Sekarang saatnya untuk langsung mulai berinvestasi dengan mudah. Tidak perlu membutuhkan nominal yang besar dan prosesnya juga cepat. Berikut cara mulai investasi reksadana online di Aplikasi Bibit:

1. Download Aplikasi Bibit

Pertama Kamu terlebih dahulu harus download aplikasi bibit yang sudah tersedia di PlayStroe atau AppStore.

2. Klik Register

Nanti akan ada 6 pertanyaan singkat, untuk mengetahui profile resiko Kamu. Jika sudah selesai klik Lanjut Registrasi

3. Masukkan Nomor Handphone

Selanjutnya Kamu akan dimintai untuk memasukkan nomor handphone Kamu yang aktif dan disini Kamu bisa memasukkan kode referal, bisa diisi atau bisa juga tidak.

4. Verifikasi

Nah, setelah tahap yang ketiga, Kamu akan mendapati sms kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut lalu klik Lanjutkan

5. Upload Foto KTP dan Isi Data Diri

Pada bagian terakhir Kamu akan diminta untuk mengisi data diri dan meng-upload foto KTP, foto selfie dengan KTP, tanda tangan dan nomor rekening.

Setelah melengkapi semua datanya, Kamu tinggal menunggu verifikasi dari bibit dan KSEI.

Cara Membeli Reksadana di Bibit

Setelah melakukan registrasi, yang pasti kita akan membeli reksadana.

  1. Klik Mulai Investasi Sekarang pada halaman utama
  2. Kemudian masukkan Nominal Dana yang ingin Kamu investasikan
  3. Kalau sudah, klik pencentangan untuk menyetujui nya, lalu klik Bayar Sekarang
  4. Akan muncul opsi pilihan metode pembayaran, Kamu bisa melakukan pembayaran lewat Go-Pay, LinkAja, virtual account, atau transfer secara manual.
  5. Setelah sudah selesai semuanya, Klik Bayar

Kalian hanya tinggal menunggu, uang reksadana nya masuk, biasanya membutuhkan waktu 1 sampai 3 hari kerja bursa.


NB : Jika melakukan transfer melalui bank yang berbeda akan dikenakan biaya transfer antar bank.

Cara Menjual Reksadana di Bibit

Sekarang kita ingin tau cara menjual reksadana di bibit, caranya gampang buanget dan dapat dilakukan kapan saja.

  1. Pilih portofolio yang ingin dijual, kemudian klik Jual
  2. Atur nominalnya, berapa yang ingin ditarik
  3. Jika sudah, tinggal klik Jual

Nanti akan dikenakan biaya, jika bank penampung dan bank tujuan berbeda.

Setelah berhasil dijual, dana nya akan secara otomatis masuk ke rekening Kamu yang sudah didaftarkan diawal. Prosesnya memerlukan waktu 1 sampai 3 hari kerja bursa.


Gimana ? Gampang banget kan ? Apa Kamu tertarik dengan investasi reksadana di aplikasi bibit ini? Coba saja investasinya mulai dari uang yang nominal kecil dulu! Karena yang terpenting bukan nominalnya, melainkan kebiasaan Kamu untuk berinvestasi.

Coba bayangin jika uang 10 ribu rupiah saja, Kamu tidak terbiasa untuk menabung dan menginvestasikannya. Bagaimana Kamu akan memiliki uang 100 juta? Masa uang Kamu habis untuk gaya hidup doang?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar