Skip to main content

Cara Mudah Menginstall Dev C++ di Laptop atau Komputer

Cara Mudah Menginstall Dev C++ di Laptop atau Komputer

Sebelumnya kita sudah membahas bahasa pemrograman c++, mulai dari pengertian bahasa pemrograman c++ dan perbedaan bahasa c dan c++. Kali ini kita akan membahas cara menginstall dev c++ yang didalam nya terdapat compiler.

Pengertian Compiler

Jadi Compiler itu adalah sebuah program yang menerjemahkan bahasa program (Source Code) ke dalam bahasa objek (Obyek Code).

Atau dalam arti lain, Compiler itu adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengubah source code atau kode program tadi menjadi bahasa mesin sehingga dapat dijalankan oleh komputer.

Jadi istilahnya, kalau kita mempelajari bahasa pemrograman C++, nanti kita mengetikkan kode-kode program yang banyak dan kita perlu menjalankannya serta mengetahui apakah kode program C++ yang kita buat tadi dapat berjalan sesuai dengan kaidah yang ada.

Contohnya, Kita ingin membuat sebuah operasi penjumlahan dan kita menggunakan operator di bahasa pemrograman C++. Untuk mengetahui berjalannya program yang kita buat, kita memerlukan compiler.

Nah compiler atau aplikasi inilah yang akan menterjemahkan kode yang Kita buat sehingga dapat berjalan di komputer.

Cara Menginstall Dev C++

Untuk itu, kita akan menggunakan salah satu compiler untuk belajar pemrograman c++, yaitu Dev C++. Jadi sebelum kita menginstall nya, terlebih dahulu kita mendownloadnya di https://filehippo.com/download_dev-c/.

File nya tidak terlalu besar ya, cuma 48,1MB saja.

Setelah proses download sudah selesai. Buka installer yang sudah di download tadi dan tunggu proses setup dan unpacking data dari Dev C++ nya.

Lalu kita akan disuruh select a language atau pilih bahasa. Pilih saja English lalu klik OK.

Pada License Agreement, langsung saja kita klik I Agree atau bisa saja Kamu baca terlebih dahulu.

Selanjutnya, kita akan memilih komponen apa saja yang kita perlukan untuk kita install di komputer bersama dengan paket Dev C++. Kita defaultaja ini alias langsung Next saja.

Untuk Destination Folder nya, bisa kalian pilih sesuai keinginan kalian. Kemudian klik Install.

Setelah klik Install, nanti akan muncul proses instalasi, seperti gambar dibawah

Kita tunggu proses instalasi sampai selesai, kira-kira akan memakan waktu sekitar 2 sampai 3 menit, lalu klik Finish

Proses instalasi Dev C++ sudah selesai, Kita boleh langsung menjalankan aplikasi tersebut dengan cara mencentang bagian Run Dev C++ dan akan muncul tampilan Dev C++ first time configuration seperti gambar dibawah.

Kita memilih bahasa lagi, jika yang tadi bahasa untuk proses instalasi sekarang bahasa untuk environment atau bahasa ruang lingkup kerja, setelah memilih bahasa klik Next

Setelah klik Next, maka kita akan mengatur font yang sesuai dengan selera kita masing-masing.

Kemudian klik Next lalu OK.


Untuk proses menginstall Dev C++ di laptop atau komputer cukup sampai disini, kita akan melanjutkan belajar koding C++ kita tentang cara menjalankan kode program C++. Semoga artikel kali ini bermanfaat, sekian dan Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar