Skip to main content

Cara Mudah Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

Cara Mudah Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen - Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa windows 10 merupakan sistem operasi yang paling baru yang diciptakan oleh Microsoft. Oleh karena itu, windows 10 menawarkan banyak sekali fitur terbaru, tampilan yang berbeda dan juga sistem keamanan yang lebih baik dari windows sebelumnya.

Para pengguna windows 10 sangat puas dengan berbagai fitur yang ditawarkan, namun ada beberapa dari mereka yang merasa terganggu dengan salah satu fitur nya yakni Update Automatis Windows 10.

Fitur ini memang harus ada, karena dengan adanya update windows ini, pengguna akan mendownload semua pembaharuan dari windows. Baik itu fitur terbaru atau patch keamanan terbaru. Hal tersebut membuat komputer lebih aman dari serangan virus atau malware yang bisa saja merusak sistem.


Baca Juga: Perbedaan Virus, Worm, Malware, Trojan dan Spyware

Akan tetapi fitur auto update windows 10 ini terasa sangat menjengkelkan bagi sebagian pengguna. Karena akan memakan banyak kuota internet untuk melakukan download dari update windows tersebut.

Kamu pasti pernah mengalami hal yang seperti ini, saat laptop Kamu tersambung ke internet dan update-an dari windows 10 akan berjalan di balik layar. Untuk sebagian orang hal ini tidak dipermasalahkan. Namun, bagi kita hal ini sangat merugikan karena penggunaan kuota internet yang begitu besar. Jika Kamu menggunakan Wi-Fi ya tidak masalah.

Penyebab Update Windows 10 Masih Berjalan Walau Sudah Dimatikan

Ada juga terkadang orang yang melakukan cara lain untuk mematikan update windows 10, namun update windows 10 masih berjalan walau sudah dimatikan. Kira-kira apa sih penyebabnya?

Sejak awal dari perilisan windows 10, untuk mematikan update windows dapat dilakukan dengan mudah. Entah itu dimatikan dari System Settings, ataupun dimatikan melalui services dari windows update itu sendiri.

Pada awal tahun 2018 silam, jika pengguna mematikan service windows update, maka service tersebut akan berjalan secara otomatis dibalik layar. Hal ini terjadi karena adanya pengendali service di dalam sistem windows yang bernama DependOnServices.

Jadi, bagaimana caranya agar services dari windows update tidak dapat menyala kembali oleh pengendali services tersebut? Tenang saja, caranya cukup mudah. Kita hanya membuka registry editor, lalu kita mengganti nilai/value dari services tersebut. Simak saja penjelasan dibawah berikut ini !

Cara Mematikan Update Windows 10

Untuk mematikan update windows 10 secara permanen, terlebih dahulu matikan koneksi internet yang tersambung pada laptop atau komputer.

Buka Run atau Kamu bisa menekan tombol Windows + R kemudian ketik services.msc lalu tekan Enter.

Di jendela services, cari nama Windows Update dan lakukan double klik atau klik dua kali pada services tersebut.

Klik tombol Stop dan Service status akan berubah menjadi Stopped.

Di bagian Startup type ganti menjadi Disabled.

Kemudian klik tombol Apply lalu OK.

Di tahap ini, kita sudah mematikan update-an dari windows 10, tetapi masih sementara. Supaya update windows 10 mati secara permanen, kita harus mengganti nilai/value nya melalui Registry Editor.

Buka Registry Editor dengan cara tekan tombol Windows + R, lalu ketik regedit terus tekan Enter.

Lalu masuk kedalam masuk ke direktori HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM -> CurrentControlSet -> Services -> wuauserv.

Double click pada ImagePath, lalu ganti Value data hanya menambahkan angka 0 belakang svchost. Hasilnya akan menjadi %systemroot%\system32\svchost0.exe -k netsvcs -p lalu tekan tombol OK.

Selanjutnya Double click pada DependOnServices ganti Value data nya yang sebelumnya rpcss menjadi rpcss0

Untuk cara mematikan update windows 10 secara permanen sudah selesai. Sekarang lakukan restart pada laptop atau komputer Kamu.

Setelah di restart, cek kembali services dan lihat di bagian Windows Update. Jika Status type sudah Disabled, maka kita sudah berhasil mematikan update windows 10 secara permanen.

Penutup

Nah, itu saja hal yang bisa Kamu lakukan untuk cara mematikan update Windows 10 secara permanen. Jika ada yang ingin Kamu tanyakan, silahkan komentar dibawah !

Semoga artikel kali ini dapat menjadi solusi terhadap masalahmu untuk mematikan update-an windows 10 secara permanen. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar