Skip to main content

12 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar yang Simple dan Praktis

12 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar yang Simple dan Praktis

12 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar yang Simple dan Praktis - Dizaman yang serba canggih ini, semua hal dapat dilakukan dengan mudah termasuk dengan hal nya berbisnis. Munculnya internet bisa sangat terbukti mempermudah aktivitas untuk membuat sebuah bisnis online. Tanpa harus mengeluarkan banyak modal, melakukan bisnis online sangat banyak dilakukan oleh kebanyakan orang saat ini.

Bukan hanya orang dewasa saja, namun pelajar juga sudah mulai berbisnis online sambil melakukan aktivitas belajar nya.

Bagi Kamu yang masih pelajar dan tertarik ingin mencoba melakukan bisnis online, jangan ragu dan takut karena saat ini banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet tanpa harus memakan waktu yang lama, sehingga Kamu masih bisa fokus untuk belajar yang menjadi prioritas sebagai seorang pelajar.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar

bisnis online untuk pelajar

Dibawah ini terdapat 10 ide bisnis online untuk pelajar yang bisa menjadi sebuah pilihan Kamu, terkait dengan bisnis online mana yang akan Kamu jalankan nantinya. Simak terus penjelasan berikut agar Kamu lebih mengerti dan gambarannya dapat.

1. Jual Pulsa Online

bisnis online untuk pelajar

Ide bisnis online untuk pelajar yang pertama adalah menjual pulsa online yang dapat Kamu tawarkan melalui media online seperti melalui website baik itu dari website blogspot atau wordpress atau bisa juga melalui sosial media.

Untuk distributor pulsa sangat banyak, baik itu dari provider nya langsung atau dari pihak kedua seperti Tokopedia yang menjadi mitra untuk berjualan produk digital.

Baca Juga: Pengertian dari Website

2. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Dropshipper atau Reseller

Dropshipper atau Reseller merupakan cara yang bisa dikatakn cukup simple, karena tidak harus memiliki modal yang banyak. Jadi, apa perbedaan dropshipper dan reseller ini?

Jadi, perbedaannya, Reseller adalah menjual produk orang lain dengan brand dari produk itu sendiri sedangkan Dropshipper adalah menjual produk orang lain dengan nama brand mu sendiri.

Untuk cara menjadi dropshipper atau reseller, langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah mencari produk apa yang ingin Kamu jual, sudah banyak referensi dari internet, sekarang kita tinggal eksekusi saja.

Kunci sukses menjadi seorang dropshipper atau reseller adalah melakukan promosi yang tepat dan menentukan harga yang tepat untuk produk yang ingin kita jual.

3. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi Seorang Blogger

Memang menjadi seorang blogger tidak termasuk dengan kategori "bisnis". Namun, Kamu bisa mendaftarkan blog Kamu menjadi publisher Adsense untuk mendapatkan pendapatan semi-pasif.

Kamu bisa menulis artikel dengan topik yang paling banyak dicari diinternet, seperti halnya tutorial atau rekomendasi dari suatu produk. Kamu dapat melakukan riset pencarian melalui Google Trends untuk mencari apa topik yang sedang trending.

4. Jasa Penulis Artikel

Jasa Penulis Artikel

Jika menurut Kamu, menjadi seorang blogger akan memakan waktu lama untuk menghasilkan uang. Maka Kamu bisa melakukan bisnis online dengan menjual jasa penulis artikel melalui situs marketplace untuk freelance seperti projects.co.id, sribulancer dsb.

Sebelum itu, Kamu perlu memahami cara menulis artikel seo, melakukan optimasi gambar, dan lain sebagainya.

5. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Kamu yang sudah menguasasi desain grafis dengan menggunakan photoshop, coreldraw atau ilustrator, bisa Kamu tawarkan untuk pembuatan jasa seperti poster, spanduk dan lain sebagainya.

6. Jasa Editing Video

Jasa Editing Video

Sama halnya dengan desain grafis, Kamu hanya menguasai cara mengedit video dan menggunakan aplikasi edit video seperti Adobe primer pro, filmora, vegas pro dsb.

Kamu bisa menawarkan jasa edit video untuk, slide show pernikahan, video profil perusahaan atau bahkan video untuk mendeskripsikan sebuah produk.


Baca Juga: 7 Ide Bisnis Sangat Cocok Bagi Para Kaum Generasi Milenial

7. Jasa Fotografi

Jasa Fotografi

Ide bisnis online untuk pelajar selanjutnya adalah Kamu bisa menawarkan jasa fotografi kepada mereka yang sedang membutuhkan, khususnya bagi Kamu yang memiliki kamera DSLR dan sekelasnya dan juga Kamu harus memiliki skill fotografi yang baik dan benar.

8. Menjadi Seorang Streamer

Streamer

Sekarang menjadi seorang gamer bukan hanya sebagai hobby atau sebatas permainan saja, akan tetapi Kamu juga bisa menghasilkan uang dari game kesukaanmu dengan menjadi seorang streamer dari game tersebut. Baik itu game PC, konsol, maupun mobile games semua bisa menjadi peluang untuk menjadi streamer yang sukses.

Cara menjadi seorang streamer yaitu dengan mendaftarkan akun di platform streaming games dan Kamu akan mendapatkan pembayaran jika Kamu memiliki banyak penonton dan juga durasi dari gameplay.

9. Membuat Podcast

Podcast

Belakangan ini, podcast sangat banyak disukai orang, maka buatlah podcastmu sendiri sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Kamu bisa saja mengajak teman Kamu dengan membawa topik yang ringan atau bisa juga Kamu membahas apa yang lagi trending saat ini.

Apabila nama podcast Kamu sudah besar, nantinya akan ada salah satu brand untuk mempromosikan produk tertentu melalui podcast Kamu. Atau dengan kata lain, podcast Kamu lah menjadi sarana promosi dari produk mereka.

10. Jual Barang Preloved

Jual Barang Preloved

Punya barang yang sudah tidak terpakai lagi dirumah? Seperti baju atau sepatu yang sudah sempit alias tidak muat lagi, barang tersebut bisa Kamu jual melalui online. Sisihkan barang tersebut dan kemudian foto dengan semenarik mungkin. Untuk platform penjualan barang preloved bisa melalui sosial media atau e-commerce.

11. Jasa Pengetikan

Jasa Pengetikan

Kamu bisa menawarkan jasa pengetikan untuk tugas akhir, skripsi atau bahkan dokumen dengan syarat Kamu menguasai teknik penulisan ilmiah yang baik dan juga Kamu mampu mengetik berlembar halaman dengan cepat.

12. Selebgram

Selebgram

Salah satu ide bisnis online untuk pelajar yang sedang booming nya saat ini adalah menjadi seorang selebgram atau influencer. Jika akun sosial media Kamu mempunyai followers atau pengikut dalam jumlah yang besar maka brand dari suatu produk akan datang menghampiri Kamu, untuk melakukan endorse dari produk mereka, sesuai dengan biaya yang sudah Kamu tentukan.

Cara menjadi selebgram juga cukup mudah, Kamu tidak harus selfie cantik akan tetapi bisa juga Kamu mengcover sebuah lagu, memposting komik dan masih banyak hal lainnya.

Kesimpulan

Apapun yang nantinya Kamu pilih terkait dengan 12 ide bisnis online untuk pelajar yang simple dan praktis diatas, kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis online ini adalah kemauan untuk terus belajar terkait dengan bisnis online yang Kamu pilih.


Baca Juga: 10 Ide Bisnis Menjanjikan Bagi Anak Kuliahan

Cari informasi sebanyak-banyaknya, sekarang zaman sudah canggih, mencari informasi sudah lebih mudah. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar