Iklan

terkini

Pengenalan C++: Pengertian Bahasa Pemrograman C++

15 Apr 2021, April 15, 2021 WIB Last Updated 2023-05-31T01:56:20Z
pengertian bahasa pemrograman c++

Apa itu bahasa pemrograman C++ ? Apa manfaat mempelajari bahasa pemrograman C++?

Dalam belajar koding C++ ini, pertama kita harus paham dulu pengertian bahasa pemrograman C++.


Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Bahasa Pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman komputer dan berorientasi objek yang dipakai untuk membuat berbagai aplikasi (general-purpose programming language) dan bahasa C++ ini merupakan pengembangan dari bahasa C.

Terkadang Bahasa C++ disebut dengan bahasa C with Class. Hal ini menjadi perbedaan antara bahasa C dengan bahasa C++. Bahasa C++ sudah mendukung pemrograman berorientasi objek seperti yang sudah dikatakan diatas, sedangkan bahasa C belum.

Bahasa C++ bisa membuat berbagai aplikasi seperti aplikasi antivirus, pengolah gambar hingga membuat compiler bahasa pemrograman lain.

Sejarah Singkat Bahasa C++

Saya sedikit cerita ya tentang sejarah dari bahasa pemrograman C++ ini. Ternyata bahasa C++ ini pertama kali dibuat oleh Bjarne Stroustrup, di laboratorium AT&T Bell pada tahun 1980 dan dia merupakan seorang ilmuwan komputer asal Denmark. Dia mengembangkan C++, ketika dia ingin meraih gelar Ph.D. Jadi dia membuat sebuah tesis pada salah satu bahasa pemrograman lalu ia berkesempatan untuk bekerja pada bahasa pemrograman yang bernama Simula.

Nah, Simula ini apa? Simula itu ternyata merupakan bahasa yang digunakan untuk simulasi pada salah satu varian yaitu the simula 67 varian ini disebut sebagai bahasa pertama yang mendukung object oriented programming (pemrograman berorientasi objek).

Hal ini yang menginspirasi Stroustrup untuk membuat sebuah prototipe dari bahasa yang sebelumnya sudah ada yaitu Bahasa C yang memiliki fasilitas kelas dan juga dipercanggih lalu ditambahkan beberapa fasilitas dan kelas-kelas yang sudah diberi canggih dan bahasa itu bernama C With Class atau bahasa C yang memiliki kelas.

Setelah itu, pada tahun 1983 sampai 1984 bahasa yang tadi dikembangkan yang sudah berubah namanya menjadi C With Class disempurnakan lagi dengan overloading operator dan biasa disebut a better C.

Selain itu di tahun itu juga yaitu tahun 1983 diganti dengan nama yang baru yaitu C++, huruf C diambil dari bahasa pemrograman C dan simbol ++ merupakan tingkat kenaikan pada operator C. Dan juga ditunjukkan sebagai versi yang lebih canggih dari bahasa C sebelumnya.

Penulisan C++

Pada dasarnya penulisan C++ hampir sama dengan bahasa C, karena apa? Ya karena bahasa C++ itu merupakan bahasa turunan dari bahasa C yang diperluas sehingga kita bisa menggunakan bahasa C didalam C++. Namun, ada beberapa fitur atau beberapa kecanggihannya yang dari semisal kita ingin menggunakan C++ didalam bahasa C itu tidak bisa. Karena didalam bahasa C belum ada fitur C++ sedangkan di C++ sudah ada.

Kelebihan C++

Jadi bahasa C++ ini memiliki kelebihan antara lain :

  • Tersedia hampir disemua jenis komputer
  • Proses eksekusi C++ lebih cepat
  • Fleksibel dan juga portable
  • Sedikit kata kunci, sekitar 48 kata kunci
  • Tingkat bahasa pemrograman menengah
  • Bahasanya terstruktur dan termasuk OOP
  • Kode yang bersifat reusable (dapat digunakan kembali)
  • Aplikasi graphic procesor kualitas tinggi
  • Dukungan function dan library

Untuk Apa Belajar Bahasa Pemrograman C++?

Mungkin Kamu belum tahu untuk apa belajar bahasa C++ ini. Karena Kamu belum menerapkannya menjadi sebuah project yang terlihat.

Kita bisa menggunakan bahasa C++ ini untuk membuat aplikasi dekstop seperti aplikasi kasir dan mungkin untuk aplikasi lainnya. Selanjutnya kita bisa menggunakan bahasa C++ ini untuk membuat aplikasi mikrokontroler. Kita juga bisa membuat perangkat mobile dan yang terakhir kita juga bisa membuat sebuah game.


Dalam belajar koding C++ ini, kita sudah mengenal pengertian bahasa C++, sejarah singkatnya, kelebihan serta untuk apa belajar bahasa pemrograman C++ ini. Selanjutnya masih ada teori tentang perbedaan Bahasa C dengan bahasa C++.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengenalan C++: Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Terkini

Topik Populer

Iklan